Jumat, 02 Desember 2016

Pentingnya sebuah semangat

Putri Ayu
Kata semangat  menjadi sebuah acuan dalam menjalani hari-hari, karena sering kali kita mengalami semangat yang menurun. baik itu semangat dalam belajar,semangat dalam melakukan kerja bahkan semangat dalam melakukan akitivitas seringkali kita rasakan menurun. Sebenarnya semangat itu apa? Secara umum semangat merupakan pikiran ketika batin tergerak untuk melakukan satu atau banyak tindakan. Jadi, semangat itu memiliki fungsi sebagai penggerak batin untuk bertidak.
Ada beberapa hal yang menjadi faktor penyebab turunnya semangat diantaranya, kurang istirahat, stamina menurun, ada gejala sakit, faktor usia dan fisik, dan ada masalah. Kurang istirahat merupakan salah satu masalah utama yang terjadi pada zaman sekarang baik pada usia muda ataupun pada usia tua karna baik tua dan muda sekarang sudah mempunyai aktivitas diluar rumah yang sangat banyak bahkan dibilang suda berlebihan. Contohnya saja pelajar sekarang, dari pagi sampai sore segala aktivitas nya berada diluar rumah, mulai dari belajar disekolah hingga mengikuti bimbingan diluar sekolah.
Nah, ada beberapa hal yang menjadi solusi untuk menaikkan semangat bagi kita yang mempunyai semangat yang kendor yaitu seperti istirahat disela-sela kegiatan, tidur tepat waktu, makan 4 sehat 5 sempurna, olahraga ringan, minum vitamin, serta  enjoy dalam menghadapi tantangan.

Orang yang mempunyai semangat yang tinggi tentunya berbeda dengan yang lain karna ia akan terlihat lebih menonjol ketika berada dalam lingkup orang banyak, adapun ciri-ciri orang yang memiliki semangat tinggi yaitu selalu tersenyum, memiliki inisiatif sendiri dalam melakukan aktivitas, berpikir kreatif dan luas, menyenangi apa yang sedang dilakukan, serta tanggung jawab pada apa yang menjadi kewajibannya.

Adapun manfaat bagi kita jika kita mempunyai semangat yang tinggi yaitu akan pekerjaan akan lebih cepat selesai, mendorong sesorang untuk bekerja hati-hati dan teliti, memudahkan kita dalam mencapai suatu prestasi, produktivitas meningkat, serta menjadi pribadikan pribadi yang bertanggung jawab serta pantang menyerah.


DAFTAR PUSTAKA
Ruslani, 2015, pengertian tentang semangat,  http://www.ruslani.com/pengertian-tentang-semangat.html , www.ruslani.com
Imadha hariyanto, 2009, bagaimana cara mengatasi semangat yang menurun? , https://psikologi2009.wordpress.com/2012/02/01/psikologi-bagaimana-cara-mengatasi-semangat-yang-menurun/ , psikologi populer
Anonim, 2011, ciri-ciri individu yang memiliki semangat kerja tinggi, http://bramap.blogspot.co.id/ ,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar