Kamis, 27 September 2018

Mari Hidup Disiplin

OLEH : Dwi Arif Rahman (K10-DWI)


Assalamualaikum Wr.Wb

·         Pengertian disiplin menurut para ahli

Pengertian disiplin menurut Hougton adalah pola perilaku yang diharapkan akan menghasilkan karakter tertentu, khususnya menghasilkan peningkatan moral dan mental yang lebih teratur. Disiplin adalah kontrol diperoleh dengan menegakkan kepatuhan atau perintah. Disiplin militer adalah sebuah metode yang sistematis untuk memperoleh ketaatan.(Hougton)


Pengertian disiplin menurut Merriam adalah ketertiban pola perilaku serta pengendalian diri terhadap aturan atau sistem aturan yang berlaku.(Merriam)

Pengertian disiplin menurut Blaine adalah kontrol diri atas kemauan dan keinginan dasar yang lebih. Disiplin pada dasarnya sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari dikarenakan hidup seseorang akan menjadi lebih teratur dan sistematis sesuai dengan aturan dan norma yang berlaku di lingkungan masyarkat.(Blaine)

Jadi disiplin adalah rasa taat dan patuh terhadap nilai yang dipercata dan menjadi tanggung jawabnya. Dengan kata lain disiplin adalah patuh terhadap peraturan atau tunduk pada pengawasan dan pengendalian. Sedangkan pendisiplinan adalah sebuah usaha yang dilaksanakan untuk menanamkan nilai atau pemaksaan supaya subjek mentaati sebuah peraturan.

·         Cara menerapkan disiplin

1.    Niat

Semua dimulai dari niat. Jika kita niat ingin menjadi orang sukses, pasti kita tersadar untuk melakukan hal-hal yang menyangkut tentang disiplin. Yang penting niatnya harus tulus dan kuat.

2.    Tidak menganggap remeh segala sesuatu

Jadikan diri kita untuk tidak menganggap remeh segala sesuatu. Anggap bahwa segala sesuatu itu adalah penting. Semakin penting sesuatu, maka sikap disiplin akan muncul dengan sendirinya. Namun, banyak orang yang malas melakukan disiplin pada hal-hal tertentu Mereka mengganggap remeh dan kecil, sehingga mengganggapnya seperti angin lalu yang tidak butuh untuk diperhatikan

3.    Kesadaran hati dan diri

Pikirkan sejenak apa yang sudah kita lakukan sejauh ini. Ingat-ingat kembali apakah loyalitas yang kita lakukan untuk disiplin sudah tinggi. Ambil sebuah kesadara dalam hal ini. Ingat bagaimana kita menerapkan disiplin dalam berbagai hal tanpa terkecuali. Kalau kita sudah merasa cukup, disiplin bisa ditingkatkan lagi. Jika kurang, sebaiknya kita harus berubah untuk maju dan mengambil langkah yang mantap untuk menerapkan disiplin.

4.    Komitmen

Setidaknya kita harus punya komitmen dalam segala hal kehidupan ini. Begitu juga dengan disiplin, sebuah komitmen akan membakar semangat yang menggebu-gebu untuk melakukan disiplin tanpa ada rasa ragu sekali pun. Sehingga disiplin yang sudah kita bentuk tidak goyah ataupun lepas begitu saja jikalau ada masalah besar yang menghampiri.


5.    Membiasakan Diri
Bila Anda selama ini terlena dengan hidup yang cenderung santai dan 'lihat nanti deh', maka perlu penyesuaian yang akan Anda alami jika sudah memasukkan unsur disiplin dalam kehidupan Anda sehari-hari. Bisa jadi orang-orang di sekitar Anda berseru, "Wah, tumben jadi disiplin, biasanya nggak," jadikan hal tersebut pemacu bahwa Anda telah separuh jalan dalam pencapaian penerapan disiplin.

·         Manfaat disiplin
1.    Lebih Tertib atau teratur dalam melaksanakan sesuatu.
2.    Kita akan merasa lebih percaya diri dalam melakukan pekerjaan.
3.    Lebih bisa bertanggung jawab pada pekerjaan.
4.    Terlihat baik di mata orang lain.
5.    Lebih peka terhadap kepedulian terhadap sesama.
6.    Merasa lebih Relax/tenang.

·         Macam – macam disiplin

1.  Disiplin Waktu
Disiplin waktu merupakan disiplin terhadap waktu. Dari waktu sekolah kita sudah diajarkan tentang disiplin waktu. Entah kita menyadarinya atau tidak, kita sudah diajarkan disiplin waktu dengan tidak datang terlambat pergi ke sekolah. Tidak hanya ke sekolah saja, disiplin waktu bisa kita terapkan pada kehidupan sehari hari seperti janji pada orang atau dengan datang tidak terlambat ke tempat kerja.

2.  Disiplin Peraturan
Disiplin peraturan adalah perilaku disiplin terhadap peraturan yang berlaku baik di sekolah, tempat kerja maupun tempat umum. Contoh sederhana disiplin terhadap peraturan bisa kita lakukan mulai dari parkir di tempat yang telah di sediakan, mentaati rambu rambu lalu lintas dan lain lain.

3.   Disiplin Bersikap
Disiplin dalam bersikap bisa kita lakukan dengan mengontrol emosi kita, tidak tergesa gesa dalam mengambil keputusan, serta bersikap adil. Disiplin bersikap kita harus benar benar belajar mengontrol diri kita yang tidak jarang banyak godaan yang mengganggu.

4.   Disiplin Beribadah
Kita hidup di negara indonesia pasti mempunyai Agama. Walaupun ada enam agama yang kita kenal, disiplin beribadah bisa dilakukan oleh masing masing penganut Agama.

Wassalamualaikum Wr.Wb



DAFTAR PUSTAKA
·         Anonim, 2017. “Pengertian disiplin menurut para ahli” https://www.sekolahpendidikan.com/2017/08/20-pengertian-disiplin-menurut-para.html
·         Gilang, 2011. “Cara menerapkan disiplin” https://www.vemale.com/lentera/8254-cara-membangun-disiplin-diri.html
·         Wulandari, 2017. “Manfaat disiplin” https://www.share-disini.com/macam-macam-disiplin-dan-manfaat-disiplin/


1 komentar:

  1. Artikelnya menarik dan sangat bermanfaat, isinya pun sudah sangat lengkap, saran saya agar judulnya dibuat lebih menarik. (@K09-Nia)

    BalasHapus