Minggu, 06 Januari 2019

Proaktif

oleh : @J21-Gusti, @ProyekJK14

Proaktif berarti berpikir dan bertindak sebelum peristiwa terjadi. Metode ini tidak hanya berguna agar Anda tidak perlu menghadapi banyak pekerjaan di tengah jalan, tetapi juga penting untuk menghindari masalah. Agar Anda menjadi lebih proaktif, mulailah dengan mengambil tindakan, menerima tanggung jawab, dan mengendalikan respons. Dengan mengantisipasi masa depan dan berfokus pada solusi, bukan masalah, Anda akan memiliki cara pandang yang lebih menyenangkan dan proaktif. Menurut Ahli yaitu : Suatu keyakinan bahwa penyebab dan sumber tingkah laku manusia berasal dari dalam diri manusia itu sendiri(E.Koswara :1986)

CIRI-CIRI SIKAP PROAKTIF.

Ciri-ciri sikap proaktif diantaranya adalah:
·                     Tidak mudah tersinggung pada apa yang membuat sesuatu tidak sesuai.
·                     Fokus pada hal-hal yang bisa mereka ubah dan tidak mengkhawatirkan hal-hal yang tidak bisa mereka ubah.
·                     Mampu mengambil keputusan yang tepat walaupun pada situasi yang sangat sulit.

TujuanProaktif

    Proaktivitas manusia selalu memiliki tujuan, bergerak maju, dan berorientasi ke masa depan, serta secara internal memunculkan perilakunya sendiri. Stimulus dari luar lebih tampak sebagai sesuatu yang menjadi kecenderungan aktualisasi dari dalam keluar daripada sesuatu yang menjadikan individu bereaksi terhadap stimulus lingkungan. Individu secara psikologis mencerna stimulus eksternal tersebut, dan bukan sekedar bereaksi terhadap stimulus. Hjelle dan Ziegler (1981) mengemukakan bahwa proaktivitas merupakan salah satu asumsi dasar sifat manusia. Lebih jauh dijelaskan bahwa proaktivitas adalah lawan dari reaktivitas. Proaktivitas merupakan keyakinan diri bahwa sumber segala perilaku adalah terletak pada diri manusia itu sendiri. Manusia melakukan aksi, bukan sekedar reaksi. Penyebab perilaku dapat ditemukan dalam diri manusia sendiri dan muncul secara internal.

Manfaat Memiliki Sikap Proaktif

Seseorang yang memiliki sikap proaktif tentu sangat bermanfaat pada kualitas hidupnya. Proaktif di sini adalah bertindak aktif namun tetap mengacu kepada nilai-nilai yang diyakininya. Tapi perlu disadari bahwa segala tindakan yang dilakukan memiliki konsekuensi yang harus dihadapi dimasa mendatang. Karena kita tahu bahwa setiap tindakan itu memiliki konsekuensi.Tidak mudah tersinggung.Bertanggungjawab atas pilihan-pilihannya sendiri.berpikir sebelum bertindak.cepat pulih kalau terjadi sesuatu.Selalu mencari jalan untuk menjadikan segalanya terlaksana.Fokus pada hal-hal yang bisa mereka ubah.dan tidak menguatirkan hal-hal yang tidak bisa mereka ubah

Daftar pustaka
Admin.2017. Pengertian proaktif menurut alhi. Dalam: http://www.definisimenurutparaahli.com/pengertian-proaktif-dan-contohnya/
wikiHow. 2018. Cara Menjadi Proaktif. id.wikihow.com Dalam: https://id.wikihow.com/Menjadi-Proaktif diakses tanggal 13 Desember 2018).

(Windasuri, Heria. 2018. Apa itu Proaktif dan Reaktif?. studilmu.com Dalam: https://www.studilmu.com/blogs/details/apa-itu-proaktif-dan-reaktif diakses tanggal 13 Desember 2018).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar