Kamis, 18 Oktober 2018

MENGAPA KITA HARUS MEMILIKI PRISNSIP HIDUP

ABSTRAK



Apa sesungguhnya prinsip hidup itu? Prinsip hidup layaknya kompas. Sebagai penunjuk arah yang akan menuntun mau kemana hidup kita akan dibawa. Kita sudah banyak menyaksikan bahwa bagaimana kekuatan prinsip hidup menghasilkan sebuah tindakan yang beragam.
Prinsip hidup yang dianut telah menciptakan berbagai tipe orang dengan pemikiran dan tujuan yang berbeda. Setiap orang bahkan kita sendiri dibentuk sesuai prinsip yang kita anut. Prinsip hidup sangat penting bagi kehidupan. Mengapa? Karena dengan memiliki prinsip hidup kita berarti mempunyai sebuah ketegasan yang akan kita ambil dalam hidup.


Kata Kunci: Prinsip, ketegasan, kehidupan

MENGAPA BUTUH PRINSIP DALAM HIDUP?

Prinsip hidup sangat penting bagi seseorang, karena dengan prinsip, seseorang dapat mengerjakan sesuatu dengan rencana yang matang. Prinsih hidup bisa kita dapatkan sejak usia dini. dengan belajar prinsip hidup, kita akan lebih mudah menjalani hidup.
Memiliki prinsip sangat dibutuhkan juga dalam dunia pekerjaan. karena dengan prinsip, pekerjaan kita akan terkontrol dengan baik dan benar. Perusahaan juga akan menilai kita dengan baik. dan akan membuat kita dipercaya oleh orang atau perusahaan.

7 PRINSIP PENTING DALAM HIDUP 


1. Master Your Mind

  • Segala sesuatu yang kita lakukan berasal dari respon pikiran kita terhadap lingkungan. Jika kita dapat membuang semua pikiran negatif dan menggantinya dengan pikiran positif, hidup kita juga akan lebih positif daripada sebelumnya.

2. Follow Your Purpose

“The purpose of life is a life of purpose
  • Quotes tersebut sangat mengispirasi gue. Maknanya adalah tujuan hidup kita itu adalah menjalani hidup yang penuh dengan tujuan. Terus gimana cara nyari tau tujuan hidup kita? menurut gue cara yang paling efektif adalah dengan bertanya kepada diri sendiri. Kalo mau tau lebih banyak, gue pernah nulis artikel di Medium tentang tujuan hidup.

3. Practice Kaizen

  •  Kaizen kalo dari bahasa Jepang artinya constant and never ending improvementatau pengembangan diri terus menerus. Coba kita identifikasi apa ketakutan kita, lalu lakukanlah hal tersebut. Pada awalnya melakukan hal yang kita takutkan ngga gampang dan butuh banyak usaha, namun gue percaya hasilnya pasti sebanding dengan usaha yang kita lakukan.

4. Live With Discipline

  • Disiplin itu berarti kita melakukan suatu pekerjaan dengan sungguh-sungguh secara teratur. Disiplin juga bisa dikaitkan dengan kebiasaan-kebiasaan kita. Mulailah kebiasaan baik seperti bangun pagi, datang tepat waktu, membaca, dan apapun itu dengan disiplin agar kita bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Respect Your Time

 “A man who dares to waste one hour of time has not discovered the value of life.”
- Charles Darwin
  • Kita hidup di dunia ini hanya satu kali. Manfaatkanlah waktu yang ada untuk mencapai tujuan dari hidup kita. Namun, jangan lupa investasikan waktu untuk istirahat. Istirahat yang cukup ngga sama dengan membuang-buang waktu.

6. Selflessly Serve Other

  •  Kita harus berhenti untuk melihat diri kita hanya sebagai makhluk individual, melainkan sebagai bagian dari komunitas yang lebih besar. Kebahagiaan dan makna akan terasa ketika kita membantu sesama manusia. Karena orang yang sukses adalah orang yang bisa membuat orang lain sukses.

7. Embrace the Present

  •  Kebahagiaan adalah sebuah perjalanan. Kita harus bisa menikmati perjalanan tersebut tanpa lupa kemana arah dan tujuan berikutnya. Hargai dan nikmatilah momen-momen spesial yang terjadi setiap hari karena hari ini adalah satu-satunya waktu yang kita punya.
 Daftar pustaka:



2 komentar:

  1. Kurang mind map, materi sudah lumayan

    @J01-Triyatno

    BalasHapus
  2. @J02-Rizky

    Maindmap tidak ada, pengertian lumayan untuk dipahami.

    BalasHapus