Minggu, 09 Desember 2018

Going Global Citizent

LKMM UMB Kampus A (Villa Hambalang, 10 - 11 Desember 2018)

Berikan Testimoni/Saran/Kritik dan Komenar untuk Setiap Sesi (Enam Sesi)

Sesi 1 Belajar Karakter dari Tokoh-tokoh Sukses

Simak tayangan video yang bersumber dari Channel YouTube Najwa Shihab berikut. Karakter sukses apa saja yang dimiliki oleh Arfian Fuadi (D'Tech Engineering), William Tanuwijaya (Tokopedia) dan Achmad Zaki (Bukalapak)  yang dapat menjadi inspirasi untuk tujuan sukses kita semua, baik sukses pribadi maupun sukses organisasi. Berikan pembahasan singkat ! Posting dibagian komentar (di bawah) laman ini.

Video 1 (Arfian Fuadi/D'Tech Engineering).




Video 2 (William Tanuwijaya/Tokopedia dan Achmad Zaki/Buka Lapak)

66 komentar:

  1. Nama saya Fauziah Rahmawati dari UKM MBEC
    Tanggapan saya mengenai video tersebut dapat diambil pengetahuan baru yaitu bahwa ide dan kreatifitas sangat dibutuhkan. Salah satu ciri CEO di indonesia adalah orang yang memiliki modal. Tetapi dua orang pendiri dan CEO dari media online tersebut hanya bermodalkan kreatif. Dan achmad zaky mengatakan orang yang menjadi sukses adalah orang yang tidak hanya memikirkan mengenai finansial. Dan william Tanuwijaya selaku CEO TOKOPEDIA mengatakan bahwa sukses berawal dari kegagalan, keberanian dan kegigihan. Saat ini orang yang kaya dan sukses adalah mereka yang kreatif dan memiliki ide. Karena saat ini kita hidup di era digital. Dengan ide dan kreatifitas kita mampu menghasilkan finansial.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk sesi 2 materi yang diberikan ibu Irma sangat bermanfaat, karena kita diajarkan untuk mengenal diri sendiri dan apa permasalah dalam organisasi dibuka dan dipaparkan. Dan cara ibu Irma sangat baik sehingga mahasiswa merasa senang.

      Hapus
    2. Sesi 3 yang diisi olrh Pak Faldo Maldini sangat bermanfaat. Karena beliau memberikan kita pengetahuan yang efektif untuk permasalahan UKM, karena beliau pernah menjadi ketua BEM. Untuk cara penyanpaiannya sangat baik. Tegas, jelas dan bermanfaat.

      Hapus
    3. Sesi 4 yang diisi oleh Pak Kasiyo sangat bermanfaat, karena masih banyak mahasiswa yang belum mengetahui apa itu SKP dan bagaimana cara menguploadnya serta permasalahan yang ada di SKP seperti tidak dapat sertifikat dan kehilangan sertifikat atau bukti. Materi yang di berikan sangat bermanfaat

      Hapus
    4. Sesi 5 yang diisi oleh Ibu Irma sangat bermanfaat. Karena disesi tersebut kita diajarkan untuk menbuat program kerja yang kebih inovatif dan berdasarkan atas kebutuhan orang lain bukan hanya sebatas kebutuhan UKM. Ibu Irmas juga sangat baik dalam menyampaikan materi, begitu menyeluruh dan tersamoaikan dengan jelas. Cara penyampaiannya sangat asik.

      Hapus
    5. Sesi 6 yang diisi oleh Pak irfan menyenangkan. Suasananya lebih santai karena kita sharing section. Dan materinya relevan dengan kondisi yang ada

      Hapus
  2. pemaparan bapak atep sangat mengesankan kan ya, penyampaiannya bersinergi dengan lingkungan dan keterjadian yang ada di dalam lingkungan universitas. namun yang disayangkan materinya tidak terlalu menyeluruh melainkan hanya membahas 1 bagian itu saja tanpa menyebar ke berbagai aspek.
    kemudian, untuk para ceo, mereka memiliki karakter sukses masing-masing yang sangat mempengaruhi keberlangsungan usaha yang mereka jalankan. ceo bukalapak dengan kerja kerasnya yang tiada tara lalu ceo tokopedia yang percaya diri dengan ide gilanya sampai semua ide yang mereka keluarkan itu terwujud.

    BalasHapus
  3. Pada sesi ini saya menjadi tau tentang karakter diri dan cara berfikir modern untuk sukses.

    BalasHapus
  4. Nama saya Fenny Rossa Leni dari UKM MENWA
    Saran : untuk sesi pertama ini lebih ke teknis sebaiknya ada operator yang membantu untuk keberlangsungan acara sesi 1 , sehingga Tidak mengganggu jobdesk dari moderator.
    Tanggapan untuk pak atep :
    Luar biasa sekali materi yang dipaparkan mengenai karakter,analisis serta kunci kesuksesan,jadi kami sebagai mahasiswa mendapatkan ilmu tambahan mengenai bagaimana cara mengubah nasib dengan membentuk karakter yang positif dan berani untuk berargumentasi secara positif dan objektif serta mengerluarkan ide " kreatif yang kami miliki.

    Tanggapan untuk video :
    Dari video yang ditampilkan saya dapat mengambil kesimpulan bahwa kesuksesan itu datang dari diri kita sendiri dengan semangat yang keras dan keberanian serta kegigihan yang kita lakukan akan membawa kita pada kesuksesan , seperti yang diutarakan oleh Ahmad zaki " di era digital tidak perlu memikirkan capital, eksperimen, keturunan , tetapi coba dengan kerja keras, kreatifitas serta komitmen lah yang akan membawa kepada kesuksesan sebuah Bisnis yang akan kamu buat. Dan bisa menjual ide ide yang kita miliki, karena kita berada pada era digital yang dituntut untuk KREATIF.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesi 2 :
      Pada sesi ini diisi oleh dosen yang luar biasa yaitu ibu irma, dia dosen psikologi saya dan dia sangat hebat memberikan motivasi dan semangat kita dalam bagaimana cara kepemimpinan, cara mengenali potensi diri dengan memberikan kunci" nya , serta cara memberikan manfaat bagi orang lain hingga cara analisa SWOT. Dan metode yang digunakan sangat menyenangkan.membuat orang termotivasi untuk melakukannya.

      Hapus
    2. Sesi 3
      Pak Faldo Maldini
      Orang yang hebat, banyak tips " dan informasi" yang didapatkan darinya bagaimana untuk menjadi ukm / ukk yang berhasil dan hebat dengan beberapa cara - cara yang diberikannya.

      Hapus
    3. Sesi 4
      Pak kasio
      Banyak pengetahuan yang didapatkan bagaimana cara memasukan skp ke sia dan informasi lain tentang berurusan dengan kemahasiswaan.

      Hapus
    4. Sesi 5
      Ibu Irma
      Banyak manfaat yang kami dapatkan , yaitu mengetahui apakah program yang akan kami buat itu adalah kebutuhan yang dibutuhkan mahasiswa. Sehingga kami bisa membuat sebuah program kerja yg sesuai dengan apa yg diinginkan oleh para mahasiswa.

      Hapus
    5. Sesi 6
      Pak irfan
      Materi yang disampaikan sangat bermanfaat untuk kita para mahasiswa bahwa jika ingin menjadi juara itu kita harys berusaha serta komitmen dan yang terpenting ingin menjafi juara itu kita harus punya pola yang benar,
      Saran
      sedikit ngantuk pada sesi ini mungkin bisa dipindahkan pada sesi 2 atau 3.

      Hapus
    6. Sesi 7
      Pak agoeng hardianto
      Pemateri yang luar biasa , dia coaching marketing yang mengajarkan kita banyak hal dari cara " duduk, berdiri, menatap orang , dan membuat kita berfikir untuk menyiapkan masa depan kita di era kita sekarang.
      Mantap

      Hapus
  5. Saya aditya yudhistira dari ukm sepak bola
    Tanggapan saya untuk sesi 1 adalah cukup baik karena membuka paradigma mahasiswa.
    Apabila ada ide kita yang di anggap gila maka disitu lah peluang yang besar terdapat.
    Makadari itu kita harus bersikap kreatif akan sesuatu hal.
    Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya Aditya yudhistira dari ukm sepka bola
      Tanggapan saya untuk sesi 2 adalah baik karena kami di berikan pemahaman bahwa tidak semuanya masalah berasal dari luar melainkan dari diri sendiri

      Hapus
    2. Saya Aditya yudhistira dari ukm sepak bola
      Tanggapan saya untuk sesi 3 adalah sangat baik karena kami diberikan pengetahuan agar membuat proposal untuk pengajuan dana agar cepat di terima dan di acc serta dana nya langsung cair dan diberitahukan bagaimana cara agar anggota yang baru bergabung tidak menghilang

      Hapus
    3. Saya Aditya Yudhistira dari ukm sepak bola
      Tanggapan saya untuk sesi 4 adalah
      Sangat sangat baik karena diberikan tatacara untuk pengisian skp dan itu merupakan hal yang sangat penting sekali

      Hapus
    4. Saya aditya yudhistira dari ukm sepak bola
      Tanggapan saya mengenai sesi 5 adalah
      Baik karena kami bisa berkolaborasi dengan ukm/ukk yang memiliki tujuan yg sama dengan memperhitungkan analisis swot dan kami juga jadi mengetahui seberapa pentingkah dan apa yang di butuhkan oleh mahasiswa/i

      Hapus
    5. Saya Aditya yudhistira dari ukm sepak bola
      Tanggapan saya untuk sesi 6 adalah
      Baik karena kami diberitahukan cara agar sukses karena orang sukses memiliki pola dan kami di beritahukan cara agar meraih mimpi tersebut

      Hapus
    6. Saya aditya yudhistira dari ukm sepak bola
      Tanggapan saya untuk sesi 7 dari bapak agoeng hardianto adalah
      Cukup baik karena kami diberikan wawasan yang luas dan diberikan motifasi seperti
      SUSAH hanya untuk sesorang yang tidak mengetahui caranya.
      Lalu ada tips agar meraih sukses yaitu
      1.pebesar kapasitas
      2.perkuat kompetensi
      3.perluas jaringan

      Terimakasih.

      Hapus
    7. Saya Aditya yudhistira dari ukm sepak bola
      Tanggapan saya untuk sesi 6 adalah
      Baik karena kami diberitahukan cara agar sukses karena orang sukses memiliki pola dan kami di beritahukan cara agar meraih mimpi tersebut

      Hapus
  6. Saya Muhammad Rafli dari UKM Pencak Silat
    Tanggapan saya untuk sesi 1 cukup baik materi yg disampaikan jelas namun ada baiknya terjadi interaksi dua arah tidak hanya dari narasumber.
    Untuk video yang ditampilkan sangat inspirasi, mempelajari orang sukses dari hidup dan pedomannya sehari hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya Muhammad Rafli dari UKM Pencak Silat
      Dari sesi 2 yang dapat ditanggapi tentang materinya sangat interaktif, konunikasi yang disampaikan berlangsung dua arah sehingga terasa ada interaksi yang terbangun. Materi tentang program kerja yang dipaparkan sangat jelas

      Hapus
    2. Untuk sesi 3 materi oleh Bapak Faldo Maldini mudah dimengerti. Beliau juga menyampaikan tips dan trik dalam pengajuan proposal

      Hapus
    3. Pada sesi 4 materi tentang penyampaian SKP oleh Bapak Kasiyo sangat membantu dalam mengisi satuan poin prestasi yang sudah ada

      Hapus
    4. Pada materi yang disampaikan Bapak Irfan beliau menjelaskan tentang prestasi UKM itu berjalan sesuai dengan effort. Talenta yang didukung dengan effort akan menghasilkan prestasi yang seimbang. Jangan jadikan kekurangan sebagai hambatan dalam berprestasi namun jadikan sebagai motivasi

      Hapus
  7. untuk sesi 2 sangat atraktif ya penyampaian materinya dan materinya sangat bermanfaat bagi kita sebagai mahasiswa, baik itu kepemimpinan maupun bagaimana kita menilai diri kita sendiri sebelum menilai orang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk sesi 3 penyampaiannya sangat santai tapi bisa mengena materinya kepada mahasiswa. mungkim kekurangannya hanya keterbatasan waktu karena pak faldo sangat banyak pengalaman sehingga perlu banyak waktu untuk menguliknya lebih dalam

      Hapus
    2. untum sesi 4, pak kasiyo penyampaiannya sangat detail, padat dan jelas mengenai skp. alhamdulillah, jadi tahu bagaimana menilai sertifikat dan pengunduhan sertifikat skp tersebut.

      Hapus
    3. alhamdulillah di sesi ke 5, saya jadi tahu apa yang menjadi kelemahan sebuah organisasi dan bagaimana cara menanggulanginya. self development harus dilakukan dalam membangun organisasi sehingga organisasinya bisa berjalan dengan baik.

      Hapus
    4. penyampaian materi oleh pak irfan di sesi 6 sangat bermanfaat untuk menumbuhkan rasa organisatoris untuk mahasiswa khususnya yang bergerakn di bidang ukm. dimana pak irfan mengajak mahasiswa untuk menumbuhkan rasa kepentingan dan manfaat yang bisa kita dapat dari organisasi tersebut. tidak lupa juga untuk selalu menunjukkan diri kalo kita bisa, bisa untuk juara dan membanggakan organisasinya.

      Hapus
    5. sesi 6 disampaikan dengan elegan berikut pula dengan implementasi atas materi tersebut yang sangat bermanfaat untuk pengetahuan dan pengembangan keuangan anak anak millenials.

      Hapus
  8. Saya agung setiawan dari UKK OASE. Untuk sesi 1 dan seterusnya sebaiknya disediakan operator juga jadi moderator bisa fokus dengan tugasnya dan untuk pemaparan materinya membuat saya mengerti bagaimana mengubah mindset bisnis saya serta mengenal karakter karatker masing masing orang.
    Untuk videonya dri pihak bukalapak ataupun tokopedia mempunyai satu pengalaman yg berharga yaitu dengan kita komitmen dengan apa yg kita bangun kita bisa memetik hasilnya di suatu haruli nanti dan dizaman sekarang yang terpenting adalah ide ide yg dianggap gila

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk sesi 2 disini saya disini saya benar benar mengerti bahwa masalah internal organisasi solusinya juga dari diri kita sendiri dan bukan sepenuhnya salah orang lain dan saya jadi bisa berdiskusi dengan ukm yg kegiatanya sama dengan ukk oase.

      Hapus
    2. Untuk sesi 3 pak faldo maldini saya mendapatkan bnyak tips tip untuk membuat ukm kita menjadi maju,yaitu dengan mengajarkan pengajuan proposal yg tepat seperti apa/kpan/dan bagaimana.

      Hapus
    3. Untuk sesi 4 pak kasio memberikan informasi yg berguna bagi kami agar kami tau dan tatacara mengisi SKP

      Hapus
    4. Sesi 5 saat sesi ini yg di pandu bu irma saya jadi tau bagaimna memperbaiki proker yang baik dan benar. Sesi ini mengajarkan saya membangun proker yg berguna bagi masyarakat.

      Hapus
  9. Saya Muhamad Shobri Kurniawan dari ukk bulutangkis
    Untuk sesi 1 materi yang di sampaikan oleh pemateri sangat memotivasi sekali khususnya sebagai pemuda pada era modern saat ini.agar pemuda era sekarang lebih berani memunculkan ide ide yang kreatif dan inovatif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya Muhamad Shobri Kurniawan dari ukk bulutangkis.
      Untuk sesi 2 materinya sangat membantu sekali untuk solusi masalah masalah dari diri kita sendiri maupun orang lain yg ada dalam ukk/ukm agar lebih baik lagi.

      Hapus
    2. Saya Muhamad Shobri Kurniawan dari ukk bulutangkis.
      Untuk sesi 3 yang di sampai kan oleh pak Faldo Maldini sangat membantu sekali khususnya untuk membuat proposal yang baik beserta cara bagaimana proposal tersebut di terima.

      Hapus
    3. Saya Muhamad Shobri Kurniawan dari ukk bulutangkis.
      Untuk sesi 4 yang di sampaikan oleh pak Kasiyo sangat penting sekali untuk mengatahui gimana cara untuk meng-upload SKP.dan kita mengatahui point' point' mana saja SKP yg penting bagi kita sendiri.

      Hapus
    4. Saya Muhamad Shobri Kurniawan dari ukk bulutangkis.
      Untuk sesi 5 yang di sampaikan Bu Irna sangat baik sekali di karenakan UKK dan UKM bisa berkolaborasi membuat suatu inovasi baru yang di mana sangat bagus sekali untuk kemajuanan UKK dan UKM di universitas Mercu buana.

      Hapus
  10. Saya Fandy Nurrahman perwakilan UKM MBEC, Materi pertama dalam keorganisasian kampus yang disampaikan oleh Pak Atep, cukup jelas dari segi materi yang membahas tentang karakter organisasi itu sendiri ditentukan oleh kepengurusan itu sendiri dan bagaimana ormawa menjadi batu loncatan untuk sukses di masa depan, cara mengubah pola pikir ke yang lebih baik sehingga menumbuhkan kreatifitas, sampai sifat sifat untuk mendulang kesuksesan, sangat bermanfaat mengembangkan diri, dan sedikit masukkan untuk Bapak Atep mungkin banyak pengulangan materi yang terdapat pada presentasi tersebut, bisa persingkat jadi tidak banyak membuang waktu. Terima Kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya Fandy Nurrahman perwakilan dari UKM MBEC. Sesi materi ke-2 yang disampaikan oleh Ibu Irma, untuk lebih mengenal diri sendiri dan mendevelop pemikiran tentang permasalah yang terjadi dan lebih fokus untuk memperbaiki diri, fokus pada kendali internal, dan cara memposisikan diri untuk meng-influence orang orang di sekitar kita, seperti memahami kebutuhan orang lain dan menyusun target kolaborasi dengan orang lain sehingga bisa menciptakan ide baru dengan hanya berdiskusi. Secara keseluruhan sudah bagus dan menyenangkan

      Hapus
    2. Saya Fandy Nurrahman perwakilan dari UKM MBEC. Sesi 3 yang disampaikan oleh Bapak Faldo Maldini, tentang manfaat UKM terhadap BEM Kampus dan juga universitas, penjelasan mengenai faktor yang mendukung UKM dan pengurusnya menjadi berkualitas dengan menetapkan cita cita UKM setinggi tingginya, membuat suatu program kerja yang unik dan tidak biasa hingga kiat kiat mendapatkan sponsor dengan detail seperti timing pengajuan, dan strategi mengajukan keproposal kepada alumni UKM sendiri, mengajarkan saya banyak hal dalam dunia sponsorship dan juga telah menjawab pertanyaan saya tentang perlakuan dan cara memotivasi anggota baru di organisasi. Materi yang disampaikan sangat baik, saran untuk acara, mungkin perpanjangan waktu untuk narasumber terkenal dan berkarakter kuat, perlu ditambahkan :)

      Hapus
    3. Saya Fandy Nurrahman perwakilan dari UKM MBEC. Sesi ke-4 yang disampaikan oleh Pak Kasiyo tentang informasi pengisian SKP dan kategori poin SKP, kegiatan apa saja yang memiliki poin besar, dan cara pengajuan sertifikat yang telah diupload dan penyerahan sertifikat asli ke direktorat kemahasiswaan untuk penyetujuan. Sudah lengkap dan bisa di mengerti semua materi tentang SKP, dan mungkin waktunya bisa diperpanjang untuk penyampaian tata cara pengajuan dana. Terima Kasih.

      Hapus
  11. Saya Kristian Bayu S perwakilan dari UKK BULUTANGKIS, Untuk Sesi 1 Materi dari yang Pak Atep Afia sampaikan saya masih kurang memahami tapi setelah saya melihat video yang di tayangkan tadi saya sangat setuju dan mendukung. Dimana kita harus memiliki karakter yang aneh untuk membuat hal baru, tapi saran saya sebaiknya menggunakan kata-kata yang sederhana agar mudah dipahami. Terima Kasoh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya Kristian Bayu S perwakilan dari UKK BULUTANGKIS, untuk materi ke-2 yang di bawakan oleh Bu Irma H.A,dimana kita sebagai seorang pemimpin atau pengurus harus mengubah internal diri kita terlebih dahulu baru eksternal karna hal itu akan lebih mudah di perbaiki dan kita akan memunculkan sebuah ide yang kreatif yang dapat di publikasikan. Terima kasih

      Hapus
    2. Materi untuk Sesi ke-3 , dibawakan oleh Pak Faldo Maldini, saya mendapat sebuah wawasan baru dan cara untuk membuat atau mengajukan sebuah proposal untuk supaya apa yang ingin kita buat dapat terlaksana. Terima Kasih

      Hapus
    3. Untuk Sesi ke-4, Dibawakan oleh Bu Irna H.A, dimana kita dibuat menjadi sebuah kelompok untuk membuat sebuah proker yang luar biasa, dari beberapa UKM yang ada, cuma ada saran sebaiknya waktunya jangan sedikit supaya makin banyak ide kreatif yang bisa dikeluarkan. Terimakasih

      Hapus
  12. Saya Ahmad Dzahabi perwakilan dari UKM Japan club, Tanggapan saya untuk sesi 1 adalah cukup baik karena materi yang di berikan oleh pak Atep Afia dan vidio yang di tampilkan sangat memotifasi saya,
    Kita harus memiliki ide yang out of the box agar bisa memperoleh peluang yang lebih besar dan agar berbeda dengan org lain.
    Maka dari itu kita harus bersikap kreatif dan inovatif untuk menemukan peluang-peluang yang baru yang tidak difikirkan oleh kebanyakan orang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanggapan saya untuk sesi 2 yang diberikan Bu Irma H.A, kita harus mengubah internal diri kita terlebih dahulu agar mempermudah memberikan efek ke eksternal, hal itu lebih mudah di perbaiki karena dari diri kita sendiri bukan orang lain.

      Hapus
    2. Tanggapan saya untuk sesi 3 yang diberikan
      Pak Faldo Maldini, saya banyak di berikan arahan-arahan yang dapat saya gunakan untuk mengelola organisasi saya, agar organisasi saya dapat menjadi organisasi yang baik, sukses dan efisien dalam menjalankan program kerja yang akan di laksanakan nantinya.

      Hapus
  13. Saya Selviana Arsawati W. T perwakilan dari UKM Protestan, untuk materi sesi pertama yang disampaikan oleh Pak Atep, saya cukup memahami tentang analisis karakter sukses untuk mendirikan organisasi bisnis, yg dimana bisa mengetahui seberapa penting karakter, sikap, kebiasaan dan cara berpikir dalam pribadi masing² untuk membangun organisasi, dan untuk video yg ditayangkan sangat menginspirasi yg mana ide, inovasi, dan kreativitas sangat penting di persaingan usaha saat ini. Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan untuk materi sesi kedua yang disampaikan oleh Bu Irma H.A, sangat memotivasi untuk mengubah cara olah pikir yang selama ini selalu melihat kesalahan dari eksternal diri bila proker tidak terlaksana dengan baik,sedangkan kita harus dahulukan kesalahan dari internal diri kita, dan bisa mengetahui bagaimana cara analisa swot, dan yang dimana sangat menyenangkan bisa mempraktekkan secara langsung dengan teman kita lainnya.Terima Kasih

      Hapus
    2. Untuk materi sesi ketiga yang disampaikan oleh Pak Faldo Maldini, banyak diberikan motivasi untuk membangun organisasi lebih baik dan memberikan cara-cara untuk bisa mengajukan proposal dengan program kerja yang di ajukan.Terima Kasih

      Hapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Saya Megi Irianti Pariakan dari UKM Protestan, untuk materi sesi 1 yang disampaikan oleh pak Atep sangat bagus, dimana pertumbuhan karakter didalam organisasi sangat diperlukan. Untuk video sangat memotivasi agar semakin kreativ diera saat ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk sesi 2 yang disampaikan oleh Ibu Irma H.A, kita diajarkan untuk tidak menyalahkan kesalahan eksternal yang sering terjadi bila proker kita tidak terlaksana. Tetapi alangkah baiknya kita melihat lagi kesalahan internal yang mungkin kita tidak sadari bahkan disepelekan.

      Hapus
  16. Saya Afriani Widyaningrum dari UKK Marching Band Mercu Buana, untuk sesi 1 yabg disampaikan oleh Bapak Atep Afia Hidayat sangat bermanfaat, dimana pada sesi ini menjelaskan pentingnya analisis karakter dalam sebuah organisasi, bagaimana cara prmbinaan karakter, dan 14 karakter unggul yang harus dimiliki seseorang jika ingin menjadi seseorang yang sukes.

    BalasHapus
  17. Saya krisdiantoro UKM PRAMUKA
    Materi yang diberikan oleh bapak agung sangat lah menarik.ini karena materi yang disampaikan oleh beliau berkaitan dengan bagaimana cara untuk memperbaiki diri agar bisa mencapai semua impian yang kita impikan. Semakin memberikan pandangan pada diri kita untuk segera memperbaiki diri sejak dini untuk mencapai kesuksesan yang diimpikan

    BalasHapus
  18. Saya Muhammad Rifki dari UKM Pencak Silat.
    Menurut saya materi yang diberikan oleh Bapak Atep sudah sangat memfasikitasi kebutuhan pada acara LKMM kali ini. Berkaitan dengan video yang diatas, kita dapat simpulkan bahwa menjadi sukses bukan hanya terpaku kepada satu sikap saja namun juga sikap serta aspek lain nya yang sesuai dengan kemampuan & bakat kita. Kedepannya dari acara LKMM ini saya & rekan-rekan mudah-muhdahan menjadi sosok seperti para founder aplikasi yang sukses di indonesia.

    BalasHapus