Minggu, 30 September 2018

Disipin Kunci kesuksesan

Dibuat Oleh : K23-Nofiyanto


Abstrak : Disiplin berawal dari diri sendiri, itu sangatlah wajib. Karena segala sesuatunya disiplin itu akan percuma jika tidak diawali dari diri sendiri. Kebanyakan orang-orang pada umumnya hanya mampu mendisiplinkan dirinya sendiri, tapi ada juga yang minoritas mampu mendisiplinkan diri sendiri dan orang lain, dan juga hanya mampu mendisiplinkan orang lain saja. Tiga kategori ini yang akan menjadi pilihan bagi setiap diri dari manusia. Pertama, orang yang mampu mendisiplinkan diri sendiri dan orang lain, biasanya dimiliki oleh orang-orang yang berpotensi untuk menjadi pemimpin, atau atasan yang mempunyai target dan tujuan yang jelas.


Pengertian Disiplin
Disiplin adalah rasa taat dan patuh terhadap nilai yang dipercata dan menjadi tanggung jawabnya. Dengan kata lain disiplin adalah patuh terhadap peraturan atau tunduk pada pengawasan dan pengendalian. Sedangkan pendisiplinan adalah sebuah usaha yang dilaksanakan untuk menanamkan nilai atau pemaksaan supaya subjek mentaati sebuah peraturan. Disiplin merupakan sikap yang selalu tepat janji, sehingga orang lain percaya karena modal seseorang dalam wirausaha adalah mendapat kepercayaan dari orang lain. Disiplin berasal dari bahasa latin Discere yang artinya belajar. Disiplin asalnya dari bahasa Inggris yaitu “disciple” yang artinya pengikut atau murid.



Tujuan Disiplin :
  • -          Memperbaiki kebiasaan kebiasaan
  • -          Menghargai waktu
  • -          Melatih diri menjadi pemimpin
  • -          Menjadi pribadi yang baik



Manfaat Disiplin
Manfaat dari sikap disiplin adalah sebagai berikut:

1)       Tumbuhnya Kepekaan
Anak yang tumbuh menjadi pribadi yang peka/berperasaan halus dan percaya pada orang lain. Sikap ini bisa memudahkan dirinya mengungkapkan perasaanya kepada orang lain, termasuk orang tuanya. Sehingga anak akan mudah menyelami perasaan orang lain juga.

2)       Tumbuhnya Kepedulian
Dengan disiplin membuat anak menjadi mempunyai integritas, selain bisa memikul tanggung jawab, dapat memecahkan masalah dengan baik, cepat dan mudah.

3)       Mengajarkan Keteraturan
Seorang anak akan bisa mempunyai pola hidup yang teratur dan dapat mengelola waktu yang dimilikinya dengan baik.

4)       Menumbuhkan Ketenangan
Berdasarkan penelitian menunjukkan bayi yang tenang/ jarang menangis ternyata dapat memperhatikan lingkungan sekitarnya dengan baik. Ia juga lebih cepet berinteraksi dengan orang lain pada tahap berikutnya.

5)       Tumbuhnya Kemandirian
Dengan belajar mandiri anak bisa diandalkan agar dapat memenuhi kebutuhannya sendiri. Anak juga bisa mengeksplorasi lingkungan dengan baik. Disiplin adalah bimbingan yang tepat kepada anak agar sanggup atau mampu menentukan pilihan yang bijak.



Macam-macam Kedisiplinan
Pada dasarnya disiplin muncul dari kebiasaan hidup dan kehidupan belajar dan mengajar yang teratur serta mencintai dan menghargai pekerjaannya. Disiplin merupakan proses pendidikan dan pelatihan yang memadai, untuk itu guru memerlukan pemahaman tentang landasan Ilmu kependidikan akan keguruan sebab saat ini banyak terjadi erosi sopan santun dan erosi disiplin. Macam-macam bentuk disiplin juga terbagi menjadi:

1)       Disiplin dalam menggunakan waktu
Maksudnya bisa menggunakan dan membagi waktu dengan baik. Karena waktu amat berharga dan salah satu kunci kesuksesan adalah dengan bisa menggunakan waktu dengan baik

2)       Disiplin diri pribadi
Apabila dianalisi maka disiplin menganung beberapa unsur yaitu adanya sesuatu yang harus ditaati atau ditinggalkan dan adanya proses sikap seseorang terhadap hal tersebut. Disiplin diri merupakan kunci bagi kedisiplinan pada lingkungan yang lebih luas lagi. Contoh disiplin diri pribadi yaitu tidak pernah meninggalkan Ibadan lepada Tuhan Yang Maha Kuasa

3)       Disiplin Sosial
Pada hakekatnya disiplin sosial adalah Disiplin dari dalam kaitannya dengan masyarakat atau dalam hubunganya dengan. Contoh prilaku disiplin social hádala melaksanakan siskaling verja bakti. Senantiasa menjaga nama baik masyarakat dan sebagaiannya.

4)       Disiplin Nasional
Berdasarkan hasil perumusan lembaga pertahanan nasional, yang diuraikan dalam disiplin nasional untuk mendukung pembangunan nasional. Disiplin nasional diartikan sebagai status mental bangsa yang tercemin dalam perbuatan berupa keputusan dan ketaatan. Baik secara sadar maupun melalui pembinaan terhadap norma-norma kehidupan yang berlaku.


Kesimpulan : sebab melatih diri menjadi disiplin akan mempermudah meraih kesuksesan, karna dengan menghargai waktu akan tercapainya sebuah kesuksesan. dan kesuksesan didapat diraih dengan berusaha, akan tetapi dengan disiplin kesuksesan itu akan datang dengan sendirinya. Maka dari itu marilah kita disiplin diri sejak dini agar kelak berguna bagi nusa dan bangsa

Daftar Pustaka  :
Wandhi . 2018. website https://wandhie.wordpress.com/pengertian-kedisiplinan/ (Di akses pada tangggal 25 september 2018 )

Syuff Ainayya. 2016 . website https://www.kompasiana.com/ (Di akses pada tanggal 25 september 2018) 
Putri Wulandari. 2017 Website https://www.share-disini.com/macam-macam-disiplin-dan-manfaat-disiplin/ (Diakses pada tanggal 30september 2018 )

1 komentar: