Rabu, 21 Desember 2016

ADAPTASI

Adaptasi mempunyai definisi yaitu cara bagaimana organisme mengatasi tekanan lingkungan sekitarnya untuk bertahan hidup
. Yang artinya jika seseorang dapat beradaptasi ia dapat bertahan hidup. Namun beberapa dari kita berpikir bahwa adaptasi hanya untuk memperoleh makanan, minuman, tempat tinggal atau yang lain, mereka lupa bahwa kita sebagai makhluk sosial memerlukan lebih dari itu. Sebagai makhluk sosial kita tidak mungkin hidup sendiri, maka dari itu kita memerlukan seseorang entah itu untuk membantu kita atau hanya sekedar menemani kita.
Untuk itu adaptasi sangat dibutuhkan dan kita sangat perlu mengetahuinya. Penyesuaian diri manusia (adapatasi) terhadap lingkungan dapat kita bedakan menjadi 2, yaitu :
1. Adaptasi eksternal, yaitu proses penyesuaian diri terhadap lingkungan sekitar tempat dia hidup.
2. Adaptasi internal, yaitu proses penyesuaian diri terhadap mahluk hidup sejenis atau mahluk hidup jenis lain yang ada pada lingkungan sekitar tempat dia hidup.
Adaptasi juga memiliki beragam keuntungan contohnya saja, saat kita bisa beradaptasi kita dapat memiliki banyak teman lalu berawal dari banyaknya teman yang kita miliki akan membantu kita dalam berbagai kesulitan seperti kesulitan pekerjaan. Karena satu dari sekian banyak teman kita pasti ada yang sukses dan dapat memberikan kita pekerjaan. Bayangkan saja jika kita bisa beradaptasi, pasti kita tidak akan punya teman, tidak ada yang membantu kita saat kesulitan.
Lalu bagaimana cara kita beradaptasi?
1.       Yang pertama adalah dengan menerima diri kita sendiri dengan segala keadaannya, sehingga kita tidak akan kesulitan dalam membawa diri kita sendiri.
2.       Terima keadaan disekitar kita, walaupun tidak semua situasi dapat cocok dengan kita namun kita harus berusaha menerimanya
3.       Jangan banyak mengeluh, poin ini sangat berhubungan dengan poin yang kedua. Seberat apa pun situasinya usahakan jangan mengeluh karena itu hanya akan menambah masalah dan bukan menyelesaikannya
4.       Tersenyulmlah, beberapa ahli sering mengatakan bahwa dengan tersenyum dapat meringankan sedikit beban kita walaupun yang dimaksud beban disini adalah beban yang ada dipikiran kita.
Memang tidak mudah untuk beradaptasi tetapi akan lebih lebih sulit lagi jika kita terus menerus bersembunyi dari keadaan yang tidak kita senangi dan kita akan terus terjebak disana sampai kita berani keluar dan menghadapinya. Tuhan telah memberikan kita kemampuan untuk beradapatasi untuk itu kita harus gunakan semaksimal mungkin sebagai bentuk rasa syukur kita dan jika kita tidak memakainya sama saja kita bersyukur atas apa yang telah diberi-Nya


DAFTAR PUSTAKA
Anonim.2016.adaptasi.[online]
https://id.wikipedia.org/wiki/Adaptasi
Dharma,Andi.2016. Adaptasi Manusia Terhadap Lingkungan.[online]
http://www.cahaya-islam.com/2016/01/adaptasi-manusia-terhadap-lingkungan.html
Anonim.2016.4 cara mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.[online]
http://www.klikcara.com/2014/08/cara-beradaptasi-lingkungan-baru.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar