Minggu, 20 November 2016

Bersemangat Untuk Hidup yang Menyenangkan


Pengertian tentang semangat berhubungan dengan perasaan dan tindakan. Semangat adalah keadaan pikiran ketika batin tergerak untuk melakukan satu atau banyak tindakan. Jadi, semangat itu memiliki fungsi sebagai penggerak batin untuk bertidak. Seseorang yang memiliki semangat bagus, sikap dan perilakunya biasanya terlihat dinamis.

Semangat itu sifatnya spiritual, adalah dimana batin tergerak untuk bertindak.
Semangat juga bersifat angin-anginan, dia terkadang ada dan tidak ada. semangat tidak hanya datang satu kali, bisa puluhan kali atau ratusan kali bahkan lebih. Semangat bisa datang dan pergi berulang kali tanpa bisa dihitung. Jika memang demikian,bagaimana cara mempertahankannya ?

Dan berikut adalah tips nya agar selalu diliputi semangat hidup :

  1. Sibukkan diri dengan kegiatan positif. Dengan kegiatan positif anda akan  terhindar dari zona nyaman yang akan meninabobokan gairah anda.
  2. Carilah teman yang selalu memberikan pengaruh positif, hindari teman yang memberi pengaruh negatif. Ada pepatah yang bilang, "Jika ingin menjadi seorang kiyai bertemanlah dengan seorang kiyai dan jika ingin menjadi seorang pengusaha betemanlah dengan seorang pengusaha". Dalam pengalaman hidup saya sadari banyak sekali pengaruh baik itu positif atau pun negatif dari teman sepergaulan. Alangkah lebih baiknya jika teman kita selalu memberikan pengaruh positif. Tapi semua itu kembali ke pribadi masing-masing. Upayakan agar anda tidak terpengaruh oleh pengaruh negatif teman anda tersebut. Tapi sebaiknya carilah teman yang selalu memberikan pengaruh positif.
  3. Gunakan waktu luang untuk hal-hal positif.  Manfaatkan waktu luang untuk hal-hal yang lebih positif seperti membaca, menulis, berolahraga, melukis, dan lain-lain. Hindari rutinitas negatif seperti, kebanyakan nonton TV, dan mengobrol yang berlebihan.
  4. Miliki lah hobi yang positif. Setiap orang pasti memiliki hobi yang berbeda-beda. Semua itu tidak bermasalah selagi hobi itu bernilai positif bagi hidup kita. Kenalilah apakah hobi yang selama ini bernilai positif bagi hidup anda atau sebaliknya? Jika hobi itu terkesan negatif segeralah ganti dengan kegiatan yang lebih bernilai positif lainnya.
  5. Berdoa dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Tidak dapat di pungkiri lagi bahwa di balik keberhasilan seorang Muhammad SAW adalah berkat kedekatannya dengan Allah. Dengan kita dekat dengan Allah maka segala seseuatunya tidak akan melenceng dari kebenaran karena kita merasa selalu di awasi oleh Allah. Dan sumber kekuatan berasal dari berdoa, karena doa dapat memberikan kekuatan yang luar biasa bagi seseorang apalagi ketika sesorang sedang merasakan sulit. Jika perlu menangislah dalam berdoa karena akan lebih terasa kekuatan doanya
Semoga kita semua senantiasa bersemangat. memahami dan merasakan    arti semangat di hari-hari kita. semangat di setiap waktu dan keadaan di hidup kita. Amiiinnn
DAFTAR PUSTAKA
Anonim. 2012. Arti sebuah semangat. [online]. Tersedia :
Setiawan, wawan. 2012. Tips memiliki semangat hidup. [online]. Tersedia :
Ruslani. 2015. Pengertian tentang semangat. [online]. Tersedia :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar