Kamis, 18 Oktober 2018

Prinsip Hidup

oleh : Musela Carentia (@K11-Musela)



       Prinsip adalah asas, kebenaran yang jadi pokok dasar orang berfikir, bertindak, dan sebagainya.
Komitmen adalah sebuah janji diri kita sendiri ataupun kepada orang lain dalam suatu perkataan yang menyatakan kita sanggup berbuat sesuatu. Prinsip adalah suatu pernyataan kebenaran yang dijadikan oleh seseorang sebagai pedoman hidup.
Sedangkan pendirian adalah sifat yang tertaman pada diri sendiri dan mampu untuk mempertahankan sifat tersebut.

      Walaupun definisi komitmen, prinsip, dan pendirian hidup memiliki makna yang sedikit berbeda, namun ketiga kata ini nyatanya saling berkaitan satu sama lain. Contohnya seperti ini. Kamu berkomitmen untuk menjalin cinta dengan seseorang, kemudian kamu berprinsip dengan mengatakan bahwa kamu tidak akan pernah membuat pacar atau pasangan kamu jadi sakit hati. Walaupun banyak godaan, masalah, dan ujian pada hubungan yang kalian jalin, nyatanya kamu masih tetap berpendirian bahwa kamu tak akan pernah meninggalkan si dia.

         Sama halnya dalam hal meraih kesuksesan, untuk menjadi seorang yang sukses dan berhasil, kita harus memulai dengan membuat sebuah komitmen yang memberikan kita rencana dan tujuan yang jelas. Setelah tau apa yang mesti dilakukan, selanjutnya kita harus mempunyai prinsip sebagai pelecut semangat agar semua yang diharapkan bisa terwujud, bisa dengan kata kata motivasi sebagai motto kehidupan. Dan yang terakhir adalah kita harus mempunyai pendirian hidup agar semua mimpi itu tetap terjaga.

         Bagi yang tidak punya pendirian, hidupnya akan terus terombang-ambing karena pendapat orang lain.Hidup ini tergantung kepada tiga hal, keputusan, komitmen, dan prinsip.
Jadikan ketulusan dan keikhlasan sebagai prinsip utama.
Apabila kamu terus berusaha melakukan hal yang kamu takutkan, maka rasa takut itu perlahan akan hilang.

Saat ini, banyak orang-orang yang merasakan krisis prinsip hidup. Tak tahu mau kemana, tak tahu harus berbuat apa dan tak tahu tujuan hidupnya akan bagaimana. Banyak pula orang yang kemudian ikut-ikutan menjiplak prinsip hidup orang lain padahal prinsip hidup itu tak sesuai dengan keadaan diri.Prinsip-prinsip yang tidak sesuai dengan diri akan berakhir dengan kegagalan. Dunia telah membuktikan bahwa prinsip yang tak sejalan dengan suara hati atau mengabaikan hati nurani akan mengakibatkan ksengsaraan bahkan kehancuran.

      Tanpa prinsip kita tak akan bisa bergerak karena kita sendiri tak tahu apa yang mau kita tuju. Orang yang tak punya prinsip hidup akan mampu tergoda oleh hal-hal yang tak sesuai dengan pribadinya. Sehingga, pada akhirnya seseorang itu akan hidup tanpa tujuan. Tentunya Anda tak ingin kan menjadi ornag yang seperti itu?Dengan kita memiliki prinsip hidup, kita tentunya akan konsisten menjalani hidup. Ia akan lebih berkualitas karena paham apa yang ia mau dalam hidup dan apa yang akan ia tuju dengan prinsip hidupnya.

Kesimpulan 
     salah satu kunci kesuksesan adalah memegang teguh dan mengamalkan prinsip hidup dengan komitmen tinggi. Jika kita mampu konsisten berpegang teguh dengan prinsip hidup kita, kita akan mendapatkan hasil yang maksimal dari apa yang sudah kita bangun dari prinsip hidup tersebut.
Memegang prinsip hidup memang tak mudah. Kita harus berkomitmen untuk terus melangkah dengan prinsip hidup yang positif. Yakinlah bahwa prinsip hidup yang positif akan menjadikan hidup kita semakin positif.
Dengan menjadi manusia yang mempunyai prinsip hidup, kita akan mampu mencapai tujuan hidup dengan maksimal dan efektif.

Daftar Pustaka

https://esqtraining.com/pentingnya-punya-prinsip-hidup

1 komentar:

  1. Nama: Dwi arif rahman (K10-DWI)

    Judul kurang inovatif, mindmap lumayan, isi sudah lengkap dan bagus, sangat bermanfaat.

    BalasHapus