Sabtu, 26 Desember 2015

PROAKTIF SEBAGAI PANDAANGAN HIDUP

Pengertian Proaktif Seseorang yang memiliki sikap proaktif selalu memiliki visi ke depan, memandang masa depan dengan penuh optimisme, selalu aktif dan memikirkan apa yang dapat mereka lakukan untuk meningkatkan kualitas kehidupannya. Sikap proaktif cenderung mengarah pada tindakan ( action ) yang positif. Tindakan proaktif berbeda dengan tindakan reaktif yang hanya bisa mengumbar keluhan akan keadaannya.




Sikap Proaktif 

Di dalam buku yang berjudul “The 7 Habits Of Highly Effective People” dimana dijelaskan mengenai tujuh kebiasaan dari orang-orang yang sangat efektif, dijelaskan bahwa bersikap proaktif adalah lebih dari sekedar mengambil inisiatif. Bersikap proaktif artinya bertanggung jawab atas perilaku kita sendiri (di masa lalu, di masa sekarang, maupun di masa mendatang), dan membuat pilihan-pilihan berdasarkan prinsip-prinsip serta nilai-nilai ketimbang pada suasana hati atau keadaan. Orang-orang proaktif adalah pelaku- pelaku perubahan dan memilih untuk tidak menjadi korban, untuk tidak bersikap reaktif, untuk tidak menyalahkan orang lain. Mereka lakukan ini dengan mengembangkan serta menggunakan keempat karunia manusia yang unik ( kesadaran diri, hati nurani, daya imajinasi, dan kehendak bebas ) dan dengan menggunakan pendekatan dari dalam ke luar untuk menciptakan perubahan. Mereka bertekad menjadi daya pendorong kreatif dalam hidup mereka sendiri, yang adalah keputusan paling mendasar yang bisa diambil setiap orang. Manusia yang proaktif selalu berpusat pada lingkaran pengaruh, dalam arti hidupnya selalu dipenuhi dengan kata “Menjadi”. Mereka menjadi lebih sabar, menjadi lebih bijaksana, menjadi lebih penuh kasih sayang, menjadi pendengar yang baik. Pada dasarnya, manusia proaktif tidak hanya berangan-angan atau terbuai dengan mimpi mereka. Namun mereka cenderung take action untuk mewujudkan mimpinya, penuh kreativitas, memiliki komitmen yang kuat untuk meraih kesuksesan.

 Ciri-Ciri Orang Proaktif 
Bertanggung jawab terhadap tindakannya sendiri 
Segala tindak tanduk prilaku mereka adalah produk dari pilihan sadar mereka, berdasarkan nilai-nilai yang mereka yakini 
Berfikir sebelum bertindak 
Mampu mengambil keputusan yang tepat walaupun pada situasi terburuk
 Tidak mudah tersinggung 
Fokus pada hal-hal yang bisa mereka ubah dan tidak mengkhawatirkan hal-hal yang tidak bisa mereka ubah 
Tidak menyalahkan keadaan, kondisi lingkungan 

Konsekuensi Sikap Proaktif 

Seorang yang memiliki sikap proaktif, bebas melakukan tindakan apa saja namun tetap mengacu kepada nilai-nilai yang diyakininya. Tapi perlu disadari bahwa segala tindakan yang dilakukan memiliki konsekuensi yang harus dihadapi dimasa mendatang. Dengan kata lain, bagaimana keadaan kita hari ini merupakan akibat dari keputusan yang kita ambil dihari kemarin. Bila seseorang menyadari telah mengambil tindakan yang salah,kita harus segera mengakuinya dengan sportif, lalu belajar dari kesalahan tersebut Hal yang paling penting dari semua itu adalah kemampuan kita dalam mengambil semua konsekuensi yang ada. Lalu membuat sebuah komitmen pada diri sendiri, dan memenuhinya.

http://mindsetbisnisonline.com/berpikir-proaktif/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar