Kamis, 27 September 2018

Langkah Membangun SIfat Disiplin

Oleh : Adythia Batubara (J07-Adyhia)

Abstrak
Dispilin adalah salah satu sifat yang dibutuhkan semua orang jika ingin sukses, Namun selama ini sebagian besar orang masih beranggapan bahwa sebuah kedisplinan hanya akan membatasi diri kita utuk memiliki kebebasan.
Hal inilah yang sering membuat seseorang merasa berat untuk mulai berdisplin. Dan lebih memilih melakukan kegiatan sesuai dengan keinginan hatinya. Lalu bagaimana caranya untuk membangun sifat disiplin ?

1. Temukan Motivasi
Motivasi datang ketika kita menyadari bahwa apa yang kita lakukan tidak berguna, kita bisa mencoba dengan meyakinkan diri dengan memulai dari hal kecil untuk menjadi lebih baik, lakukan hal yang tidak begitu menyakitimu, dorong diri keluar dari zona nyaman, dan latihan disiplin diri terus menerus.
2. Aksi Kecil
Mulalilah kebiasaan dari hal kecil daripada langsung melakukan rencana besar. Misal jika kita ingin berolahraga, maka mulailah lari hanya 10 menit, jika kita terus menerus fokus, mka kita akan semakin bak dalam melakukan disiplin diri.
3. Latihan Yang Tidak Nyaman
Biasanya kita memilih untuk melakukan hal yang mudah dan nyaman. Cobalah untuk menghadapi hal yang tidak nyaman dan berhenti mencari distraksi yang menyenangkan.
4. Perhatian Pada Tugas
Jika kita ingin menemukan alasan untuk menunda pekerjaan dengan cara melakukan hal lain, katakan pada diri kita bahwa pilihanyya adalah melakukan pekerjaan utama atau diam. Maka kita akn sadar bahwa keinginan menunda pekerjaan akan hilang.
5. Latihan Dengan Jeda Waktu
Cobalah untuk memulai latihan dengan memberi waktu jeda 5 menit unuk istirahat setelah fokus mengerjakan tugas selama 15 menit. Kita bisa melatih dalam beberapa kali interval dalam waktu 2 jam.
6. Fokus Terhadap Orang Lain
Temukan alasan kita melakukan hal tersebut untuk orang lain.
7. Kemenangan Dalam Keberhasilan dan Kekalahan
Orang sering merasa bahwa ketika mereka gagal, mka merekea sudah merusak seluruh rencana. padahal,gagl juga bagian dari kemenangan karena berarti ia telah mencoba.
8. Dapatkan Dukungan
Banyak orang merasa malu jika mereka meminta dukungan. Padahal dengan menunjukan sisi buruk kita ke orang lain, orang tersebut justru akan mencintai dan mempercayaimu lebih dalam.

Kesimpulan 
Meningkatkan disipli diri tidak akan bisa dijalankan tanpa konsitensi. Jika ditambah motivasi yang terjaga dengan baik, Maka jalan kita dalam mencapai target bakal lebih mudah, Kita pun bisa mncul dengan karakter yang lebih penuh disiplin dalam menggapai masa daepan yang gemilang

Daftar Pustaka

Dwi,Agus.2018.Tips Pengembang Diri
Dalam : https://www.tipspengembangandiri.com/cara-meningkatkan-disiplin-diri/

Hariyanto.2010.Belajar Psikologi
Dalam : http://belajarpsikologi.com/menumbuhkan-sikap-disiplin-diri/

Seva.2017.Medium
Dalam : https://medium.com/@sevaspace/membangun-disiplin-diri-dari-sekarang-d0749743414

1 komentar:

  1. @J06-Razan
    Terimakasih atas infonya. Isi nya sangat bagus.. namun kurang rapih saja tata letaknya.

    BalasHapus