Rabu, 18 Oktober 2023

Manajemen Waktu dan Keterkaitannya dengan Evaluasi Diri

 

Manajemen Waktu dan Keterkaitannya dengan Evaluasi dan Koreksi Diri



oleh: @B50-Cynthia
(Cynthia Beryl B - 46121010061)

Manajemen waktu adalah kemampuan untuk mengalokasikan waktu dan sumber daya untuk mencapat tujuan. Menciptakan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Manajemen waktu bukan hanya mengacu kepada pengelolaan waktu, tetapi lebih cenderung pada bagaimana memanfaatkan waktu. Waktu menjadi salah satu sumber daya kerja yang mesti dikelola secara efektif dan efisien. Individu yang mampu mengelola waktu akan menentukan prioritas dari berbagai tugas yang dihadapi, fokus waktu dan energi pada tugas yang penting terlebih dahulu. 

Evaluasi diri perlu dilakukan dengan tujuan intropeksi diri. Evaluasi diri harus diterapkan pada setiap diri individu, karena dengan dilakukannya evaluasi diri, seseorang akan berusaha mengoreksi kesalahan yang dilakukan pada setiap aktivitas. Selain itu, evaluasi diri juga membantu seseorang untuk bisa mengembangkan dirinya menjadi lebih baik lagi. Evaluasi diri merupakan tindakan penilaian kepada apa yang sudah dikerjakan dan bagaimana hasilnya. Dengan melakukan evaluasi diri, seseorang akan dapat melihat sejauh mana kemampuan dan  melakukan perbaikan untuk langkah selanjutnya.

Manajemen waktu juga merupakan suatu keterampilan personal atau manajerial. Kemampuan ini sangat membantu seseorang dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Kemampuan ini dibutuhkan oleh setiap orang untuk menyelesaikan suatu tugas atau tanggung jawab dengan baik serta membantu seseorang dalam melakukan perencanaan tugas atau pun keputusan. Akan tetapi, dalam pelaksanaannya, tentu saja akan terdapat hambatan-hambatan yang menyebabkan seseorang tidak dapat memanajemen waktu dengan baik. Maka dari itu, kita perlu meminimalisir kemungkinan munculnya hambatan tersebut. Salah satu caranya adalah melakukan evaluasi.

Evaluasi disini dapat dilakukan dengan cara merenungkan dan menuliskan mengenai target dan tujuan apa yang ingin dicapai serta gangguan atau hambatan apa saja yang menghalangi pencapaian tersebut. Meluangkan waktu untuk membuat rencana serta menentukan prioritas juga merupakan bentuk evaluasi diri yang bertujuan agar seseorang memiliki panduan dalam melakukan aktivitas sehingga waktu yang ada dapat dimanfaatkan dengan baik. Mengelola waktu, rencana, serta prioritas dengan baik, akan membantu seseorang dalam mencapai tujuan dan kesuksesan. Selain itu, evaluasi manajemen waktu juga bisa dilakukan dengan cara mengeliminasi kegiatan atau pun gangguan yang sekiranya mengganggu produktivitas. Setelahnya kita bisa melakukan perubahan serta perencanaan ulang terkait pengelolaan manajemen waktu. 

Daftar Pustaka

Nandy, (2021). Manajemen Waktu: Pengertian, Karakteristik, dan Caranya. Gramedia Blog. https://www.gramedia.com/literasi/manajemen-waktu/. Tanggal Akses: 15 Oktober, 2023.

Sandra, K. I. (2013). Manajemen Waktu, Efikasi-diri dan Prokrastinasi. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia2(3).

Setiawan, Y., & Pasaribu, A. (2023). Pelatihan Manajemen Waktu Karyawan Pt. X Bidang Kontraktor Interior. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia3(1), 107-113.

Tsani, N.T., (2021). Cara Evaluasi Diri: Panduan Lengkap. Quipper Campus. https://www.quipper.com/id/blog/quipper-campus/campus-life/n-cara-evaluasi-diri/. Tanggal Akses: 15 Oktober, 2023.

Wanti, E. A., & Subiyantoro, S. (2022). Manajemen Evaluasi (Muhasabah) Diri. JURNAL LENTERA: Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi21(2), 221-235.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar