Kamis, 18 Oktober 2018

Prinsip hidup

Dibuat oleh : K23-Nofiyanto

Abstrak : Pagi hari ini gw mau membahas mengenai apa itu prinsip? Menurut gw pribadi prinsip adalah suatu pedoman atau bisa dibilang pegangan hidup seseorang dalam menjalani kehidupan didunia ini. Misalnya : Seseorang mempunyai prinsip kalo dia tidak mau korupsi, maka dalam menjalani kehidupannya dia tidak akan melakukan tindakan korupsi tersebut, kecuali dia melanggar prinsip yang telah dia buat tersebut. Jadi bisa dibilang prinsip ini ada pada setiap individu atau manusia, kalo seseorang tidak mempunyai prinsip berarti dia tidak mempunyai pedoman atau pegangan hidup.
Apa itu Prinsip? 
Prinsip adalah suatu pernyataan fundamental atau kebenaran umum maupun individual yang dijadikan oleh seseorang/ kelompok sebagai sebuah pedoman untuk berpikir atau bertindak.

1. Tingkah laku
Tingkah laku adalah sekumpulan perilaku yang dimiliki oleh manusia dan dipengaruhi oleh adat, sikap, emosi, nilai, etika, kekuasaan, persuasi, dan/atau genetika. Perilaku seseorang dikelompokkan ke dalam perilaku wajar, perilaku dapat diterima, perilaku aneh, dan perilaku menyimpang

2. Pola Pikir 
Pola pikir adalah cara menilai dan memberikan kesimpulan terhadap sesuatu berdasarkan sudut pandang tertentu. Perbedaan pola pikir seseorang disebabkan oleh bedanya jumlah sudut pandang yang dijadikan dasar, landasan atau alasan.Bayaknya sudut pandang seseorang untuk berpikir dipengaruhi oleh emosi (mentality), pendidikan dan pengalaman.

3. Disiplin
Disiplin adalah rasa taat dan patuh terhadap nilai yang dipercata dan menjadi tanggung jawabnya. Dengan kata lain disiplin adalah patuh terhadap peraturan atau tunduk pada pengawasan dan pengendalian. Sedangkan pendisiplinan adalah sebuah usaha yang dilaksanakan untuk menanamkan nilai atau pemaksaan supaya subjek mentaati sebuah peraturan. Disiplin merupakan sikap yang selalu tepat janji, sehingga orang lain percaya karena modal seseorang dalam wirausaha adalah mendapat kepercayaan dari orang lain. Disiplin berasal dari bahasa latin Discere yang artinya belajar. Disiplin asalnya dari bahasa Inggris yaitu “disciple” yang artinya pengikut atau murid.

4. Tepat waktu
Tepat Waktu adalah just-in-time/JIT yaitu penyediaan inventaris atau persediaan barang di suatu perusahaan yang terbatas pada kebutuhan penggunaannya atau yang disediakan tepat pada saat produksi untuk mengurangi penanaman dana yang besar atas penggunaan tersebut.

Daftar Pustaka : 
Yudhi. 2015 Website : http://yudhichristian.ilearning.me/2016/06/20/apa-itu-prinsip/ (Diakses pada tangggal 18 oktober 2018)
Wandhi . 2018. website https://wandhie.wordpress.com/pengertian-kedisiplinan/ (Di akses pada tangggal 18 0ktober 2018 )
Anonym. 2018 Website : http://www.mediabpr.com/kamus-bisnis-bank/tepat_waktu.aspx (Diakses pada tanggal 18 oktober 2018)

1 komentar: