Minggu, 20 November 2016

Pengendalian Diri Itu Sangat Bermanfaat

Pentingnya Pengendalian Diri


Dalam keadaan tertentu kita kadang sulit untuk mengendalikan diri sendiri di mana banyak hal yang sangat membuat kita ingin marah dan berontak terhadap sesuatu hal yang membuat kita ingin marah. Pengendalian diri atau disebut juga kendali diri dapat pula diartikan sebagai suatu aktivitas pengendalian tingkah laku. Semua itu timbul karena emosi yaitu perasaan yang timbul dalam diri kita sendiri secara alamiah, yaitu bisa berupa amarah, sedih, senang, benci, cinta, bosan, dan sebagainya yang merupakan efek atau respon yang terjadi dari sesuatu yang kita alami. Meluapkan amarah merupakan hal wajar. Namun terkadang, emosi yang terlalu meluap buat Anda jadi tak terkendali.

·         Tiga langkah yang dapat dicoba untuk menghadapi masalah :

1.       Kembali Melihat Situasi
Untuk mengontrol marah yang berlebihan, coba kembali melihat situasi yang membuat Anda marah. Pikirkan apa penyebabnya. Hal ini membantu seseorang dalam mengendalikan diri mereka.

2.       Analisis Masalahnya
Tanyakan kepada diri sendiri mengapa Anda bisa merasakan marah yang begitu besar dan apa penyebabnya. Dengan mengetahui secara jelas masalah yang ada, Anda bisa memiliki kemampuan untuk mengontrol amarah yang meledak.

3.       Selesaikan Masalah
Bagi sebagian orang, menonton film atau video lucu dapat membuat perasaan lebih tenang. Namun, hasilnya hanya bertahan beberapa waktu saja. "Karena Anda selalu berinteraksi dengan orang lain, terutama orang yang telah membuat Anda sangat marah, maka perasaan itu bisa kembali lagi suatu saat jika tidak diselesaikan

·         Berikut ini adalah 4 cara mengontrol diri agar tidak mudah marah :
1)      Ambil waktu sebentar untuk menenangkan diri
Mengambil waktu sebentar dan cobalah tenangkan diri anda. Jika perlu, istirahat dan menjauhlah dari orang atau situasi sampai amarah Anda mereda sedikit.

2)      Ekspresikan kemarahan anda
Begitu Anda berpikir jernih, ungkapkan amarah Anda dengan cara yang tegas tapi tidak konfrontatif. Tanpa menyakiti orang lain atau mencoba untuk memprovokasi mereka.

3)      Berolahraga sedikit
Olahraga dapat meredakan emosi Anda. Olahraga merangsang berbagai bahan kimia otak yang dapat membuat Anda merasa lebih bahagia dan lebih santai.

4)      Gunakan humor untuk melepaskan ketegangan
Humor dapat membantu meredakan amarah. Jangan menggunakan sindiran, karena itu bisa melukai perasaan orang lain dan membuat situasi semakin buruk.

·         Contoh Sikap Dan Perilaku Pengendalian Diri :

1). Dalam Keluarga
-          Hidup sederhana dan tidak suka pamer harta kekayaan dan kelebihannya.
-          Tidak mengganggu ketentraman anggota keluarga lain.
-          Tunduk dan taat terhadap aturan serta perintah orang tua.

2). Dalam Masyarakat
-          Mencari sahabat sebanyak-banyaknya dan membenci permusuhan
-          Saling menghormati dan menghargai orang lain
-          Mengutamakan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi
-          Mengikuti segara aturan yang berlaku dalam masyarakat

3). Dalam Lingkungan Sekolah Dan Kampus
-          Patuh dan taat pada peraturan di sekolah
-          Menghormati dan menghargai teman, guru, karyawan, dll
-          Berani mengatakan tidak pada ajakan dan paksaan tawuran pelajar / tawuran mahasiswa serta perbuatan tercela
-          Hidup penuh kesederhanaan dan tidak sombong

DAFTAR PUSTAKA :
·         Yordanus Nai, Yohakim. 2012. Bagaimana Cara Mengendalikan Diri. [Online]. Tersedia : http://yohakimn.blogspot.co.id/. (Diakses 16 November 2016).
·         Anonim.2015.PengertianPengendalianDiri.http://seputarpengertian.blogspot.co.id/2015/08/pengertian-pengendalian-diri.html (Diakses 16 November 2016)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar