Rabu, 21 Desember 2016

Pentingnya Kerjasama





Kerjasama
Kerja sama merupakan sebuah bentuk dari interaksi social yang bersifat asosiatif yaitu hal ini di lakukan oleh dua orang atau lebih dimana mereka memiliki pandangan yang sama untuk mencapai tujuan tertentu. Jadi bisa di katakan jika kerja sama di lakukan oleh kelompok atau perorangan untuk mencapai satu tujuan bersama, dengan kerjasama seseorang akan lebih mudah untuk menyelesaikan sesuatu karena kita memiliki patner atau rekan untuk bertukar pikiran bagaimana sesuatu yang kita kerjakan itu dapat berjalan dan terselesaikan dengan cepat dan dengan hasil yang maksimal. Di dalam kerjasama terdapat nilai-nilai yang sosial yaitu:
1.     Menghargai pendapat orang lain
 Di dalam kerjasama sangat penting untuk mendengar masukan dari rekan kerja kita, dengan masukan-masukan itu kita dapat memperbaiki atau menambah apa yang kiranya perlu diperbaiki, sehinnga kita akan lebih capat dalam mengerjakan pekerjaan. Karena penting bagi kita untuk mendangarkan pendapat orang lain karena itulah gunanya kerjasama, yaitu saling bertukar pikiran antar patner atau rekan.
2.     Tanggungjawab
Di dalam melakukan sesuatu antar rekan memiliki tanggungjawab kepada pekerjaan dan rekannya yang lain untuk memberi konstribusi dalam menyelesaikan pekerjaannya, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan menyelesaikan pekerjaannya dengan tepat waktu. Seseorang tidak akan membiarkan rekannya bekerja sandiri, mereka akan merasa bertanggungjawab untuk mengerjakan pekerjaan itu karena mereka adalah tim, tidak ada tim yang melakukan pekerjaan tanpa ada kerjasama antar rekan yang satu dengan rekan yang lainnya, itulah bentuk tanggungjawab mereka di dalam tim.
3.     Kebersamaan
Orang yang bekerjasama akan merasa dirinya memiliki rasa kebersamaan, tidak akan memutuskan sesuatu dengan sepihak karena mereka sadar bahwa mereka adalah tim, sesuatu yang dilakukan dan dihasilkan itu adalah keputusan bersama, tidak ada rasa mendominasi karena dalam tim semuanya sama, sehingga tidak akan terjadi saling menyalahkan apabila pekerjaannya itu tidak dapat diterima atau tidak memenuhi hasil yang diinginkan.
4.     Kepedulian
 Kerjasama akan menumbuhkan sikap peduli untuk membantu rekannya yang mengalami kesusahan dalam mengerjakan pekerjaannya, peduli antar sesame yang sedang mengalami kesusahan. Kerjasama yang baik akan menghasilkan hasil yang baik, seseorang didunia ini tidak bisa hidup sendiri, karena pada hakikatnya manusia itu saling membutuhkan. Kerjasama yang baik adalah kerjasama yang mengutamakan komunikasi yang baik antar tim, komunikasi yang baik ini menjadi faktor utama karena di dalam kerjasama dibutuhkan shering pendapat atau pertukaran pendapat antar tim. Ingat didalam hidup ini ada waktu kita tersesat dan membutuhkan seseorang untuk membantu kita, karena itu kita sebagai manusia hendaklah bersikap saling menghargai antar sesama sehingga jika kita membutuhkan sesuatu seseorang akan senang hati akan membantu kita.



Cara-Cara Untuk Membina Kerjasama

Sebuah kerjasama dapat dilakukan jika cara yang digunakan sudah tepat, untuk itu pembahasan yang selanjutnya ialah membahas tentang cara membuat kerjasama yang akan di bahas berikut ini.
1.     Menentukan Sebuah Tujuan
2.     Menyiapkan profil
3.     Membuat sebuah pesan yang positif
4.     Menghargai setiap pendapat dan juga kebiasaan rekan kerja
5.     Selalu fokus kepada kualitas
6.     Menawarkan bantuan
7.     Menunjukan antusiasme

Bentuk-Bentuk Kerjasama

Selain bagaimana cara untuk dapat membentuk kerjasama, tetapi ada juga bentuk-bentuk dari kerjasama. Apa saja bentuk tersebut? mari langsung saja kita melanjutkan pembahasan berikut ini.
1.     Tawar menawar atau Bargaining, ialah membentuk kerjasama tentang kesepakatan pertukaran produk atau juga jasa antara dua orang atau juga lebih.
2.     Koalisi atau Coalition, ialah gabungan dari dua lembaga organisasi atau juga lebih yang memiliki tujuan yang sama, mereka bekerjasama agar mencapai tujuan tersebut.
3.     Joint Venture, ialah kerjasama agar mengerjakan proyek-proyek tertentu supaya bisa cepat terselesaikan dan juga tujuan cepat tercapai.
4.     Cooptation, ialah proses kerjasama penerimaan dari berbagai unsur yang baru pada kepemimpinan sebuah organisasi, hal ini bisa dijadikan sebuah cara agar menghindari terjadinya sebuah kecurangan atau juga hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat terjadi.
5.     Atas dasar kerukunan, ialah kerjasama yang didasari karena sebuah kerukunan sesama manusia, biasanya sebuah kerjasama yang didasari kerukunan tidak diharapkan imbalan atau juga upah.

Manfaat Dari Kerjasama

Selain dari penjelasan yang sudah diberikan ada sebuah manfaat yang didapatkan dengan kerjasama, apa manfaat tersebut? mari kita melanjutkan pembahasannya berikut ini.
1.     Dapat mempererat ikatan kerjasama
2.     Menumbuhkan sebuah semangat persatuan
3.     Pekerjaan bisa lebih cepat selesai
4.     Pekerjaan menjadi lebih ringan


Daftar Pustaka
Vidy. 2016. Pengertian Kerjasama. Dalam link http://artikel-az.com/pengertian-kerja-sama/
Nurhayati. 2016. Pentingnya Kerjasama Dalam Kehidupan. Dalam link http://www.kompasiana.com/emy/pentingnya-kerjasama-dalam-kehidupan_570e09fdf19673ce123d52a2


Tidak ada komentar:

Posting Komentar