Kamis, 18 Oktober 2018

PRINSIP HIDUP UNTUK MENCAPAI KESUKSESAN



Lintang Gurun Cahyo
@J09-Lintang
41618010038

 
Setiap orang memiliki Prinsip hidupnya masing-masing, dan belum tentu sama setiap orang. Tapi prinsip hidup inilah yang sangat penting bagi manusia. Mengapa demikian? Karena setiap manusia memiliki tujuan hidupnya masing-masing dengan menerapkan prinsip hidup yang ada pada setiap manusia itu sendiri untuk mencapai tujuannya.

Menurut Carl Jung, psikiatris pembaruan diri itu menulis dalam buku Memories, Dreams, Reflections: “Wherever there is a reaching down into innermost experience, into the nucleus of personality, most people are overcome by fright, and many run away … The risk of inner experience, the adventure of the spirit, is in any case, alien to most human beings.” Jadi, menurut carl, setiap manusia memiliki pengalaman luar biasa, pengalaman yang mengajarkan banyak hal. Tapi kita terlalu takut intuk meresapinya dan merubahnya menjadi dasar untuk memiliki prinsip hidup yang kuat. Seperti yang dikutip dari John Powell, S.J. (1995): menuliskan hal-hal yang sudah menjadi pengalaman hidup kita. Tulislah daftar keberhasilan maupun kegagalan, airmata maupun canda tawa dalam hidup kita di masa lampau hingga yang baru saja terjadi, keterpurukan dan kepuasan yang pernah kita alami. Lengkapilah catatan itu dengan jenis kesenangan, kekuasaan atau kekuatan yang kita dambakan, jumlah uang yang kita inginkan menjadi kekayaan kita, tingkat kemasyhuran yang kita ingin raih, hubungan dengan sesama yang kita ingin jalin. Kemudian,  tanyakan kepada diri sendiri: hidup yang bagaimanakah yang kita inginkan? Di antara semua itu, manakah yang sungguh-sungguh menjadi harapan kita saat ini dan akan datang?

Lalu apa kaitannya dengan kesuksesan? Tentu erat kaitannya. Setiap orang yang sukses juga memiliki prinsip hidup yang berbeda. Walaupun berbeda, mereka selalu memegang teguh prinsip hidup mereka dalam meraih kesuksesan yang telah diraihnya. Saat ini juga masih banyak yang belum memiliki prinsip hidup sehingga, banyak orang yang tidak tahu tujuan hidupnya akan dibawa kemana, mereka hanya mengikuti arus saja dan berujung pada kegagalan.

Untuk menghindari itu, kita harus memiliki prinsip hidup yang kuat dan memiliki prinsip hidup yang mencerminkan bahwa anda memiliki tujuan hidup untuk sukses. Ada beberapa prinsip hidup yang dapat diteladani dari para orang-orang yang telah sukses dalam hidupnya. Berikut adalah prinsip hidup yang dapat digunakan untuk membantu anda dalam mencapai kesuksesan yang merupakan tujuan anda :

1. Temukan tujuan hidup dan buat itu sespesifik mungkin

Dalam hidup ini kita harus memiliki tujuan dan goals yang ingin kita raih. Jika kita sudah memiliki tujuan hidup, maka kita harus mempersiapkannya dengan matang, terperinci, mendetail dan jelas. Sehingga kita dapat mencapai tujuan hidup kita dengan lebih jelas dan terarah.

2. Membuat rencana dan hidup sesuai rencana tersebut

Setelah kita memiliki tujuan hidup yang jelas dan terarah, maka kita harus menjalankan apa yang telah kita rencanakan dari awal. Jika kita ingin sukses maka jangan sesekali menyeleweng dari rencana yang telah dibuat dengan mendetail.

3. Tidak ciut dengan kekurangan diri sendiri

Setiap manusia memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, kita sudah diciptakan dengan bentuk yang sebaik-baiknya. Jika kita memiliki kekurangan, maka jadikanlah kekurangan itu sebagai motivasi kita untuk maju dan melewati tantangan dengan kekurangan yang kita miliki

4. Selalu mencintai apa yang dikerjakan

Kalau kamu sekarang tidak mencintai apa yang kamu kerjakan maka jangan buang waktu dan segera cari yang membuatmu jatuh hati. Dan jika kamu sudah mengerjakan apa yang kamu cintai, perdalam pekerjaan itu sampai kamu terheran ada banyak hal yang belum kamu pelajari dan ingin kamu pelajari. Hidup adalah unlimited learning, jadi kamu pasti pengen nambah ilmu lagi dan lagi.

5. Menggunakan uang dengan kesadaran penuh

Tidak kalap, tidak lupa diri apalagi sampai tidak sadar dalam menggunakannya. Uang bisa dicari, memang benar, tapi ada batas dimana tubuhmu akan merasa lelah mencari dan menuntut untuk menikmati saja. Makanya penting sekali untukmu mulai menghargai waktu dan menghargai apa saja yang bisa kamu gunakan di waktu tersebut.

6. Menggunakan waktu dengan kebijaksanaan

Menghargai apa yang kamu kerjakan, menghargai waktu yang kamu punya dan menghargai waktu orang lain juga termasuk dalam kebijaksanaan. Sukses adalah hal yang besar, jadi pasti butuh effort yang besar juga untuk menggapainya.

7. Tidak membuat susah diri sendiri

Semua orang punya masalah, iya memang benar. Tapi terkadang yang membuat masalah jadi terlihat tidak bisa diselesaikan adalah karena adanya membesar-besarkan masalah yang sebenarnya tidak perlu dilakukan. Kalau kamu mau sukses, jangan suka membuat susah hidupmu sendiri, itu intinya.

Itulah alasan mengapa kita harus memiliki prinsip hidup dan memegang teguh prinsip hidup yang kita miliki. Jangan sampai hidup kita tidak terarah dan tidak memiliki tujuan. Karena sejatinya, prinsip hidup inilah yang akan membawa kita kepada kesuksesan. Dan semua orang yang sukses selalu memiliki prinsip hidup dan berpegang teguh pada prinsip hidupnya.




SiH. 2008. Prinsip Hidup. https://ruhcitra.wordpress.com/2008/11/24/prinsip-hidup/ (diunduh pada 16 Oktober 2018)

Ginanjar, Ary. 2017.Pentingnya Punya Prinsip Hidup. https://esqtraining.com/pentingnya-punya-prinsip-hidup/ (diunduh pada 16 Oktober 2018)

Azasya, stella. 2018. 7 Prinsip yang Hanya Dimiliki Oleh Orang Sukses. Kamu Punya?

2 komentar:

  1. @J08-Andika
    Pada artikel ini menurut saya sudah cukup bagus dari segi materi yang disampaikan sudah sesuai dengan judul artikel , untuk mindmap mungkin bisa diperbaiki lagi dari segi warna dan bentuknya. Terimakasih

    BalasHapus
  2. @J08-Andika
    Pada artikel ini menurut saya sudah cukup bagus dari segi materi yang disampaikan sudah sesuai dengan judul artikel , untuk mindmap mungkin bisa diperbaiki lagi dari segi warna dan bentuknya. Terimakasih

    BalasHapus