Kamis, 04 Oktober 2018

PENTINGNYA SIKAP TANGGUNG JAWAB

Oleh : Natalia Esteriani Kambey (K17-Natalia)




Kata “tanggung jawab” pasti sudah tidak asing dalam kehidupan kita sehari-hari.
Menurut Hasan (2010), tanggung jawab adalah sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dilakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.
Tanggung jawab adalah sikap melaksanakan kewajibannya dengan sungguh-sungguh dan siap dengan segala resiko yang ada.




Jenis-Jenis Tanggung Jawab
1. Tanggung Jawab kepada Tuhan
Tanggung jawab kepada Tuhan artinya kita menjalankan perintah Tuhan dan taat pada ajarannya, serta mampu memelihara alam ciptaan Tuhan. Saat kita tidak menjalankan perintah Tuhan, artinya kita meninggalkan tanggung jawab yang seharusnya kita lakukan.
2. Tanggung Jawab terhadap Diri Sendiri
Artinya, kita bertanggung jawab atas semua yang kita lakukan, termasuk perkataan dan perbuatan kita. Contohnya adalah tugas yang diberikan dosen kepada kita, kita memiliki pilihan mengerjakan maupun tidak mengerjakan. Nah, keputusan yang kita ambil inilah yang akan mempengaruhi masa depan kita. Saat kita mengerjakan tugas yang diberikan dosen, artinya kita sudah mampu bertanggung jawab terhadap diri kita.
3. Tanggung Jawab terhadap Keluarga
Keluarga adalah masyarakat terkecil. Sehingga kita harus bertanggung jawab terhadap keluarga kita. Kita harus mampu menjaga nama baik keluarga dan menjaga keharmonisan dalam keluarga. Contohnya adalah  taat pada orang tua, dan tidak melakukan hal-hal yang buruk yang bisa mencoreng nama baik keluarga.
4. Tanggung Jawab terhadap Masyarakat
Kita adalah makhluk sosial yang membutuhkan sesama manusia. Berarti, kita harus bisa bertanggung jawab terhadap masyarakat. Contoh yang paling sederhana adalah menjaga lingkungan kita seperti tidak membuang sampah sembarangan dan menghargai perbedaan yang ada dalam masyarakat.
5. Tanggung Jawab terhadap Bangsa dan Negara
Kita adalah bagian suatu negara yang merdeka, yang pastinya memiliki aturan-aturan dan norma-norma yang dibuat negara. Contoh sikap tanggung jawab kita terhadap bangsa dan negara adalah mematuhi aturan yang ada dan menjaga persatuan, artinya kita tidak menjadi pemicu perpecahan.

Saat kita menjadi pribadi yang bertanggung jawab, banyak manfaat yang akan kita dapatkan, yaitu :
  • Dipercayai dan disenangi banyak orang
  • Saat kita mampu bertanggung jawab, berarti kita sudah selangkah menuju kesuksesan
  • Menumbuhkan sikap disiplin yang tinggi
  • Membuat kita lebih mampu menentukan keputusan
  • Mampu menghargai waktu


Kesimpulan :
            Tanggung jawab merupakan sikap yang wajib kita miliki sebagai makluk sosial, karena setiap saat kita pasti memiliki tanggung jawab yang harus kita lakukan. Selain itu, tanggung jawab memiliki banyak sekali manfaat dalam hidup kita yang membuat kita disenangi banyak orang dan menaikkan tingkat kedewasaan kita. Untuk itu, marilah kita menjadi pribadi yang bertanggung jawab.

Daftar Pustaka :

2 komentar:

  1. Materi yang di sampaikan pada artikel bagus, letak dan penyusunan kata yang benar, mindmap terlihat menarik

    BalasHapus