Peduli
Peduli adalah sebuah nilai dasar dan sikap memperhatikan dan
bertindak proaktif terhadap kondisi atau keadaan di sekitar kita. Peduli adalah
sebuah sikap keberpihakan kita untuk melibatkan diri dalam persoalan, keadaan
atau kondisi yang terjadi di sekitar kita.
Orang-orang peduli adalah mereka yang terpanggil melakukan
sesuatu dalam rangka memberi inspirasi, perubahan, kebaikan kepada lingkungan
di sekitarnya. Ketika ia melihat suatu keadaan tertentu, ketika ia menyaksikan
kondisi masyarakat maka dirinya akan tergerak melakukan sesuatu. Apa yang
dilakukan ini diharapkan dapat memperbaiki atau membantu kondisi di sekitarnya.
Cara Mengembangkan
Kepedulian
1. Bangunlah kepekaan terhadap perasaan orang lain. Jika Anda ingin menjadi seseorang yang mempunyai cara pandang yang lebih terarah pada kepedulian, Anda harus lebih banyak menyempatkan diri untuk memikirkan tentang perasaan orang lain. Berusahalah untuk memahami bagaimana cara orang-orang di sekitar Anda menanggapi suatu situasi tertentu, atau sekedar mengenali seperti apa perasaan mereka pada saat mereka menghadapinya. Orang-orang yang memiliki rasa peduli biasanya akan bisa merasakan suasana hati orang lain dan bisa mengatakan apakah seseorang sedang merasa sedih atau kecewa, dan memikirkan cara melakukan sesuatu untuk mengatasinya. Jika suatu saat Anda bertemu dengan orang lain, apakah Anda sedang di dalam kelas atau berkumpul dengan teman-teman, perhatikanlah bagaimana perasaan mereka pada saat menghadapi suatu situasi tertentu.
1. Bangunlah kepekaan terhadap perasaan orang lain. Jika Anda ingin menjadi seseorang yang mempunyai cara pandang yang lebih terarah pada kepedulian, Anda harus lebih banyak menyempatkan diri untuk memikirkan tentang perasaan orang lain. Berusahalah untuk memahami bagaimana cara orang-orang di sekitar Anda menanggapi suatu situasi tertentu, atau sekedar mengenali seperti apa perasaan mereka pada saat mereka menghadapinya. Orang-orang yang memiliki rasa peduli biasanya akan bisa merasakan suasana hati orang lain dan bisa mengatakan apakah seseorang sedang merasa sedih atau kecewa, dan memikirkan cara melakukan sesuatu untuk mengatasinya. Jika suatu saat Anda bertemu dengan orang lain, apakah Anda sedang di dalam kelas atau berkumpul dengan teman-teman, perhatikanlah bagaimana perasaan mereka pada saat menghadapi suatu situasi tertentu.
·
Orang-orang yang mementingkan diri sendiri atau
hanya peduli pada diri mereka sendiri cenderung tidak akan peduli jika ada
orang lain di sekitar mereka yang sedang merasa kecewa, bahkan jika mereka yang
menjadi penyebabnya. Pastikan ini bukan karena Anda.
·
Bahkan jika bukan Anda yang menyebabkan perasaan
terluka, perhatikan bagaimana cara orang lain menanggapi sebuah komentar
tertentu atau sebuah berita. Jika Anda sedang mengikuti sebuah pertemuan dan
merasakan bahwa banyak orang kelihatannya kecewa pada saat pimpinan Anda
menjelaskan tentang tujuan dari sebuah proyek baru, Anda perlu mengatakan hal
kepada pimpinan Anda.
2. Pertimbangkan apa dampak dari tindakan Anda
terhadap orang lain. Mungkin Anda sendiri sudah sangat sibuk memikirkan segala
kebutuhan Anda untuk mempertimbangkan dampak dari apa yang Anda lakukan atau
katakan kepada orang lain. Jadi jika suatu saat Anda ingin melakukan sesuatu,
mungkin meminta teman Anda yang membersihkan dapur karena Anda sedang sibuk,
atau tidak menjawab telpon dari teman Anda yang baru saja patah hati,
bertanyalah kepada diri Anda sendiri bagaimana tanggapan orang ini terhadap apa
yang sudah Anda lakukan. Jika jawabannya "tidak baik," maka Anda
harus mempertimbangkan untuk mengubah tindakan Anda agar lebih bisa diterima
oleh orang lain.
·
Hal ini tentu saja tidak berarti bahwa
orang-orang ini harus selalu menerima atau setuju dengan apapun yang Anda
lakukan. Kadang-kadang Anda harus melakukan apa yang Anda yakini tanpa mencoba
untuk menyenangkan orang lain. Tetapi jika perilaku Anda hanya mementingkan
diri sendiri, kasar, atau tidak menyenangkan, maka Anda harus mempertimbangkan
untuk melakukan perubahan.
3.
Tentukan sikap. Sikap peduli pada orang lain
cenderung berfokus pada usaha untuk membangun hubungan yang sehat dan positif.
Kadang-kadang ini berarti akan ada perdebatan atau pertentangan dengan orang
lain dengan tujuan untuk menyelesaikan suatu masalah. Bagaimanapun juga, jika
Anda ingin bersikap peduli, Anda perlu mempertimbangkan untuk menjaga jarak
dengan seseorang, dan berusaha menjaga hubungan yang sehat dan positif daripada
terus menerus bertengkar sepanjang waktu. Jika lain kali Anda mulai berdebat
atau bertengkar dengan seseorang, tanyakanlah kepada diri sendiri apakah cara
ini memang benar-benar akan bermanfaat atau Anda hanya sekedar ingin meluapkan
kemarahan dari dalam diri Anda. Jika menurut Anda perdebatan atau konfrontasi
ini tidak akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat, lebih baik lupakan
saja.[1]
·
Peduli pada orang lain berarti sungguh-sungguh
mau mendengarkan apa yang membuat mereka khawatir pada saat mereka menghadapi
masalah dalam sebuah hubungan atau situasi tertentu. Tetapi mereka tetap
berusaha menjaga agar semuanya tetap baik dan tidak mau bertengkar jika mereka
bisa menghindarinya.
4. Hargailah orang lain dalam kehidupan Anda. Jika
Anda ingin menjadi seseorang yang lebih peduli, Anda harus menghargai
orang-orang yang ada dalam kehidupan Anda sebaik mungkin. Berusahalah untuk
selalu berterima kasih dan mensyukuri kebaikan dari setiap anggota keluarga
Anda, teman-teman Anda, orang yang Anda cintai, atau setiap orang yang sudah
membuat hidup Anda menjadi lebih berarti dan lebih baik. Jangan hanya terfokus
pada hal-hal yang membuat Anda kecewa atau kata-kata kasar yang kadang-kadang
harus Anda hadapi, tetapi sebaliknya, berusahalah untuk memikirkan semua
kegembiraan dan kebahagiaan yang orang-orang lain bawa ke dalam hidup Anda.
Cara ini tidak hanya membawa Anda pada pola pikir yang lebih baik, tetapi
membuat Anda lebih mudah untuk memperbesar kepedulian Anda pada orang-orang di
sekitar Anda.
·
Agar Anda bisa sungguh-sungguh menghargai
orang-orang dalam kehidupan Anda, Anda harus sangat berterima kasih kepada
mereka. Ucapkanlah terima kasih kepada mereka karena sudah membantu Anda pada
saat Anda mengalami kesulitan, karena mereka sudah berbuat baik kepada Anda,
atau hanya karena mereka sudah membuat Anda kagum. Buatlah mereka mengerti
bahwa kehadiran mereka sangat berarti dalam kehidupan Anda.
·
Jangan meremehkan kekuatan dari sebuah kartu
ucapan "terima kasih." Kartu ini tidak biasa digunakan seperti kartu
yang lain, sehingga orang yang menerimanya akan merasa diperlakukan dengan
sangat istimewa.
5. Jauhkan rasa egois. Meskipun sulit untuk bisa
menjadi orang yang sama sekali tidak mementingkan diri sendiri, setiap orang
bisa berusaha untuk menjadi orang yang tidak terlalu egois dalam melakukan
interaksi dan menjalani kehidupannya sehari-hari. Jika Anda ingin mengurangi rasa
egois, Anda harus lebih banyak memikirkan perasaan orang lain dan tidak hanya
berpikir tentang saya, saya, saya. Suatu saat jika Anda berinteraksi dengan
seseorang, berusahalah untuk memperhatikan bagaimana perasaannya dan bagaimana
keadaannya daripada membicarakan tentang diri Anda atau memikirkan kebutuhan
Anda sendiri. Semakin Anda sadar untuk tidak lagi bersikap egois, semakin mudah
Anda peduli kepada orang lain dengan sepenuh hati.
- Ketahuilah bahwa ada perbedaan antara bersikap egois dan sangat peduli pada diri sendiri dengan tidak mengabaikan kebutuhan Anda demi memenuhi keinginan orang lain.
- Ketahuilah bahwa ada perbedaan antara bersikap egois dan sangat peduli pada diri sendiri dengan tidak mengabaikan kebutuhan Anda demi memenuhi keinginan orang lain.
6.
Berikan perhatian. Orang-orang yang memiliki
rasa kepedulian menjalani kehidupan mereka sehari-hari dengan cara pandang
untuk selalu memberikan perhatian. Mereka berusaha memberikan perhatian pada
apa yang dilakukan oleh orang-orang yang mereka ajak bicara, selain itu mereka
juga memiliki kepekaan terhadap kebutuhan dan perasaan orang-orang tersebut.
Perhatikanlah ekspresi wajah orang lain, bahasa tubuh, cara berpakaian, dan
bahkan tanggapan melalui gerakan tangan mereka, bisa memberikan gambaran
lengkap dari apa yang orang ini pikirkan dan rasakan, dan bisa membantu Anda
untuk menjadi orang yang lebih penuh perhatian.
Contoh sikap peduli
1.
Contoh Sikap : Membantu sesama yang kesulitan
·
Dampak : beban orang tersebut akan berkurang
2.
Contoh Sikap : Membela sesama yang benar
·
Dampak : orang yang benar namun disalahkan akan
mendapatkan haknya kembali
3.
Contoh Sikap : Bekerja bakti bersama tetangga
·
Dampak : llingkungan sekitar kampung/perumahan
akan bersih dan indah
4.
Contoh Sikap : Mengadakan bakti sosial
·
Dampak : orang sekitar akan terbantu
5.
Contoh Sikap : Tidak mengejek sesama dan
berteman dengannya
·
Dampak : teman tersebut akan senang dan kita
akan mendapat teman baru
Manfaat Peduli
1.
Menumbuhkan sikap positif
2.
Mengurangi sifat egois
3.
Timbulnya masyarakat yang memiliki tingkat
kesosialan tinggi
4.
Terwujudnya sikap hidup gotong royong
5.
Menumbuhkan kerukunan dan kebersamaan
6.
Terjadinya pemerataan kesejahteraan
7.
Terwujudnya persatuan dan kesatuan
Prinsip- prinsip
kepedulian yang perlu di praktekkan dalam kehidupan nyata :
1.
PEDULI BERARTI MEMBERI PERHATIAN kepada hal kecil yang mengakibatkan dampak besar (dan
bukan memberikan perhatian kepada hal besar tetapi memberikan dampak kecil).
2.
PEDULI BERARTI BERKOMUNIKASI dengan orang yang disayangi meskipun dialog yang
dilakukan sepertinya tidak berja lan dengan baik.
3.
PEDULI BERARTI MENGERTI situasi orang yang disayangi meskipun situasinya membuat
kita tidak nyaman.
4.
PEDULI BERARTI MELAKUKAN TINDAKAN DENGAN SEGERA
pada kesempatan pertama dan bukan sekedar berkotbah beIaka . ( Nato = No Action
Talk Only )
5.
PEDULI BERARTI MEMBERI KENYAMANAN terhadap orang yang disayangi bahkan pada
saat-saat yang paling sulit sekali
6.
PEDULI BERARTI PANJANG KASIH DAN SABAR serta memberikan bimbingan kepada orang yang disayangi untuk menemukan dan mencapai tujuann
7.
PEDULI BERARTI BERBAGI bahkan untuk hal-hal yang paling berharga sekalipun sesuai
kebutuhan orang yang disayang
8.
PEDULI BERARTI KOMITMEN JANGKA PANJANG bahkan ketika orang yang disayangi sudah
tidak ada
9.
PEDULI BERARTI MEMAAFKAN bahkan untuk hal yang paling menyakitkan sekalipun demi
tujuan yang lebih besar lagi
10.
PEDULI BERARTI
PERCAYA terhadap orang yang disayangi, terhadap diri sendiri dan terhadap
visi bersama .
11.
PEDULI BERARTI MENYUCIKAN diri dari kepentingan diri sendiri , lebih mementingkan
prinsip kebersamaan
DAFTAR PUSTAKA
-
Anonim. 2016. Peduli Adalah. Indonesia:
Antaranews.
-
Arsy28. 2014. Peduli Terhadap Sesama. Indonesia:
Slideshare.
-
Delaa02. 2014. Tugas. Indonesia: Brainly.
-
Anonim. 2014. Arti Kepedulian Terhadap Sesama
Manusia. Indonesia: Obrolan Masa Depan.
-
Anonim. 2016. Mengembangkan Kepedulian.
Indonesia: Wikihow.
http://id.wikihow.com/Mengembangkan-Kepedulian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar