Minggu, 06 Januari 2019

Proaktif program diri


Oleh :@K13-Eggy,@ProyekJK14
Abstraksi
Bersikap proaktif adalah sikap yang peduli terhadap keadaan lingkungan sekitar dimana sifat itu lebih dari inisiatif dan memiliki tanggung jawab terhadap diri sendiri di lingkungan tersebut. Bersikap proaktif dapat menentukan pilihan - pilihan sendiri berdasarkan nilai yang sudah tertanam dalam diri dan kepercayaan diri yang sudah jadi.

Kata kunci : Proaktif kepada masyarakat

Pemimpin Yang Proaktif akan mampu membuat keputusan secara bijak dan bertanggung jawab atas keputusan tersebut, tanpa terpengaruh suasana hati atau keadaan.  Bila dihadapkan dengan kondisi yang kurang kondusif ataupun keadaan dimana semua orang melakukannya, Pemimpin yang Proaktif tidak reaktif, tidak ikut-ikutan, dan tidak menyalahkan orang lain atas kondisi tersebut. Pemimpin Yang Proaktif adalah pelaku-pelaku perubahan. Mereka bertekad menjadi pendorong yang kreatif dalam hidup mereka sendiri, dan mereka menjadi inspirasi bagi orang lain. (Anonim,2019).

Menurut Mumpuni, M., 2018 bahwa salah satu kata-kata mutiara Stephen R. Covey yang sangat bagus, tentang sikap proaktif adalah: If you’re proactive, you don’t have to wait for circumstances or other people to create perspective expanding experiences. You can consciously create your own. Stephen R. Covey

Orang-orang yang proaktif, adalah orang yang fokus pada Circle of Influence yang ada di dalam Circle of Concerns. Dengan kata lain, kita harus melakukan hal-hal yang dapat kita kerjakan daripada menunggu atau mengandalkan orang lain.

Cara Menjadi Proaktif

Proaktif berarti berpikir dan bertindak sebelum peristiwa terjadi. Metode ini tidak hanya berguna agar Anda tidak perlu menghadapi banyak pekerjaan di tengah jalan, tetapi juga penting untuk menghindari masalah. Agar Anda menjadi lebih proaktif, mulailah dengan mengambil tindakan, menerima tanggung jawab, dan mengendalikan respons. Dengan mengantisipasi masa depan dan berfokus pada solusi, bukan masalah, Anda akan memiliki cara pandang yang lebih menyenangkan dan proaktif. (Wikihow, 2018).

Menurut Satyoko,2016 bahwa orang proaktif biasanya lebih fokus bekerja dan berusaha agar dapat melakukan perubahan dalam ruang lingkup yang lebih luas sehingga dampak perubahan itu juga lebih besar. Lalu, orang proaktif memegang prinsip-prinsip yang ia anggap benar. Prinsip itulah yang dituangkan dalam bentuk nilai-nilai yang akan mengarahkan sikap dan perilakunya sehingga setiap sikap dan perulakunya selalu berpegang pada prinsip yang dianut. 

Mengapa sikap proaktif itu penting? Sikap proaktif sangat berguna bagi manusia terutama dalam menghadapi rintangan maupun dalam berinteraksi dengan manusia lain. Sikap proaktif menunjukkan tingkat kecerdasan emosi (EQ) yang tinggi. Seseorang bisa bertahan saat menghadapi musibah, bisa menumbuhkan motivasi saat kondisi tidak menyenangkan, juga bisa memberikan respon positif yang disesuaikan dengan situasi, semua itu merupakan sikap proaktif yang menunjukkan pengelolaan emosi secara baik.

Bersikap proaktif merupakan langkah menuju kemenangan pribadi. Bersikap proaktif adalah lebih dari sekedar mengambil inisiatif. Dan juga berarti bertanggung jawab atas perilaku kita sendiri di masa lalu, di masa sekarang, maupun di masa depan.orang proaktif adalah pribadi yang :

Tidak mudah tersinggung.
Bertanggung jawab atas pilihan-pilihannya sendiri.
Berpikir sebelum bertindak.
Cepat pulih kalau terjadi sesuatu.
Selalu mencari jalan untuk menjadikan segalanya terlaksana.
Fokus terhadap hal-hal yang bisa mereka ubah, dan tidak mengkhawatirkan hal-hal yang tidak bisa mereka ubah.

Menurut admin ikhtisar, 2014 bahwa sering kali Anda mendengar, “Berperilaku Proaktif lah, maka Sukses akan Menanti”.  Sukses dan Proaktif adalah bentuk Aksi Reaksi, dimana ketika Anda membangun Perilaku dan Sikap-sikap Proaktif, maka Anda tengah membangun Jalan Sukses dalam Karir dan Kehidupan.  Sikap dan Perilaku Proaktif merupakan pelatihan Mental dan Diri menjadi seseorang yang Matang dalam Tindak Tanduknya dan Hubungan kepada Orang Lain.



Daftar Pustaka
Anonim, 2019. Pemimpin yang proaktif. Website (www.dunamis.co.id/product/article/31). Januari 2019.
Mumpuni,M., 2018. Bagaimana Cara Menjadi Pribadi Yang Proaktif? Dan Apa Untungnya Jadi Proaktif? Jangan Jadi yang Reaktif. Website ( https://www.finansialku.com/proaktif-reaktif/amp/). Januari 2019.
Wikihow,2018. Cara menjadi proaktif. Website (https://www.google.com/amp/s/id.m.wikihow.com/Menjadi-Proaktif%3famp=1). Januari 2019.
Satyoko, 2016. Mengapa sikap proaktif itu penting? Website (https://www.dictio.id/t/mengapa-sikap-proaktif-itu-penting/1587). Januari 2019.
Admin ikhtisar, 2014. Pelajarilah ciri - ciri pribadi yang proaktif bagi pengembangan diri anda. Website ( https://www.google.com/amp/ikhtisar.com/ciri-ciri-pribadi-yang-proaktif/amp/). Januari 2019.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar