Selasa, 11 Desember 2018

Bersemangatlah!

Oleh : @K19-Luthfiah

  Semangat akan tumbuh bila ada harapan. Setiap ada harapan, maka di sanalah ada semangat. Kadang kita mencari “semangat” agar kita bisa terus berjalan dan berkarya. Namun sering kali kita juga tidak menemukannya. Alhasil tetap bermalas-malasan serta tidak tahu apa yang seharusnya dilakukan. Jika sudah dalam posisi seperti ini, maka Anda sudah melakukan hal-hal yang tidak produktif dan sia-sia saja.



  Jika mencari semangat, maka Anda perlu mencarinya dalam diri Anda sendiri. Dimana ? Ya ada didalam diri Anda, saat otak dan hati bersatu untuk membentuk suatu keputusan agar kita terus berjalan dan optimis dalam menatap masa depan. Saat otak terasa lelah, maka jadikanlah hati Anda sebagai penyejuk. Yakinkan pada diri apapun masalahnya semua itu bisa diselesaikan dengan baik, dengan cara yang mudah. Karena dengan begitu kita bisa menjadi lebih semangat. Dan jangan lupa untuk melihat apa yang kita punya, bersyukurlah jika masih diberi kesempatan hidup. Karena kita masih bisa melakukan banyak hal. Bayangkan saja jika kita sudah mati, tidak ada yang akan diperjuangkan sama sekali.

Menambah Semangat


   Semangat yang melemah bisa ditambah dengan beberapa hal dibawah ini, diantaranya adalah :

  • Merasa HARUS bertindak
  • Keinginan untuk melakukan sesuatu yang bermakna bagi diri sendiri, keluarga, kerabat dan orang banyak serta alam semesta
  • Perasaan bertanggung jawab
  • Merasa peduli terhadap sesama, dan lain-lain


Mempertahankan Semangat Yang Ada


  Diperlukan tekad yang kuat untuk mempertahankan semangat. Jika sekarang anda merasa sedang memiliki semangat, anda pula seharusnya mengingat-ingat satu kondisi dan situasi dimana semangat itu sedang pergi atau dengan kata lain ketika anda sedang tidak bersemangat, maksudnya adalah agar anda bisa merasakan apa saja perbedaannya, lalu mempertahankan eksistensinya atau bahkan untuk menambah kekuatan dari semangat itu.

   Mempertahankan kehadiran semangat bisa dilakukan dengan memiliki terlebih dahulu tekad yang hebat untuk mempertahankan semangat itu sendiri, lalu meng-arah-kannya agar bisa menghasilkan hal-hal yang produktif dan membuat anda senang. Mengapa demikian ?
Sebab jika semangat itu tidak menghasilkan sesuatu yang menyenangkan, nantinya cenderung biasa-biasa saja bagi anda dalam hal tekad mendapatkan sesuatu, yang seharusnya didukung oleh semangat yang kuat.

Manfaat Semangat
1. Mencapai hasil yang terbaik
2. Pekerjaan menjadi lebih mudah
3. Tidak mudah putus asa
4. Memotivasi orang lain

Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar