Jumat, 02 Desember 2016

Kerjasama bentuk dari Interaksi sosial

Putri ayu
 Pengertian kerjasama secara umum ialah sebuah bentuk dari interaksi sosial yang bersifat asosiatif yaitu hal ini di lakukan oleh dua orang atau lebih dimana mereka memiliki pandangan yang sama untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan menurut beberapa ahli diantaranya Charles H. Cooley mengatakan bahwa kerja sama akan timbul jika seseorang atau kelompok yang sadar jika mereka memiliki kepentingan yang sama dan pada saat yang sama pula.  Dan menurut Sargent dalam Santosa (1992:29) menyatakan bahwa kerjasama merupakan usaha terkoodinasi diantara anggota kelompok atau masyarakat yang diarahkan untuk mencapai tujuan bersama.

Ada beberapa aspek yang mendorong manusia untuk bekerjasama diantaranya ialah aspek biologis yaitu keinginan manusia untuk tetap hidup mempertahankan kehidupannya yang bisa dicapai dengan kerjasama, kedua adalah aspek psikologis yaitu kesediaan bekerja sama untuk menghilangkan rasa kejenuhan dan mempertahankan diri sebagai anggota pergaulan hidup manusia, ketiga adalah aspek ekonomis yaitu kesediaan manusia untuk bekerja sama agar dapat emmenuhi kebutuhan dan memuaskan segala kebutuhan, serta yang keempat yaitu aspek kultural.

Untuk menemukan kerjasama dalam kehidupan sehari-hari tidaklah sulit, karena kita dapat menemukanya pada lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, dan lingkungan sekolah. Pada lingkungan keluarga kita dapat menemukan sebuah kerjasama seperti seluruh anggota keluarga membersihkan rumah, pada lingkungan masyarakat kerjasama dalam merayakan acara tujuh belasan dalam memperingati hari kemerdekaan, serta pada lingkungan sekolah yaitu kerjasama dalam mengerjakan tugas kelompok bisa juga kerjasama tergabung dalam suatu organisasi.

Adapun kontribusi yang dapat kita berikan sebagai anggota kelompok yaitu:
·      Inisiatif. Bekerja sama bukan berarti anda cukup menunggu perintah ketua kelompok.
·      Jangan tergantung. Jangan biasakan sifat ketergantungan di dalam kelompok. Tanamkan bahwa anda juga harus berbuat sesuatu untuk kelompok.
·      Kembangkan diri. Jangan menganggap bahwa nama anda akan ikut terangkat meski anda “malas-malasan” dalam kelompok, sementara yang lain bekerja keras.
·      Kesempatan berharga. Tanamkan pada diri anda bahwa bekerja dalam tim merupakan kesempatan berharga untuk banyak belajar.
Sebagai anggota kelompok yang baik kita seharusnya memiliki karakteristik yang baik. Adapun karakter yang diharapkan ialah kesetiaan,kesopanan, 
kesabaran,semangat,optimis,komunikasi,kemampuan untuk menyetujui,dan dapat diandalkan.

Manfaat kita dalam bekerjasama mendorong adanya persaingan yang bisa mencapai tujuannya yaitu meningkatkan produktifitas, dapat meningkatkan semangat kerja individu, mendorong terciptanya sebuah sinergi, memberikan dorongan hubungan antara dua pihak menjadi lebih erat dan harmonis dan penuh kesetiakawanan.

DAFTAR PUSTAKA
Vidy,2016, pengertian kerjasama: manfaat dan contohnya, http://artikel-az.com/pengertian-kerja-sama/ , pengertian A-Z
Oktavya, 2010 , kerjasama yang baik dalam kelompok, https://oktavya.wordpress.com/2010/11/07/kerja-sama-yang-baik-dalam-kelompok/ , psikologi kelompok
Setyawan Fendik , 2012, teori kerjasama dan persaingan kelompok , http://imadiklus.com/teori-kerjasama-dan-persaingan-kelompok/ , imadiklus
Brehohfirman, 2009, aspek yang mendorong manusia un tuk kerjasama, http://brehohfirman.blogspot.co.id/2009/12/4-aspek-yang-mendorong-manusia-untuk.html 2009 , firman blekok



Tidak ada komentar:

Posting Komentar