Kamis, 27 September 2018

Kesuksesan berawal dari disiplin


Oleh: K01-Irvin (Muhammad Irvin r)

Disiplin merupakan perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya merupakan tanggung jawabnya. Pendisiplinan adalah usaha usaha untuk menanamkan nilai ataupun pemaksaan agar subjek memiliki kemampuan untuk menaati sebuah peraturan. Bisa kita ambil contoh tentang disiplin yaitu taat dan patuh terhadap peraturan lalu lintas . seiring perkembangan zaman kata disipline mengalami perubahan arti yaitu kepatuhan atau menyangkut dengan hal tata tertib .


Mengapa disiplin suatu keharusan dalam hidup ?

Alasannya kenapa sampai saat ini masih banyak orang gagal mendapatkan apa yang dia inginkan dalam hidup karena bisa jadi kurang nya nilai kedisiplinan seseorang , inilah kenapa disiplin perlu di tegakan dalam diri kita .
1.    Disiplin akan membuatmu bertanggung jawab.
Pada akhirnya kamu jadi orang yang bisa diandalkan. Karena kamu tahu tanggung jawab dan bisa dipercaya. Ini akan memberikan peluang padamu untuk lebih maju dari hidupmu sebelumnya. Dengan keteraturan, kamu bisa hidup lebih baik.

2.    Disiplin akan mengarahkanmu pada visi yang jelas.
Yang artinya kamu tidak hidup sembarangan dan semaumu sendiri. Kamu paham bahwa semua hal di dunia ini itu bukan tentang kamu saja. Makanya kamu jadi punya visi yang jelas tentang hidupmu. Apa yang mau kamu lakukan dan tujuan hidupmu.

3.    Semua pekerjaan akan terselesaikan dengan benar kalau kamu punya kedisiplinan.
Kamu tidak akan diliputi kebingungan tentang mana yang harus kamu lakukan dulu kalau kamu disiplin. Justru kamu akan mencatat sesuai kepentingannya masing-masing, dan mengikuti daftar tersebut dalam eksekusinya. Kamu lebih bisa menyelesaikan tanggung jawabmu kalau kamu disiplin.

4.    Kamu kana jauh dari kata stress karna kamu tau apa yg akan kamu ambil langkah berikutnya.
Kalau kamu disiplin, kamu jadi tahu apa yang harus kamu lakukan sekarang dan nanti. Kamu bisa menempatkan semuanya sesuai skala prioritas yang kamu tentukan. Kamu tidak akan keluar dari jalur yang benar dan itu akan menghindarkanmu dari stres. Kamu sudah melakukan hal yang benar dan itu yang paling penting buatmu.

5.    Kamu bisa lebih membagi waktu kapan harus istirahat dan kapan waktunya kerja.
Kalau kamu disiplin, kamu bukan hanya bertanggung jawab pada pekerjaanmu tapi pada dirimu sendiri juga. Kamu tahu waktu untuk istirahat, kamu tahu waktu untuk kerja. Kamu akan makan makanan yang sehat dan punya pola hidup yang baik. Karena kamu disiplin, dan itulah yang akan menuntunmu melakukan semuanya secara teratur.

Disiplin adalah salah satu kunci untuk suksesnya kedihupan seseorang maka dari itu sikap disiplin ditanamkan sejak masih kecil maka orang itu akan terbiasa melakukan hal hal disiplin , disiplin juga dapat membangun karakter serta membangun diri pribadi dalam mencapai keinginan ,dengan kedisiplinan yang dibiasakan maka kesuksesan akan menjadi suatu kemungkinan bukan hal yang mustahil .

Manfaat disiplin terhdap kehidupan
1.    Tumbuhnya kepekaan
2.    Tumbuhnya kepedulian
3.    Mengajarkan keteraturan
4.    Menumbuhkan ketenangan
5.    Tumbuhnya rasa percaya diri
6.    Tumbuhnya kemandirian
7.    Tumbuhnya keakraban
8.    Membantu perkembangan otak
9.    Menumbuhkan sikap patuh

Kesimpulannya mari kita tegakan rasa kedisiplinan karena disiplin itu sebuah keharusan untuk menjadikan diri kita menjadi seseorang yang sukses . mulai lah latih kedisiplinan mulai dari sejak kecil maka akan terbawa kebiasaan kebiasaan yang baik kedepannya . kedisiplinan juga menumbuhkan sikap tanggung jawab yang besar terhadap diri kita senidiri dan mengurangi pelanggaran pelanggaran yang terjadi akibat kurang nya rasa kedisiplinan itu sendiri .

Daftar Pustaka

Fakrizhal, 2017, “tujuan disiplin”
Finansialku, 2017, “kedisiplinan diri adalah kunci sukses”
Azasya stella, 2018, “kenapa disiplin itu keharusan dalam hidup”
Anonym, 2018, “pengertian disiplin”


1 komentar:

  1. @J21-Gusti
    Mainmap bagus,materi yang disampaikan cukup singkat padat dan jelas sehingga memudahkan dalam memahaminya.tengkyu

    BalasHapus