Kamis, 18 Oktober 2018

Kalo Mau Hidup Harus Punya Prinsip


Oleh: Fierdian Nuchriza (@K18-Fierdian)

Abstrak:
Muhammad Ali yang mengatakan bahwa “Prinsip saya lebih penting dari pada uang atau gelar…” Ya, Ali berbicara mengenai prinsip hidup. Apa sesungguhnya prinsip hidup itu? Prinsip hidup layaknya kompas. Sebagai penunjuk arah yang akan menuntun mau kemana hidup kita akan dibawa. Kita sudah banyak menyaksikan bahwa bagaimana kekuatan prinsip hidup menghasilkan sebuah tindakan yang beragam.

Prinsip hidup yang dianut telah menciptakan berbagai tipe orang dengan pemikiran dan tujuan yang berbeda. Setiap orang bahkan kita sendiri dibentuk sesuai prinsip yang kita anut. Prinsip hidup sangat penting bagi kehidupan.

Kata Kunci: Prinsip Hidup

Pengertian:
Seperti kata Lombo (2016), “Prinsip adalah suatu asas atau nilai yang diyakini kebenarannya, yang menjadi pedoman untuk berpikir, bersikap dan berprilaku.” Prinsip inilah yang menjadi prinsip hidup seseorang yang menjadi salah satu dasar pertimbangan untuk bersikap, mengambil keputusan dan bertindak dalam menanggapi stimulus yang diterima melalui panca indera, naluri atau ataupun intuisi batin.

Ketika seseorang memiliki prinsip hidup yang kuat, maka dalam setiap mengambil keputusan, sikap dan tindakan, dia tidak akan hilang kendali dalam menentukan sikap atau bertindak. Ketika sekelompok orang dihadapkan pada persoalan yang sama, cara mereka merespon persoalan tersebut belum tentu akan sama. Kenapa demikian, karena prinsip yang dianutnya, cara pandang serta kebiasaan dan kebutuhan hidup setiap orang berbeda. Itulah sebabnya cara merespon terhadap suatu stimulus akan berbeda pula.

15 prinsip hidup yang harus kamu punya kalau ingin lebih dewasa:
1.     Optimis menghadapi situasi baru
2.     Memulai dari hal yang disukai
3.     Mencari teman baru dengan tujuan, hobi yang sama
4.     Kebahagiaan akan selalu menghampiri setiap orang
5.     Sediakan waktu untuk bersantai
6.     Selalu menjaga kesehatan
7.     Selalu menjaga motivasi
8.     Lakukan yang terbaik untuk diri sendiri
9.     Bicarakan masalahmu dengan orang lain
10.  Setiap masalah selalu mempunyai solusi
11.  Masalah adalah sebuah tantangan
12.  Jangan diperbudak oleh hal duniawi
13.  Tidak semua yang kita lihat itu benar
14.  Mencintai diri sendiri
15.  Jangan pernah lari dari tanggung jawab

Manfaat Memiliki Prinsip Hidup
1.     Memiliki arah hidup yang terarah.
2.     Meminimalisir atau menghindari dari kegagalan.
3.     Menumbuhkan semangat dan daya juang hidup yang tinggi.
4.   Selalu berasumsi positif kepada Tuhan sebagai sang penolong dan lewat doa sebagai jembatan penghubung dalam menempuh prinsip hidup yang dituju.
5.    Berpotensi mengubah pola pikir orang menjadi selalu berintrospeksi diri menuju kearah yang lebih baik.
6.     Peka dalam menganalisis kondisi saat dia berada dimana pun.

Kesimpulan:
Dengan kita memiliki prinsip hidup, kita tentunya akan konsisten menjalani hidup. Ia akan lebih berkualitas karena paham apa yang ia mau dalam hidup dan apa yang akan ia tuju dengan prinsip hidupnya. Karena salah satu kunci kesuksesan adalah memegang teguh dan mengamalkan prinsip hidup dengan komitmen tinggi. Jika kita mampu konsisten berpegang teguh dengan prinsip hidup kita, kita akan mendapatkan hasil yang maksimal dari apa yang sudah kita bangun dari prinsip hidup tersebut. Memegang prinsip hidup memang tak mudah. Kita harus berkomitmen untuk terus melangkah dengan prinsip hidup yang positif. Yakinlah bahwa prinsip hidup yang positif akan menjadikan hidup kita semakin positif.

Daftar Pustaka:
·       Ginanjar, Ary. 2017. Pentingnya Punya Prinsip Hidup. Online (https://esqtraining.com/pentingnya-punya-prinsip-hidup/, diakses 18 Oktober 2018)
·       Lombo, Helfried. 2016. Pentingnya Suatu Prinsip Dalam Kehidupan. Online (http://helfriedlombo.blogspot.com/2016/02/pentingnya-suatu-prinsip-dalam-kehidupan.html, diakses 18 Oktober 2018)
·       Dini, Mega. 2018. 15 Prinsip Hidup Yang Harus Kamu Punya Kalau Ingin Lebih Dewasa. Online (https://www.popbela.com/career/inspiration/megadini/15-cara-pandang-yang-menunjukkan-seseorang-bersikap-dewasa-menjalani-hidup/full, diakses 18 Oktober 2018)
·       Surya Wijaya, Sandi. 2014. Pentingnya Prinsip Dalam Hidup. Online (http://sandisuryaptmstaff.blogspot.com/2014/02/pentingnya-prinsip-dalam-hidup.html, diakses 18 Oktober 2018)

1 komentar:

  1. Natalia Esteriani Kambey (K17-Natalia)

    Mindmapnya menarik, dan artikelnya sangat bagus sehingga membuat pembaca mengetahui pentingnya memiliki prinsip hidup.

    BalasHapus