Sabtu, 20 Oktober 2018

Memahami Prinsip Hidup

                                                                  
                                                                         
Oleh : @J21-Gusti, @Proyek JK06.

Abstraks

Prinsip hidup adalah hal terpenting yang pada umumnya kita inginkan terlaksana ketika kita dihadapkan pada pilihan-pilihan dalam situasi tertentu.
Misalnya, kalau salah satu prinsip hidup kita adalah “Setiap manusia harus disayangi, tetapi kejahatannya harus ditolak!” maka ketika kita dihadapkan pada situasi semacam itu, prinsip hidup kita itu akan mengarahkan kita pada keputusan untuk tetap berusaha menyayangi orang yang telah berbuat jahat dan berusaha membantunya keluar dari kejahatannya itu.

Semestinya setiap orang memiliki prinsip hidupnya sendiri. Mungkin sukar menyebutkan salah satu yang paling dominan karena prinsip itu umumnya hanya tampak ketika dihadapkan pada ujian. Tetapi, semestinya ada di dalam diri kita masing-masing, bertaut dengan aneka kebutuhan, tujuan atau nilai-nilai yang bertumbuh kembang di dalam diri kita. Dalam liku-liku hidup kita, prinsip itu serupa penggalan musik yang senantiasa kita dengar kendati situasi yang kita hadapi bisa saja berbeda. 

7 prinsip hidup sukses
1. Meski bahagia itu sederhana, tapi kamu harus tahu apa saja yang ampuh buatmu kembali tertawa setelah badai melanda.

2. Tak perlu malu jika kamu berbeda. Sebab rasa malu hanya akan buat hidupmu terbelenggu.

3. Menjadi diri sendiri itu mutlak hukumnya. Buat apa berpura-pura jika dirimu tersiksa.

4. Dirimu ini hebat sesuai porsinya. Cukup yakini bahwa kamu bisa wujudkan segala to-do-list dalam hidup ini.

5. Berikan saja hal terbaik yang bisa kamu lakukan. Jika gagal, yang penting kamu sudah berusaha dengan maksimal.

6. Jika kamu merasa dipercundangi hidup. Ingat, masih ada orang-orang yang bahkan lebih menderita dari dirimu.

7. Meski kerap dibuat kepayahan berulang kali, tapi hidup selalu berbaik hati bagi kamu yang pandai mensyukuri.

7 prinsip hidup bermakna

1.      kuasai pikiranmu

Jika kita dapat membuang semua pikiran negatif dan menggantinya dengan pikiran positif, hidup    kita juga akan lebih positif daripada sebelumnya.

2.      Ikuti tujuanmu


Terus gimana cara nyari tau tujuan hidup kita? menurut saya cara yang paling efektif adalah dengan bertanya kepada diri sendiri. 

3.      Pengembangan diri

Pada awalnya melakukan hal yang kita takutkan ngga gampang dan butuh banyak usaha, namun saya percaya hasilnya pasti sebanding dengan usaha yang kita lakukan.

4.      Displin hidup

Disiplin juga bisa dikaitkan dengan kebiasaan-kebiasaan kita. Mulailah kebiasaan baik seperti bangun pagi, datang tepat waktu, membaca, dan apapun itu dengan disiplin agar kita bisa mendapatkan hasil yang maksimal.



5.       Hargai waktu

jangan lupa investasikan waktu untuk istirahat. Istirahat yang cukup ngga sama dengan membuang-buang waktu.

6.      Melayani tanpa pamrih

kita harus berhenti untuk melihat diri kita hanya sebagai makhluk individual, melainkan sebagai bagian dari komunitas yang lebih besar. Kebahagiaan dan makna akan terasa ketika kita membantu sesama manusia. Karena orang yang sukses adalah orang yang bisa membuat orang lain sukses.

7.      Menikmati kebahagiaan hidup

Mungkin beberapa dari kita udah ngga asing lagi dengan prinsip-prinsip tersebut. Tapi, apakah kita udah bisa melaksanakannya dengan baik? Buat yang udah, bagus dan terus pertahankanlah. Buat yang belum, yuk kita coba terapin prinsip-prinsip tersebut di hidup kita. 

Daftar pustaka
Sih, 2008. Prinsip hidup. Dalam https://ruhcitra.wordpress.com/2008/11/24/prinsip-hidup/. Diunduh pada (18 oktober 2018).

Aryntia, 2017. 7 Prinsip yang Harus Kamu Pegang, Saat Hidup Berulang Kali Membuatmu Kepayahan. Dalam https://www.hipwee.com/motivasi/7-prinsip-yang-harus-kamu-pegang-saat-hidup-berulang-kali-membuatmu-kepayahan/. Diunduh pada (18 oktober 2018).

agustiar, gilang. 2016. 7 Prinsip Yang Membuat Hidup Lebih Bermakna. Dalam https://medium.com/metagraf/7-prinsip-yang-membuat-hidup-lebih-bermakna-cec2f17fab79. Diunduh pada (18 oktober 2018).


2 komentar:

  1. @J20-Fadilah
    Artikelnya cukup bagus,tetapi mind mapping nya harus diperbaiki kurang menarik.

    BalasHapus
  2. Nama : Ivan Bontor B
    @J18-Ivan

    Artikelnya singkat, padat, dan mudah dipahami. Tetapi mind mapnya tidak keliatan tulisannya

    BalasHapus