Kamis, 27 September 2018

Disiplin Adalah Keharusan


Lintang Gurun Cahyo (@J09-Lintang)
41618010038 
 
“Menjadi disiplin adalah kunci kesuksesan” apakah kalian pernah mendengar kalimat tersebut? Kalimat tersebut sudah terbukti benar. Coba kalian lihat, orang orang yang sukses pasti disiplin. Disiplin waktu, disiplin peraturan, dan disiplin dalam beretika. Lalu apakah orang yang gagal merupakan orang yang tidak disiplin? Mungkin saja, karena orang yang tidak disiplin pasti merugikan dan membuat orang lain malas untuk bekerja sama.

Disiplin sebaiknya dimulai dari diri kita sendiri, setelah kita disiplin sebaiknya kita mendisiplinkan orang lain, bukan hanya mendisiplinkan orang lain saja. Karena jika hanya mendisiplinkan orang, maka kita akan menimbulkan sifat egois dan ingin menang sendiri.

Adapun tujuan dari kita disiplin Menurut Ellen G White yaitu :
· Perintah atas diri
· Menaklukan kuasa kemauan
· Memperbaiki kebiasaan-kebiasaan
· Mengajarkan menghormati orang tua dan Ilahi
· Penurutan atas dasar prinsip
· Menghancurkan benteng setanSedangkan menurut Emile Durkheim, tujuan disiplin adalah sebagai berikut:
· Untuk mengembangkan suatu keteraturan dalam tindakan manusia
· Untuk memberikan sasaran tertentu sekaligus membatasi cakrawala
Menurut Dedi Rainer (2018), ada beberapa manfaat disiplin yaitu:
· Tumbuhnya Kepekaan
· Tumbuhnya Kepedulian
· Mengajarkan Keteraturan
· Menumbuhkan Ketenangan
· Tumbuhnya Rasa Percaya Diri
· Tumbuhnya Kemandirian
· Tumbuhkan Keakraban
· Membantu Perkembangan Otak
· Membantu Anak Yang “Sulit”
· Menumbuhkan Sikap Patuh

Setelah dijelaskan mengenai tujuan dan manfaat disiplin, kita seharusnya sudah sadar akan pentingnya disiplin, karena itu merupakan kunci kesuksesan seseorang. Dan mampu dilatih dan di ajarkan sejak kecil sehingga saat sudah beranjak dewasa sudah memiliki sifat disiplin yang baik. Maka dari itu, mengapa disiplin itu harus? Di kutip dari idntimes.com,  Ada beberapa alasan kita harus disiplin dan bukan malah keras kepala, antara lain :

1. Disiplin akan membuatmu melek tanggung jawab, tidak sembarangan

Jika kita memiliki sifat disiplin, maka dengan sendirinya akan membuat kita ingat akan tangggung jawab. Karena kita ingat untk menyelesaikan tanggung jawab itu dengan kedisiplinan

2. Disiplin akan mengarahkanmu pada visi yang jelas

Dengan disiplin, visi yang kita rencanakan akan berjalan dengan baik dan jelas. Karena, dengan merencanakan sebuah visi dan dilaksanakan dengan kedisiplinan maka kita mencapai visi tersebut

3. Semua pekerjaan yang kamu lakukan, bisa terselesaikan dengan benar kalau kamu punya kedisiplinan

Jika kita disiplin, pekerjaan apapun akan terlaksana dengan baik dan tepat pada waktunya, karena jika telat atau tidak on time maka akan terbayang bayang akan tanggung jawab menyelesaikannya.

Jadi, kesimpulannya adalah jika kita memiliki karakter disiplin maka kita akan mudah dalam melaksanakan tugas apapun atau rencana apapun akan terselesaikan karena merupakan tanggung jawab yang membutuhkan kedisiplinan setiap individu.




Ainayya, Syuff. 2016. Disiplin Berawal Dari Diri Sendiri https://www.kompasiana.com/syiva/56af846bf67e61f20ada6f74/disiplin-berawal-dari-diri-sendiri (diakses pada 25 September 2018)

Anonim. 2018. 7 Alasan Kenapa Jadi Disiplin Itu Keharusan dalam Hidup https://www.idntimes.com/life/inspiration/stella/kenapa-jadi-disiplin-itu-harus/full (diakses pada 25 September 2018)

Rainer, Dedi. 2017. Pengertian Disiplin, Tujuan, Macam, Manfaat, Contoh Disiplin Terlengkap http://www.sepengetahuan.com/2017/08/pengertian-disiplin-tujuan-macam-manfaat-contoh-disiplin.html (diakses pada 25 September 2018)

2 komentar:

  1. @J08-Andika
    Untuk artikel disiplin ini pemaparan materi nya sudah cukup baik tetapi masih terdapat beberapa kekurangan pada kata-katanya mungkin bisa diperbaiki lagi, untuk mindmapnya sudah bagus dan kreatif. Terima kasih

    BalasHapus
  2. @J08-Andika
    Untuk artikel disiplin ini pemaparan materi nya sudah cukup baik tetapi masih terdapat beberapa kekurangan pada kata-katanya mungkin bisa diperbaiki lagi, untuk mindmapnya sudah bagus dan kreatif. Terima kasih

    BalasHapus