Kamis, 06 Desember 2018

Mengikuti Perubahan


Perubahan tentunya sudah tidak asing lagi kita dengar. Apa itu perubahan? Perubahan adalah peralihan keadaan yang sebelumnya, perubahan tersebut tidak hanya berupa keadaan saja melainkan bisa berupa perubahan pola pikir, dan perilaku suatu masyarakat. Perubahan diri adalah sebuah peralihan pada diri seseorang atau individu yang menghasilkan sesuatu yang berbeda dari sebelumnya pada diri seseorang atau individu itu. Kita sebagai manusia, harus mengikuti perubahan yang ada, dalam hal ini ialah perubahan yang positif, bukan yang negatif.


Berubah harus pada hal yang positif. Maka dari itu, niat sangatlah penting. Kemudian, ikhlaskan diri kita untuk berubah karena untuk mendapat rahmat dari Allah. Ikhlas itu perkara seseorang denga Allah. Percayalah, Allah pasti melihat usaha dan niat baik kalian. Meskipun mereka tidak menganggapnya, meskipun mereka menyia-nyiakan usaha kalian, dan meskipun mereka menganggap usaha kalian biasa-biasa saja. Karena, hasil yang kita dapat akan sesuai dengan apa yang kita usahakan. 
Perubahan perilaku mempunyai tiga bentuk, yaitu:
1.      Perubahan alamiah (natural change): perubahan perilaku ini terjadi secara alamiah dalam diri manusia. Contoh: perubahan fisik dari muda ke tua.
2.      Perubahan terencana (planned change): perubahan perilaku yang memang sudah direncanakan oleh orang tersebut. Contoh: seseorang pengangguran yang ingin merubah nasibnya dengan berwirausaha agar mendapat penghidupan yang layak.
3.      Kesiapan perubahan (readiness to change): perubahan perilaku yang terjadi karena adanya proses internal (readiness) pada diri seseorang. Proses internal pada diri seseorang sangatlah variatif.
CARA MELAKUKAN PERUBAHAN.
Cara melakukan perubahan dengan menyesuaikan diri pada lingkungan sekitar kita dan diri pribadi dalam konteks Iman, Pribadi, Media, Massal dan Mengubah Haluan, seperti:
1.      Sholat/ Doa. Merupakan senjata pertama-tama untuk mengubah situasi yang sedang berlangsung (pembawa ide dapat berada di dalam maupun di luar organisasi kemasyarakatan). Berdoa merupakan cara yang pertama dan dapat dilakukan oleh semua orang yang percaya dengan adanya Sang Pencipta.
2.      Memanfaatkan diri sendiri dengan menghidupi perubahan itu. Kita terkadang tidak sadar bahwa sesungguhnya diri sendiripun bisa menjadi icon perubahan di tengah-tengah masyarakat. Terlebih ketika kita suka berbaur dan bergaul dengan masyarakat sekitar. Asalkan yang kita bawa adalah kebenaran niscaya perubahan itu berjalan melambat tapi pasti.
3.      Pesan terbuka lewat media online (pembawa pesan dapat berada di dalam maupun di luar sistem yang sudah ada sebelumnya).
4.      Debat terbuka melalui forum masyarakat atau melalui media komunikasi, baik cetak, audio, audio visual dan online (pelaku berada di luar objek/ organisasi yang ada).
5.      Dengan membuat organisasi yang baru atau sistem yang baru sebagai pesaing dari perkumpulan yang dianggap kurang baik sebelumnya (yang memberikan gagasan merupakan bagian dari kelompok yang sudah ada sebelumnya lalu mengeluarkan diri).


Daftar Pustaka :
·                     Anonim. 2018. Dalam website https://en.oxforddictionaries.com/definition/life-changing (diakses pada  Desember 2018)
·                     Anonim. 2017. 13 Contoh Perubahan Perilaku Manusia Dari Waktu Ke Waktu. https://materiips.com/contoh-perubahan-perilaku-manusia (diakses tanggal 7 Desember 2018)
·                     (Alwin, Lase. 2016. 10 Cara Melakukan Perubahan, Manfaat Mengubah Diri & Akibat Tidak Mampu Menerima Perubahan - Manajemen Perubahan. lasealwin.com Dalam: https://lasealwin.com/2016/10/24/9-cara-melakukan-perubahan-8-manfaat-mengubah-diri-8-akibat-tidak-mampu-menerima-perubahan-manajemen-perubahan/ (diakses tanggal 7 Desember 2018).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar