Kamis, 27 September 2018

Melatih kedisiplinan diri

@J21-Gusti @ProyekJK03



ABSTRAKSI


Disiplin merupakan istilah yang sudah memasyarakat diberbagai instansi pemerintah maupun swasta. Kita mengenal adanya disiplin kerja, disiplin lalu lintas, disiplin belajar dan macam istilah disiplin yang lain. Disiplin secara etimologi berasal dari bahasa latin “ disibel” yang berarti pengikut. Seiring dengan perkembangan bahasa, kata tersebut mengalami perubahan menjadi ‘disipline” yang artinya kepatuhan atau yang menyangkut tata tertib. Berbeda dengan pendapat yang menyatakan bahwa disiplin berasal dari bahasa latin “Disciplina” yang berarti latihan atau pendidikan kesopanan dan kerohanian serta pengembangan tabiat. Jadi sifat disiplin berkaitan dengan pengembangan sikap yang layak terhadap pekerjaan. Sekarang ini kata displin telah berkembang mengikuti kemajuan ilmu pengetahuan, sehingga banyak para ahli baik ahli bahasa maupun sosial dan etika dan estetika memberikan definisi yang berbeda-beda.

Macam-Macam / Jenis-Jenis Disiplin
Disiplin dibagi beberapa macam atau jenis, yaitu diantaranya:
  1. Disiplin Dalam Menggunakan Waktu
Adalah dapat menggunakan dan membagi waktu dengan baik. Karena waktu sangat berharga dan salah satu kunci kesuksesan adalah dengan bisa menggunakan waktu sebaik mungkin.
  1. Disiplin Dalam Beribadah
Adalah senantiasa beribadah dengan aturan-aturan yang terdapat didalamnya. Kedisiplinan disini sangat diperlukan, Allah SWT senantiasa menganjurkan hamba-Nya untuk disiplin, sebagai contoh firman Allah SWT.
  1. Disiplin Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara
Kedisiplinan adalah suatu hal yang sangat menentukan dalam proses pencapaian tujuan pendidikan, jika terjadi erosi disiplin maka pencapaian pendidikan akan terhambat, diantaranya faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah sebagai berikut:
    • Faktor tuntutan materi lebih banyak. Untuk menutupinya maka berbagai jalan ditempuh.
    • Munculnya selera beberapa manusia yang ingin terlepas dari ikatan dan aturan serta ingin bebas sebebasnya.
    • Pola dan sistem pendidikan yang sering berubah
    • Motivasi belajar yang menurun dari peserta didik dan para pendidik
    • Peraturan yang ada terlalu longgar

Tujuan Disiplin
Menurut Ellen G White, disiplin mempunyai tujuan sebagai berikut:
  • Perintah atas diri
  • Menaklukan kuasa kemauan
  • Memperbaiki kebiasaan-kebiasaan
  • Mengajarkan menghormati orang tua dan Ilahi
  • Penurutan atas dasar prinsip
  • Menghancurkan benteng setanSedangkan menurut Emile Durkheim, tujuan disiplin adalah sebagai berikut:
  • Untuk mengembangkan suatu keteraturan dalam tindakan manusia
  • Untuk memberikan sasaran tertentu sekaligus membatasi cakrawala

Manfaat Disiplin
Manfaat dari sikap disiplin adalah sebagai berikut:
  • Tumbuhnya Kepekaan
    Anak yang tumbuh menjadi pribadi yang peka/berperasaan halus dan percaya pada orang lain. Sikap ini bisa memudahkan dirinya mengungkapkan perasaanya kepada orang lain, termasuk orang tuanya. Sehingga anak akan mudah menyelami perasaan orang lain juga.
  • Tumbuhnya Kepedulian
    Dengan disiplin membuat anak menjadi mempunyai integritas, selain bisa memikul tanggung jawab, dapat memecahkan masalah dengan baik, cepat dan mudah.
  • Mengajarkan Keteraturan
    Seorang anak akan bisa mempunyai pola hidup yang teratur dan dapat mengelola waktu yang dimilikinya dengan baik.
  • Menumbuhkan Ketenangan
    Berdasarkan penelitian menunjukkan bayi yang tenang/ jarang menangis ternyata dapat memperhatikan lingkungan sekitarnya dengan baik. Ia juga lebih cepet berinteraksi dengan orang lain pada tahap berikutnya.
  • Tumbuhnya Rasa Percaya Diri
    Sikap ini berkembang ketika anak diberi sebuah kepercayaan untuk melakukan suatu pekejraan yang dapat ia kerjakan dengan sendiri.
  • Tumbuhnya Kemandirian
    Dengan belajar mandiri anak bisa diandalkan agar dapat memenuhi kebutuhannya sendiri. Anak juga bisa mengeksplorasi lingkungan dengan baik. Disiplin adalah bimbingan yang tepat kepada anak agar sanggup atau mampu menentukan pilihan yang bijak.
  • Tumbuhkan Keakraban
    Dengan kemampuan beradaptasi yang terus diasah, anak akan menjadi lebih cepat akrab dan ramah terhadap orang lain.
  • Membantu Perkembangan Otak
    Ketika anak berusia 3 tahun, pertumbuhan otak sangat pesat, disini dia menjadi peniru perilaku yang piawai. Ia bisa mencontoh dengan sempurna tingkah laku orang tua yang disiplin, dengan sendirinya akan membentuk kebiasaan dan sikap yang positif.
  • Membantu Anak Yang “Sulit”
    Terkadang pada anak yang berkebutuhan khusus kita lupa mereka juga membutuhkan penanganan khusus, dengan disiplin untuk menekankan keteraturan anak yang berkebutuhan khusus dapat hidup lebih baik.
  • Menumbuhkan Sikap Patuh
    Dengan disiplin anak akan menuruti aturan yang ditetapkan orang tua atas kemauan sendiri.

7 tips efektif melatih kedisiplinan diri
1.      Mulailah dengan langkah kecil
2.      Pelajari apa yang memotivasi Anda dan apa pemicu kebiasaan buruk Anda
3.      Pelajari juga apa yang memberikan energi untuk memotivasi diri Anda
4.      Membuat perilaku tertentu rutinitas atau kebiasaan
5.      Berlatih untuk mengatakan tidak
6.      Terlibat dalam olahraga atau aktif secara social
7.      Dapatkan inspirasi dari orang-orang yang inspiratif

Kesimpulan

Disiplin berasal dari bahasa latin “Disciplina” yang berarti latihan atau pendidikan kesopanan dan kerohanian serta pengembangan tabiat. Jadi sifat disiplin berkaitan dengan pengembangan sikap yang layak terhadap pekerjaan. Sekarang ini kata displin telah berkembang mengikuti kemajuan ilmu pengetahuan, sehingga banyak para ahli baik ahli bahasa maupun sosial dan etika dan estetika memberikan definisi yang berbeda-beda. Walaupun beberapa ahli memberikan pendapat yang berbeda tapi pada intinya bahwa disiplin adalah bertingkah sesuai dengan norma yang berlaku pada lingkungan dan tempat tertentu.

Daftar pustaka

Nawa, kang. 2015. makalah tentang disiplin. Dalam http://bahanuntukmakalah.blogspot.com/2015/11/makalah-tentang-disiplin.html diunduh pada (27 september 2018).

 

Seputar pengetahuan. 2017. Pengertian Disiplin, Tujuan, Macam, Manfaat, Contoh Disiplin Terlengkap. Dalam https://www.sepengetahuan.co.id/2017/08/pengertian-disiplin-tujuan-macam-manfaat-contoh-disiplin.html diunduh pada (27 september 2018).

Tips&cara. 2016. 7 tips efektif melatih kedisiplinan diri. Dalam http://sharetipsdancara.blogspot.com/2016/01/7-tips-efektif-melatih-kedisiplinan-diri.html diunduh pada (27 september 2018).

1 komentar:

  1. @J20-Fadilah

    Artikelnya cukup bagus ,sangat membantu saya memotivasi diri menjadi lebih disipilin

    BalasHapus