Rabu, 09 Januari 2019

Ayo Semangat!!



Apa sih semangat itu ?

Semangat adalah suatu sikap atau jiwa yang tumbuh dari dalam diri manusia itu sendiri yang mana terdapat sebuah rasa yang menimbulkan sikap giat dalam melakukan suatu tujuan atau pekerjaan. Remaja pada masa kini sangat jarang dalam memiliki jiwa penuh semangat. Hal itu disebabkan karena beberapa faktor yang terjadi di era modern ini yang menjadi pemicu terjadinya suatu sikap yang disebut malas yang enggan untuk bersemangat. Bersemangat merupakan salah satu karakter yang penting dalam menjalankan suatu kehidupan, karena tanpa adanya semangat apa yang ingin dicapai tidak akan terlaksana dengan baik. Semangat juga merupakan salah satu pemicu yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Manusia yang tidak memiliki semangat hidup merupakan manusia yang terlelap dengan waktu tanpa dapat menghasilkan kegiatan yang bermanfaat. Dengan adanya semangat hidup yang tinggi tujuan suatu kehidupan dapat dilaksanakan dengan sebaik mungkin dan segiat mungkin.

Apa sih yang menyebabkan kita tidak bersemangat alias malas?

Di era modern ini semua teknologi semakin canggih, termasuk mulai banyaknya bermunculan gadget yang canggih yang menjadi salah satu faktor terpenting dalam kehidupan manusia. Bukan hanya itu, semua alat tradisonal yang dari zaman dahulu membuat manusia menjadi bangkit dan bertahan untuk menopang kehidupannya kini berubah menjadi alat yang serba modern dan serba guna tanpa membutuhkan banyak tenaga manusia yang dipelrukan. Hal itulah yang membuat manusia terjangkit suatu penyakit yang disebut dengan “Malas”. Manusia di zaman sekarang cenderung bersifat konsumtif dengan alat-alat atau teknologi yang semakin canggih. Dampak negatif dari era modern ini salah satunya adalah membuat manusia menjadi tidak bersemangat karena mereka berfikir apapun sekarang serba mudah dan dapat terlaksana tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga.

Bagaimana Sih Cara Menumbuhkan Sikap Semangat ?

Semangat itu merupakan suatu sikap yang bisa dikatakan labil, dalam arti sering berubah-ubah tergantung dari mood yang menjalankannya. Tapi disini saya akan membahas suatu tips bagaimana caranya agar kita dapat bersemangat.

Pertama, awali hari dengan bangun dipagi hari dengan ibadah subuh dan lakukan jogging di lingkungan sekitar rumah. Hal ini terlihat sederhana, tetapi kebanyakan dari remaja sekarang sulit melakukannya karena mereka sering menhgabiskan waktunya dimalam hari dengan kesibukannya di dunia maya atau dengan teknologi canggihnya sehingga membuat mereka terlalu sering untuk begadang dan sulit bangun pagi. Tetapi, jika kita berhasil melakukan tips pertama ini tentu saja rasanya hari-hari akan terasa ceria dan bersemangat karena sudah diawai dengan kegiatan bermanfaat dan menyenangkan.

Kedua, tetapkan Apa yang Menjadi Tujuanmu. Bagaimana mungkin kamu akan tetap bersemangat dalam menjalani hari-harimu tanpa adanya tujuan yang jelas. Yep, tetapkan apa tujuanmu di masa depan. Ini akan membuatmu tetap semangat dalam menjalani harimu. Jadi, sebelum kamu tidur di malam hari, usahakan untuk merencanakan apa yang akan kamu lakukan esok hari. Ini akan membuat harimu lebih terarah dan teratur. Sehingga kita tidak akan merasa bingung lagi, apa yang seharusnya kita lakukan hari ini. 

Ketiga, Tidak kenal kata menyerah. Kata "menyerah" harus di buang jauh-jauh dari hidupmu. tak masalah seberat apapun beban yang kamu pikul saat ini, sesulit apapun situasi yang kamu hadapi sekarang, tetaplah untuk fokus kepada apa yang sedang kamu rencanakan. Yakinlah kepada diri sendiri bahwa kamu bisa melewati ini semua. Saat kamu merasa jenuh dengan usaha yang sedang kamu lakukan, ingatlah bahwa ini akan sangat indah sekali saat kamu bisa mncapai apa yang menjadi tujuanmu. Dan ingatlah bahwa tidak akan ada yang bisa menghentikan impianmu, kecuali diri kamu sendiri. Never give up! 

Keempat, Percaya pada kemampuan diri sendiri. Jika kamu percaya kepada kemampuanmu, itu berarti kamu selangkah lebih dekat dengan impianmu. Percayalah, bahwa kamu bisa. Jangan sampai kata-kata "Da aku mah apa atuh" , "Aku bisa apa" atau "Aku ini payah, mereka lebih jago" bersarang di fikiranmu. Buang jauh semua kalimat tersebut, karena itu hanya akan membuatmu jauh tertinggal di belakang. Jadi percayalah bahwa kamu bisa. 

Kelima, Tersenyumlah. Ini dia hal yang banyak orang lupakan. Tersenyum. Seberat apapun masalah yang sedang kamu hadapi , sejenuh apapun usaha yang sedang kamu lakukan. Tetaplah tersenyum untuk orang yang berada di sekitarmu. Berkumpulah dengan orang-orang yang menginspirasi kamu. Dan yang terpenting, raihlah apa yang menjadi tujuanmu dengan senyuman lebar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar