Kamis, 19 Oktober 2023

Prioritas dalam manajemen waktu

 Nama : Aris Sigit Riyanto

NIM : 43123010160

kode : @B45-ARIS


Manajemen waktu adalah proses merencanakan, mengontrol, dan menggunakan waktu semaksimal mungkin untuk menyelesaikan tugas tertentu.


Manajemen waktu dapat dikatakan sebagai teknik mengatur dan meningkatkan efektivitas waktu. Hal ini sesuai dengan pengertian manajemen waktu menurut Atkinson, yakni keterampilan yang berhubungan dengan berbagai upaya dan tindakan terencana supaya seseorang bisa memanfaatkan waktunya sebaik mungkin.


manfaat manajemen waktu yang baik, yaitu menjadikan pekerjaan selesai lebih cepat. Dengan demikian, maka kita bisa menikmati waktu istirahat dengan tenang, tidak terburu-buru dan tidak merasa terbebani dengan pekerjaan yang belum selesai.


Manajemen waktu memungkinkan kamu memaksimalkan kecerdasan untuk mencapai tujuan dengan sedikit usaha dan waktu lebih singkat. Meningkatkan keterampilan manajemen waktu juga memungkinkan kamu fokus pada waktu terpenting sehingga tercipta keseimbangan kehidupan kerja dan pribadi lebih baik. Inilah mengapa manajemen waktu dianggap sangat penting.


skala prioritas dalam manajemen waktu yaitu:

  1. penting mendesak : Peranan ini menjadi penting supaya mengetahui bagaimana langkah-langkah dalam menyusun perencanaan. Sehingga, perlu dikerjakan lebih dulu aktivitas yang termasuk dalam kategori penting sekaligus mendesak.


  1. penting tidak mendesak : Kuadran kedua yaitu penting tetapi tidak mendesak, dengan hal ini menjadi layak penting dikarenakan terkait langsung dengan tujuan dan peran, tetapi tidak ada urgensi terkait hal itu dalam perencanaan jangka panjang. Hal-hal yang terdapat di kuadran ini sering terabaikan.


  1. tidak penting namun mendesak : layaknya berisi hal-hal yang tidak bisa dihindari karena mendesak meskipun tidak penting namun tetap harus dikerjakan.

  1. tidak penting dan tidak mendesak : dimana berkumpulnya hal-hal tidak mendesak walaupun tidak penting namun celakanya bagi kebanyakan orang memikirkan dalam urusan mengasyikan Seperti, main media sosial di tengah waktu kuliah atau kerja, kumpul berlama-lama dengan teman hanya untuk bergosip, sibuk depan smartphone tanpa tujuan yang jelas. Kalau terjebak dalam kegiatan ini, segera hentikan dan buat skala prioritas kamu.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar