Rabu, 12 September 2018

Kenalilah Dirimu Sendiri

Disusun oleh : Fierdian Nuchriza
@K18-Fierdian


Pertanyaan “Siapakah Aku?.” jarang terlintas dalam benak kita. Ini juga jarang mengusik di waktu - waktu senjang. Rutinitas pekerjaan, beragam tanggungjawab dari keluarga, hubungan sosial dengan teman, sanak saudara, dan tetangga menyita banyak waktu. Dengan alat komunikasi yang selalu ada di tangan ini membuat hampir tidak ada waktu untuk merenungkan siapa diri kita.

Pada dasarnya, setiap manusia pasti ingin mengembangkan dirinya sendiri menjadi lebih baik dan lebih matang dari sebelumnya bukan?. Hal ini tidak dapat tercapai jika tidak ada kemauan untuk berupaya mengembangkan kepribadian dalam diri kita sendiri.

Banyak orang berpikir dan selalu beranggapan bahwa mengenal lebih banyak orang akan memberikan peluang untuk membuka jaringan yang lebih luas. Namun terkadang lupa mengenali diri sendiri sehingga potensi maupun kelemahan tidak teridentifikasi dengan baik. Akhirnya apa yang menjadi kekuatan sulit dimaksimalkan dan terkesan tertutupi.

Terkadang kita terlalu sibuk untuk bergaul dan mencari serta mengenal sebanyak - banyaknya orang disekitar kita. Kita pun disibukan dengan mencari - cari kelemahan orang lain akan tetapi lupa pada diri sendiri akhirnya yang terjadi justru tidak mengenali diri sendiri bahkah tidak menjadi diri sendiri. Belajar mengakui kelemahan tidak membuat kita menjadi lemah dihadapan orang lain dan dari sinilah kemampuan kita akan semakin terasah.

Manfaat dan Tujuan Mengenal Diri
  1. Diharapkan mampu mengelola diri, menerima diri apa adanya, mengembangkan kekuatan dan mengatasi kelemahan dengan baik
  2. Tumbuhnya kesadaran seseorang untuk memahami dan mengenali dirinya serta mampu mengembangkan kemampuannya
  3. Usaha seseorang merealisir banyak kemungkinan (potensial) tentang dirinya harus didasarkan pada kenyataan faktual dirinya.
Cara Mengenal Diri, melalui
  1. Sejarah perkembangan diri (evolusi perkembangan fisik, masa pranatal-4 tahun dengan menanyakan pada orang tua)
  2. Penelusuran bakat dan kepribadian (melalui tes; setiap orang, selain merupakan perpaduan dari berbagai tipe, juga memiliki sifat dominan dan khas)
  3. Pengalaman sehari-hari; sabar/tidak dalam antrian, kegigihan dalam mengejar cita, ketekunan dalam menjalankan tugas, kesetiaan menepati janji, kepekaan terhadap lingkungan, dll. Tinjau kembali pengalaman - pegalaman tersebut
  4. Kebersamaan dengan orang lain; untuk membandingkan dengan orang lain, apa perbedaan - persamaan dan di mana kekhususan kita; bagaimana diri kita (sikap, tutur kata, dll)
  5. Kaca mata orang lain; penilaian orang lain lebih obyektif
  6. Tes psikologi
Konsep diri mencakup 3 aspek, yaitu :
1.      Pengetahuan
2.      Harapan diri
3.      Penilaian diri.

Tidak usah berpikir muluk - muluk, tulis saja apapun yang muncul pertama kali di pikiran Anda saat mendengar pertanyaan di bawah (spontan), tidak ada jawaban yang benar atau salah, jangan menjawab dengan "saya tidak tahu", jawablah saja apapun itu.

Jawablah 15 pertanyaan berikut:
1.      Apa kelebihan saya?
2.      Apa kekurangan saya?
3.      Apa yang saya suka?
4.      Apa yang saya tidak suka?
5.      Apa yang paling penting bagi hidup saya?
6.      Siapa orang yang paling penting dalam hidup saya?
7.      Apa arti kesuksesan bagi saya?
8.      Apa yang membuat saya bahagia?
9.      Apa yang membuat saya tidak bahagia?
10.  Siapa seseorang atau figur yang saya anggap sebagai pahlawan?
11.  Saya adalah orang yang ...
12.  Saya ingin menjadi orang yang ...
13.  Saya ingin orang lain menganggap saya sebagai orang yang ...
14.  Apa yang membuat saya takut?
15.  Kenapa saya tidak bisa mendapatkan apa yang saya inginkan?

Ok saya sudah melakukan kiat - kiat yang disarankan dan menjawab pertanyaan - pertanyaan di atas, jadi apa yang harus saya lakukan selanjutnya?

Simpel sekali, lakukanlah apa yang membuat Anda bahagia, gunakan kelebihan Anda sesering mungkin, hindari hal-hal yang membuat Anda tidak bahagia, hindari kelemahan Anda, dan itulah arti dari ”Mengenal Diri Sendiri”.

Daftar Pustaka
·       Azizah, Iim. 2012. Mengenal Diri Sendiri. https://iimazizah.wordpress.com/2012/10/22/mengenal-diri-sendiri/. Diakses (12 September 2018).
·       Wandik, Didimus. 2018. Mengenal Diri Sendiri. https://www.kompasiana.com/didimuswandik8413/5b7abdecbde575591b1ad9e6/mengenal-diri-sendri. Diakses (12 September 2018).
·       Famella, Dien. 2017. Mengenal Diri Sendiri Langkah Awal Menuju Kesuksesan Kita. https://www.kompasiana.com/dienfamella/5995624118112a4a7708d122/mengenal-diri-sendiri-langkah-awal-menuju-kesuksesan-kita. Diakses (12 September 2018).





1 komentar:

  1. Natalia Esteriani Kambey (K17-Natalia)

    Artikelnya sangat bagus dan memotivasi pembaca untuk mau mengenal diri sendiri. Mindmapnya juga mudah dimengerti, dan kiat-kiatnya sangat bermanfaat dan mempermudah pembaca mengenal diri sendiri.

    BalasHapus