Kamis, 22 Desember 2016

Mengenedalikan Diri


Dalam keadaan tertentu kita kadang sulit untuk mengendalikan diri sendiri di mana banyak hal yang sangat membuat kita ingin marah dan berontak terhadap sesuatu hal yang membuat kitaingin marah.
semuaitutimbulkarenaemosiyaituperasaan yang timbuldalamdirikitasendirisecaraalamiah,yaitubisaberupaamarah,sedih,senang,benci,cinta,bosan,dansebagainya yang merupakanefekataurespon yang kitaalami.berbicarasoalemosimakakitaharustahukecerdesanemosiitusendiridimanamerupakankemampuanmanusiauntukmemotivasidirisendiri.

Meluapkanamarahmerupakanhalwajar.namunterkadang,emosi yang terlalumeluapbuatandajaditakterkendali.perasaanmarahsebenarnyadikarenakanadanyapikiran negative terhadapsuatuhal,pikiranituterusberkelanjutan,sehinggatidakbisamengontroldirisendiri.akantetapimerekatidakdapatmenjelaskansecarapastiapakahteknikmenjagajarakbenar-benarmenghilangkannyauntuksesaat.

Disiniada 3 langkah yang dapatdicobauntukmengendalikandiri;


2.analisismasalahnya

3.selesaiakanmasalah

Ada jugacarakitauntukmengatasimengendalikandirisendiri;

1.mengendalikandirikitasendiridanmengidentifikasiapa yang sesungguhnyaandarasakan.setiap kali suatuemoditertentumunculdalampikiranandaharusdapatmenangkappesanapa yang ingindisampaikandandirasakanolehkitaapakahmarah,senang,sedihatauhallainnya

2.memahamidampakdariemosi yang timbuldaridirikitasendiriapakahituberdampak negative ataupositif

3.tenangkandanbuangemosi negative yang timbuldanberpikiransecaranetraldanlebihberpikirkedampakdaripelampiasanemosi negative itusendiri

Ada juga 10 caramengontroldiri agar tidakmudahmarah;

1.ambilwaktusebentar

2.ekspresikankemarahananda

3.berolahragasedikit

4.berpikirlahsebelumandaberbicara

5.berpikirtentangsolusijanganasalmarah

6.gunakanpernyataankita

7.jnganmenyimpandendam

8.gunakan humor untukmelepaskanketegangan

9.praktekketerampilanrelaksasi

10.tahukapanuntukmencaribantuan

1.      Pengertian Mengikuti Perubahan


Di zaman yang serba modern seperti sekarang sudah seharusnya kita mengikuti semua perubahan yang ada baik dibidang komunikasi, teknologi, transportasi dsb. Namun tidak semua perubahan menghasilkan dampak yang positif pula,
banyak dari perubahan yang ada terutama yang berasal dari daratan eropa yang tidak sesuai bahkan menjurus kearah negatif.

Sudah sepantasnya kita memilih perubahan yang sekiranya akan menimbulkan dampak positif bagi kehidupan kita, banyak hal yang dapat dijadikan sebagai pedoman untuk menyaring manakah perubahan yang sekiranya lebih bermanfaat bagi kita. Misalnya dengan berpatokan pada pancasila sebagai dasar negara yang merupakan penggalian dari jati diri bangsa kita sendiri.

Selain dasar negara, faktor agama juga bisa dijadikan sebagai pedoman untuk menyaring perubahan tersebut, karena didalam agama sendiri sering diajarkan bagaimana kita memilih suatu hal yang sekiranya baik untuk kita. Faktor logika yang berasal dari setiap individupun bisa dijadikan pedoman untuk menetukan manakah perubahan yang akan kita pilih.

2.  Faktor-faktor yang mendorong terjadinya perubahan

a. Kontak dengan kebudayaan lain
Salah satu proses yang menyangkut hal ini adalah diffusion. Difusi adalah proses penyebaran unsur-unsur kebudayaan dari individu kepada individu lain, dan dari satu masyarakat ke masyarakat lain. Dengan proses tersebut, manusia mampu menghimpun penemuan-penemuan baru yang telah dihasilkan. Ada dua tipe difusi, yaitu pertama difusi intramasyarakat dan kedua difusi antarmasyarakat. Sistem pendidikan formal yang maju
Pendidikan memberikan aneka macam kemampuan kepada individu. Pendidikan memberikan nilai-nilai tertentu bagi manusia, terutama dalam membuka pikirannya serta menerima hal-hal baru dan juga bagaimana cara berpikir secara ilmiah.
b. Sikap menghargai hasil karya seseorang dan keinginan-keinginan untuk maju
Apabila sikap tersebut melembaga dalam masyarakat, masyarakat merupakan pendorong bagi usaha-usaha penemuan baru.
c. Toleransi terhadap perbuatan-perbuatan yang menyimpang (deviation), yang bukan merupakan delik
d. Sistem pelapisan sosial yang terbuka. Sistem terbuka memungkinkan adanya gerak sosial vertikal yang luas atau berarti memberi kesempatan kepada para individu untuk maju atas dasar kemampuan sendiri.
e. Penduduk yang heterogen.
f. Ketidakpuasan masyarakat terhadap bidang-bidang kehidupan tertentu.
g. Orientasi ke masa depan.
h. Nilai bahwa manusia harus senantiasa berikhtiar untuk memperbaiki hidupnya.

3.      Faktor-faktor yang menghalangi terjadinya perubahan

Adapun faktor-faktor yang menghambat tejadinya perubahan dalam suatu masyarakat adalah sebagai berikut.
a. Kurangnya hubungan dengan masyarakat lain
b. Perkembangan ilmu pengetahuan yang terlambat
c. Sikap masyarakat yang sangat tradisional
d. Adanya kepentingan-kepentingan yang telah tertanam dengan kuat atau vested interest
e. Rasa takut akan terjadinya kegoyahan pada integrasi kebudayaan
f. Prasangka terhadap hal-hal baru atau asing atau sikap yang tertutup
g. Hambatan-hambatan yang bersifat ideologis
h. Adat atau kebiasaan
i. Nilai bahwa hidup ini pada hakikatnya buruk dan tidak mungkin dapat diperbaiki

4.                   Manfaat  Mengikuti Perubahan


                Perubahan mempunyai manfaat bagi kelangsungan hidup seseorang, tanpa adanya perubahan maka dapat dipastikan bahwa usia seseorang tidak akan bertahan lama. Perubahan bertujuan agar seseorang  tidak menjadi statis melainkan tetap dinamis dalam menghadapi perkembangan jaman, kemajuan teknologi dan dibidang pelayanan kesehatan adalah peningkatan kesadaran pasien akan pelayanan yang berkualitas


5.      Mengikuti Perubahan Dalam Diri Sendiri


Namun tentunya dengan berbagai faktor tersebut tidak menghalangi kita untuk menolak perubahan yang ada, karena jika kita tidak mengikuti perubahan yang terjadi hasilnya adalah hidup kita akan menjadi semakin sulit. Karena umunya perubahan yang menimbulkan dampak positif bagi diri kita akan membuat hidup menjadi lebih mudah.

Intinya kita harus bisa beradaptasi dengan perubahan yang terjadi, namun tentunya jangan sampai kita memilih perubahan yang salah pula. Orang yang cerdas adalah orang yang mampu beradaptasi dalam berbagai kondisi maupun lingkungan yang ada, sehingga dia tidak akan merasa kesusahan dalam menjalani hidupnya.

Perubahan yang saya alami sendiripun beragam jenisnya, mulai dari perubahan tingkah laku, perubahan teknologi yang semakin hari semakin canggih, perubahan transportasi yang semakin cepat dsb. Namun saya sadari dalam berbagai perubahan tersebut banyak hal yang sebenarnya dapat menimbulkan efek negatif bagi diri saya pribadi, namun saya berusaha untuk tetap mengikuti perubahan yang ada tanpa meninggalkan pribadi saya yang dulu.

Namun tetap saya sadari, perubahan yang saya alami selama ini masih banyak yang hanya menimbulkan efek negatifnya saja. Sampai saat ini saya masih mencari-cari bagaimana caranya agar dapat meninggalkan efek negatif tersebut, sudah berbagai cara yang saya coba namun hasilnya tetap nihil...

Semoga dikemudian hari saya pribadi dapat menemukan bagaimana cara agar dapat menghapus serta meninggalkan efek negatif yang ditimbulkan dari perubahan yang terjadi sampai sekarang ini, sehingga kehidupan saya dapat menjadi lebih baik dan juga menjadi pribadi yang semakin baik pula.


Sumber :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar