Rabu, 12 September 2018

MENGENAL POTENSI DIRI UNTUK MEWUJUDKAN MIMPI




Pada dasarnya setiap manusia memiliki kekuatan dan potensi masing-masing. Tapi sampai saat ini masih banyak yang belum menyadari potensi di dalam dirinya sendiri. Padahal potensi setiap orang sangat menunjang kesuksesan hidupnya jika diasah dengan baik. Maka dari itu, setiap orang harus bisa mengenali potensi di dalam dirinya sendiri.
Potensi diri itu sendiri adalah kemampuan dasar seseorang yang terpendam dan dapat dikembangkan melalui seperangkat proses. Potensi diri dapat digali dengan tahap mengenali diri. Bagaimana kita akan dapat menggali potensi dalam diri kita, tanpa kita mengetahui seperti apa diri kita sendiri.

MENGENAL POTENSI DIRI

1.      Kenali diri sendiri
Coba buat daftar pertanyaan, seperti: apa yang membuat Anda bahagia; apa yang Anda inginkan dalam hidup ini; apa kelebihan dan kekuatan Anda; dan apa saja kelemahan Anda. Kemudian jawablah pertanyaan ini secara jujur dan objektif. Mintalah bantuan keluarga atau sahabat untuk menilai kelemahan dan kekuatan Anda.

2.      Tentukan tujuan hidup                      
Tentukan tujuan hidup Anda baik itu tujuan jangka waktu pendek maupun jangka panjang secara realistis. Realistis maksudnya yang sesuai dengan kemampuan dan kompetensi Anda.

3.      Kenali motivasi hidup
Setiap manusia memiliki motivasi tersendiri untuk mencapai tujuan hidupnya. Coba kenali apa motivasi hidup Anda, apa yang bisa melecut semangat Anda untuk menghasilkan karya terbaik, dan sebagainya. Sehingga Anda memiliki kekuatan dan dukungan moril dari dalam diri.

4.      Hilangkan negative thinking
Buanglah pikiran-pikiran negatif yang bisa menghambat langkah Anda mencapai tujuan. Setiap kali Anda menghadapi hambatan, jangan menyalahkan orang lain. Lebih baik coba evaluasi kembali langkah Anda mungkin ada sesuatu yang perlu diperbaiki. Kemudian melangkahlah kembali jika Anda telah menemukan jalan yang mantap.

MENGGALI POTENSI DIRI

1.      Percaya diri. Kurangnya percaya diri bisa menghilangkan kesempatan Anda untuk menggali potensi diri Anda, akan tetapi tidak menghilangkan potensi.
2.      Hobi dan minat. Cobalah gali potensi yang sejalan dengan minat Anda, akan tetapi jangan lupakan yang bukan minat Anda.
3.      Pergaulan. Pintar-pintarlah dalam bergaul, karna pergaulan membawa pengaruh besar dalam diri kita.

MEWUJUDKAN MIMPI
Impian merupakan inti dari kesuksesan. Berawal dari sebuah impian, maka kesuksesaan bisa terwujud. Setiap orang pasti memiliki impian untuk mewujudkan mimpi-mimpinya. Namun kebanyakan orang tak sadar bahwa dirinya memiliki potensi besar dalam meraih impiannya. Potensi besar tersebut terpenuhi dari kekuatan yang ada dalam diri pribadi kita. Untuk itu kita harus bisa mendorong kekuatan diri sendiri dalam meraih impian. Mendorong kekuatan diri yang dimaksud adalah mengeksplor diri sendiri untuk menangkap kesuksesan.

1.      Menjadi kreatif
Kreativitas kuncinya. Pastikan Anda bisa menyadari impian Anda. Tujuan-tujuan lebih mudah tercapai begitu Anda mulai bergerak mendekatinya.

2.      Anggap impian adalah tujuan.
Anggaplah impian itu tujuan Anda. Tujuan bisa dikerjakan; impian, sebaliknya, hanya produk turunan dari fantasi dan angan-angan khayalan.

3.      Menjadi diri sendiri, bukan menjadi orang lain
Kesuksesan tidak akan pernah bisa terwujud jika anda tidak bisa menjadi diri sendiri. Ketika anda menjadi orang lain, maka anda sebenarnya sedang berbohong pada diri sendiri dengan berpura-pura menjadi pribadi orang lain.

4.      Pantang mundur.
Akan ada halangan dan kesulitan sepanjang perjalanan. Kenali halangan dan kesulitan itu sebagaimana adanya, kemudian adaptasikan tujuan atau rencana Anda untuk menghadapinya, dan teruslah berusaha.

KESIMPULAN :
            Untuk mewujudkan mimpi, kita harus berani melangkah lebih jauh. Maka dari itu, ketahuilah diri sendiri terlebih dahulu, ketahuilah minat dan bakat dalam diri anda dengan cara mengembangkan potensi di dalam diri kita yaitu dengan mengenal dan menggali potensi diri kita, maka kalian akan lebih mudah untuk bisa mewujudkan impian kalian. Teruslah berusaha dan jangan pernah menyerah untuk mewujudkan mimpi-mimpi tersebut.

DAFTAR PUSTAKA
Sarwono, Ahmad. 2013. Menggali potensi diri. Dan http://sarwana09.blogspot.com/2013/01/menggali-pontensi-diri.html
Hadi, Syamsul. 2014. Mengenali dan Menggali Potensi diri. Dan https://www.maribelajarbk.web.id/2014/12/mengenali-dan-menggali-potensi-diri.html
Tito susan bella. 2016. Mendorong kekuatan diri sendiri dalam meraih impian. Dan http://mediacerita.com/mendorong-kekuatan-diri-sendiri-meraih-impian/

1 komentar:

  1. @J11-Denny

    Komentar: Isi dari artikel dapat pembaca pahamai bahwa mengenal potensi diri sangat diperlukan agar setiap individu dapat menjadi orang yang berguna terhadap sesama manusia. Mind Mapping dibuat sangat ramai dan padat serta background putih yang sangat sederhana. Bahasa yang digunakan sangatlah dapat dipahami.

    BalasHapus