Kamis, 18 Oktober 2018

Pentingnya Memiliki Prinsip Hidup

Oleh: Syaiful Nur Cahyo (@K03-Syaiful, @ProyekJK06)


Pernahkah Anda mendengar sebuah kalimat dari Muhammad Ali yang mengatakan bahwa “Prinsip saya lebih penting dari pada uang atau gelar…”

Ya, Ali berbicara mengenai prinsip hidup. Apa sesungguhnya prinsip hidup itu? Prinsip hidup layaknya kompas. Sebagai penunjuk arah yang akan menuntun mau kemana hidup kita akan dibawa. Kita sudah banyak menyaksikan bahwa bagaimana kekuatan prinsip hidup menghasilkan sebuah tindakan yang beragam.
Prinsip hidup yang dianut telah menciptakan berbagai tipe orang dengan pemikiran dan tujuan yang berbeda. Setiap orang bahkan kita sendiri dibentuk sesuai prinsip yang kita anut. Prinsip hidup sangat penting bagi kehidupan. Mengapa? Karena dengan memiliki prinsip hidup kita berarti mempunyai sebuah ketegasan yang akan kita ambil dalam hidup.
Bayangkan jika Anda hidup tak memiliki prinsip yang jelas. Hidup Anda tidak tahu akan dibawa kemana.
Orang yang memiliki prinsip artinya memiliki ketegasan sikap dalam hidupnya. Sebaliknya, orang yang tidak memiliki prinsip artinya hidupnya tanpa pedoman, tanpa sikap, tanpa pendirian, akan mudah terbawa arus dan akhirnya kehidupannya pun dapat dipastikan tidak akan mengalami kemajuan.
Tujuan dan manfaat orang memiliki prinsip dalam hidup antara lain :
1.      Memiliki arah hidup yang terarah.
2.      Meminimalisir atau menghindari dari kegagalan.
3.      Menumbuhkan semangat dan daya juang hidup yang tinggi.
4.      Selalu berasumsi positif kepada Tuhan sebagai sang penolong dan lewat doa sebagai jembatan penghubung dalam menempuh prinsip hidup yang dituju.
5.      Berpotensi mengubah pola pikir orang menjadi selalu berintrospeksi diri menuju kearah yang lebih baik.
6.      Peka dalam menganalisis kondisi saat dia berada dimana pun.
prinsip hidup sangatlah penting bagi kelangsungan hidup kita agar kita lebih tertata dalam berbagai hal .dan bagi kalian yang saat ini masih belum punya prinsip hidup, luangkan lah sedikit waktu kalian untuk berpikir apa prinsip hidup yang pantas buat kalian sendiri.Maka jadilah manusia yang mempunyai prinsip" dan moto hidup yang baik agar mempunyai ketegasan dan tidak mudah tersesat dan terombang ambing dalam kehidupan.

Daftar Pustaka
·         Anonim.2017.Prinsip Hidup. https://esqtraining.com/pentingnya-punya-prinsip-hidup/
·         Surya,sandi.2014.Pentingnya prinsip dalam hidup. http://sandisuryaptmstaff.blogspot.com/2014/02/pentingnya-prinsip-dalam-hidup.html?m=1
·         Bayu.2017. pentingnya prinsip dalam hidup. http://bayukelana.jw.lt/prinsip/pentingnya_prinsip
·         Khoir,mustajab.2014.pentingnya seseorang memiliki prinsip hidup. http://docktorpc.blogspot.com/2014/09/prinsip-hidup-saya.html?m=1

1 komentar:

  1. @K02-Erlangga

    Penjelasan baik namun lebih baik di perjelas lagi. Contoh sudah baik namun mindmap simple banget

    BalasHapus