Minggu, 18 Desember 2016

Menjadi Pribadi Yang Baik

Kepribadian adalah keseluruhan sikap, ekspresi, perasaan, temparmen, ciri khas dan juga prilaku seseorang.  Sikap perasaan ekspresi & tempramen tersebut akan terwujud dalam tindakan seseorang kalau di hadapkan kepada situasi tertentu. Setiap orang memiliki kecenderungan prilaku yang baku/berlaku terus menerus secara konsisten dalam menghadapai situasi yang sedang di hadapi, sehingga jadi ciri khas pribadinya. Sedangkan Menjadi pribadi yang baik adalah keinginan setiap orang, pribadi yang baik adalah pribadi yang bisa membawa kebaikan bagi sekitarnya, bagi keluarga, saudara, teman, sahabat dan semua yang ada di sekitarKita.


TIPS MENJADI PRIBADI YANG MENARIK.1ROYALAH DALAM MEMBERI PUJIAN
    Pujian itu seperti air segar yang bisa menawarkan rasa haus manusia akan penghargaan. Dan kalau Anda selalu siap membagikan air segar itu kepada orang lain, Anda berada pada posisi yang strategis untuk disukai oleh orang lain. Caranya? Bukalah mata lebar-lebar untuk selalu melihat sisi baik pada sikap dan perbuatan orang lain. Lalu pujilah dengan tulus.


2 BUATLAH ORANG LAIN MERASA DIRINYA SEBAGAI ORANG PENTING
    Tunjukkanlah dengan sikap dan ucapan bahwa anda menganggap orang lain itu penting. Misalnya, jangan biarkan orang lain menunggu terlalu lama, katakanlah maaf bila salah, tepatilah janji, dsb.


3. JADILAH PENDENGAR YANG BAIK    Kalau bicara itu perak dan diam itu emas, maka pendengar yang baik lebih mulia dari keduanya. Pendengar yang baik adalah pribadi yang dibutuhkan dan disukai oleh semua orang. Berilah kesempatan kepada orang lain untuk bicara, ajukan pertanyaan dan buat dia bergairah untuk terus bicara. Dengarkanlah dengan antusias, dan jangan menilai atau menasehatinya bila tidak diminta.


4. USAHAKANLAH UNTUK SELALU MENYEBUTKAN NAMA ORANG DENGAN BENAR    Nama adalah milik berharga yang bersifat sangat pribadi. Umumnya orang tidak suka bila namanya disebut secara salah atau sembarangan. Kalau ragu, tanyakanlah bagaimana melafalkan dan menulis namanya dengan benar. Misalnya, orang yang dipanggil Wilyem itu ditulisnya William, atau Wilhem? Sementara bicara, sebutlah namanya sesering mungkin. Menyebut Andre lebih baik dibandingkan Anda. Pak Peter lebih enak kedengarannya daripada sekedar Bapak.


5. BERSIKAPLAH RAMAH    Semua orang senang bila diperlakukan dengan ramah. Keramahan membuat orang lain merasa diterima dan dihargai. Keramahan membuat orang merasa betah berada di dekat Anda.


       CONTOH KEPRIBADIAN YANG MENARIK


1.Sopan: Sikap yang baik *Santun: Kata-kata yang baik (Sopan Santun Yaitu: Sikap & Kata-kata yang baik pada diri sendiri dan orang lain).


2. Toleransi Sikap terbuka dan saling menghargai tidak hanya pada kata-kata tapi dengan perbuatan


3. Simpati Perasaan peduli terhadap orang lain, tapi tidak dengan tindakan, melainkan dengan kata-kata yang baik


4. Empati Suatu sikap peduli terhadap orang lain dengan cara merespon dengan memberi motivasi yang baik dan tindakan yang diperlukan, untuk bisa membantu orang tersebut


5. Sportif Mau berkompetisi secara sehat dan jujur. Orang yang sportif jika menang tidak akan besar kepala dan jika kalah tidak akan mengeluh


6. Penuh Semangat Sikap penuh bersemangat adalah energi bagi hati seseorang, dengan semangat tinggi seseorang tidak akan patah semangat untuk meraih kesuksesan dan kebahagiaan. ( tujuan baik yang harus dicapai). semangat bisa berupa tindakan, kata-kata dan motivasi yang benar dan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar