Minggu, 09 Desember 2018

Berperilaku Adil


Oleh : Erlangga Maulana Sakhi (@K02-Erlangga)

            Secara bahasa Adil mempunyai arti meletakkan sesuatu pada tempatnya, tidak memihak ke salah satu pihak, bersikap prorporsional, dan memihak kepada yang benar. 
Kemudian secara istilah, pengertian dari perilaku terpuji adil yaitu menetakpkan suatu kebenaran terhadap dua masalah atau beberapa masalah untuk dipecahkan sesuai dengan aturan-aturan yang telah ditetapkan.

            Terdapat banyak jenis adil, diantaranya adalah :

1.      Berlaku adil kepada Allah SWT.

Maksud dari berlaku adil kepada Allah adalah menjadikan Allah sebagai satu-satunya Tuhan yang berhak disembah.Kita harus yakin bahwa nikmat yang kita terima selama hidup di dunia ini adalah pemberian dari Allah swt. Maka berbuat adil dalam arti berlaku proporsional kepada Allah adalah dengan memenuhi hak-Nya

Hak Allah swt adalah disembah, dan kewajiban kita adalah menyembahnya. Ini bisa dilakukan dengan menjalankan segala perintah-Nya, dan menjauhi segala larangan-Nya.

2.      Berlaku adil kepada diri sendiri

Maksud dari perilaku adil terhadap diri sendiri adalah meletakkan diri pribadi pada tempat yang bak dan juga tempat yang benar. Dimana kita harus memenuhi kebutuhan baik jasmani maupun rohani sesuai dengan norma-norma syariat. Contoh berlaku adil terhadap diri sendiri, makan makanan yang halal dan baik. Istirahat yang cukup, tidak menyiksa diri sendiri seperti mentato, minum alkohol, narkoba, dan lain sebagainya.

3.      Berlaku adil kepada orang lain

Maksud dari berlaku adil kepada orang lain artinya adalah meletakkan orang lain pada tempat yang seharusnya. Berperilaku adil kepada orang lain harus kita lakukan, dan itu kita lakukan kepada semuanya tidak terkecuali bahkan kepada musuh atau orang yang kita benci. Contoh berlaku adil kepada orang lain yaitu, tidak menghukum orang lain dengan berlebihan (tidak sesuai dengan besar kesalahannya), tidak mengejek dan menghina karena kita pasti juga tidak mau bila di ejek atau dihina oleh orang lain.

4.      Berlaku adil kepada makhluk hidup yang lain (hewan dan tumbuhan) serta lingkungan

Maksud dari berlaku adil yang ke empat ini adalah kita harus menyayangin dan merawat hewan atau tumbuhan serta lingkungan yang ada disekitar kita. Terlebih lagi apabila kita memelihara hewan seperti burung, kelinci, kucing atau yang lainnya maka kita harus berbuat adil, diantaranya dengan merawatnya dengan sebaik-baiknya, memberikan makan dan minum setiap hari, tidak menyiksanya dan lain sebagainya.

Benyak sekali manfaat yang dapat didapatkan dari berperilaku adil atau memiliki sikap adil. Diantaranya adalah dalam kehidupan sehari-hari adalah : Hati merasa lebih tenang, Hidup rukun dan aman, Meningkatkan disiplin, Jauh dari permusuhan, Disukai banyak orang, Tidak ada perasaan iri dan masih banyak lagi.

Jadi dapat disimpulkan bahwa memiliki sikap adil menjadi wajib hukumnya untuk menjadi pemimpin, bagaimana tidak kita harus mampu berperilaku adil dengan orang lain atau saat memberikan perintah jika kita menjadi pemimpin. Namun sebelum kita mampu berperilaku adil kepada orang lain, alangkah baiknya kita mampu adil kepada diri kita sendiri. Belajar dari hal terkecil sekalipun dan selalu ingat kalau sukses itu butuh proses.


DAFTAR PUSTAKA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar