Rabu, 12 September 2018

MENGENAL DIRI SENDIRI

Oleh : Natalia Esteriani Kambey (K17-Natalia)


Definisi
Mengenal diri sendiri adalah mengetahui potensi dan kelemahan yang ada dalam diri kita, sehingga kita bisa meningkatkan potensi kita maupun mengurangi kelemahan kita. Banyak orang yang tidak mengenal diri mereka, padahal mengenal diri sendiri sangat penting untuk mengembangkan diri kita menjadi lebih dewasa dan berdampak baik bagi banyak orang.


Ada banyak manfaat saat kita mengenal diri kita, diantaranya :
1.Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan
Saat kita mengenal diri kita sendiri, kita bisa mengembangkan kelebihan kita dan mengurangi kekurangan kita.
2.Mengembangkan Potensi Diri
Mengenal diri sendiri juga memudahkan kita untuk mengembangkan potensi kita, sehingga kita sudah selangkah lebih maju menuju kesuksesan.
3.Lebih Mudah Bersosialisasi
Kita bisa lebih mengenal dan bersoasialisasi dengan orang lain karena kita telah mengenal diri kita sendiri. Sehingga kita bisa saling menyesuaikan kepribadian kita dengan orang lain.
4.Bisa Mengambil Keputusan
Saat kita telah mengenal diri kita sendiri, kita bisa mengambil keputusan dalam cita-cita, organisasi, dan sebagainya yang sesuai dengan diri kita.
5.Menerima Diri Sendiri
Kita bisa mengetahui bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing setelah kita mengenal diri kita. Sehingga, kita bisa menerima diri kita sendiri tanpa merasa iri dengan kelebihan orang lain.

Cara agar kita bisa mengenal diri kita sendiri adalah :
1.Cari tahu hal yang disukai dan tidak disukai
2.Cari tahu hal yang menjadi kelebihan dan kekurangan
3.Bertanya kepada orang-orang di sekitar
4.Melihat tanggapan orang lain terhadap diri kita

Ada banyak orang yang dapat membantu kita mengenal diri kita, diantaranya :
1.Keluarga
Keluarga adalah orang-orang yang ada di lingkungan kita sejak kita masih kecil. Keluarga juga yang selalu bersama kita, sehingga merekalah yang paling tau tentang kita. Untuk itu kita bisa bertanya pada mereka tentang diri kita.
2.Teman
Teman adalah orang yang selalu bersama kita saat kita senang maupun sedih, tempat kita curhat, dan menceritakan berbagai hal. Sehingga teman bisa mengenal dan menilai kita, kita bisa bertanya kepada teman untuk lebih mengetahui tanggapan mereka tentang diri kita.
3.Media Sosial
Media sosial adalah tempat kita bersosialisasi secara online. Disini juga kita bisa melihat tanggapan mereka kepada kita sehingga kita bisa lebih mengenal diri kita.
4.Lingkungan
Lingkungan tempat kita bersosialisasi mengetahui sikap kita sehari-hari, sehingga kita bisa meminta bantuan untuk lebih mengenal diri kita.

Kesimpulan :
Mengenal diri sendiri sangatlah penting dalam kehidupan kita. Mengenal diri sendiri tentunya memiliki banyak manfaat, salah satunya membuat kita menjadi lebih dewasa. Ada banyak cara untuk mengenal diri kita sendiri, yaitu melihat tanggapan orang lain terhadap kita, bertanya kepada orang di sekitar kita, dan sebagainya. Untuk itu, marilah kita berusaha mengenal diri kita lewat berbagai proses yang ada, sebab semuanya tidak akan sia-sia.


Daftar Pustaka :

  • Psikologi Mania. 2016. Fakta 7 Manfaat Pentingnya Mengenali Diri Sendiri, [online], (http://www.psikoma.com/pentingnya-mengenali-diri-sendiri/, diakses tanggal 12 September 2018)

2 komentar:

  1. Materi yang di sampaikan pada artikel bagus, letak dan penyusunan kata yang benar, mindmap kurang kelihatan tulisannya

    BalasHapus