Kerjasama
Kerja sama merupakan sebuah bentuk
dari interaksi social yang bersifat asosiatif yaitu hal ini di lakukan oleh dua
orang atau lebih dimana mereka memiliki pandangan yang sama untuk mencapai
tujuan tertentu. Jadi bisa di katakan jika kerja sama di lakukan oleh kelompok
atau perorangan untuk mencapai satu tujuan bersama, dengan kerjasama seseorang akan lebih mudah untuk menyelesaikan sesuatu
karena kita memiliki patner atau rekan untuk bertukar pikiran bagaimana sesuatu
yang kita kerjakan itu dapat berjalan dan terselesaikan dengan cepat dan dengan
hasil yang maksimal. Di dalam kerjasama terdapat nilai-nilai yang sosial yaitu:
1.
Menghargai pendapat
orang lain
Di dalam kerjasama sangat penting untuk
mendengar masukan dari rekan kerja kita, dengan masukan-masukan itu kita dapat
memperbaiki atau menambah apa yang kiranya perlu diperbaiki, sehinnga kita akan
lebih capat dalam mengerjakan pekerjaan. Karena penting bagi kita untuk
mendangarkan pendapat orang lain karena itulah gunanya kerjasama, yaitu saling
bertukar pikiran antar patner atau rekan.
2.
Tanggungjawab
Di dalam
melakukan sesuatu antar rekan memiliki tanggungjawab kepada pekerjaan dan
rekannya yang lain untuk memberi konstribusi dalam menyelesaikan pekerjaannya,
untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan menyelesaikan pekerjaannya dengan
tepat waktu. Seseorang tidak akan membiarkan rekannya bekerja sandiri, mereka
akan merasa bertanggungjawab untuk mengerjakan pekerjaan itu karena mereka
adalah tim, tidak ada tim yang melakukan pekerjaan tanpa ada kerjasama antar
rekan yang satu dengan rekan yang lainnya, itulah bentuk tanggungjawab mereka
di dalam tim.
3.
Kebersamaan
Orang yang
bekerjasama akan merasa dirinya memiliki rasa kebersamaan, tidak akan
memutuskan sesuatu dengan sepihak karena mereka sadar bahwa mereka adalah tim,
sesuatu yang dilakukan dan dihasilkan itu adalah keputusan bersama, tidak ada
rasa mendominasi karena dalam tim semuanya sama, sehingga tidak akan terjadi
saling menyalahkan apabila pekerjaannya itu tidak dapat diterima atau tidak
memenuhi hasil yang diinginkan.
4.
Kepedulian
Kerjasama akan menumbuhkan sikap peduli untuk
membantu rekannya yang mengalami kesusahan dalam mengerjakan pekerjaannya,
peduli antar sesame yang sedang mengalami kesusahan. Kerjasama yang baik akan
menghasilkan hasil yang baik, seseorang didunia ini tidak bisa hidup sendiri,
karena pada hakikatnya manusia itu saling membutuhkan. Kerjasama yang baik
adalah kerjasama yang mengutamakan komunikasi yang baik antar tim, komunikasi
yang baik ini menjadi faktor utama karena di dalam kerjasama dibutuhkan shering
pendapat atau pertukaran pendapat antar tim. Ingat didalam hidup ini ada waktu
kita tersesat dan membutuhkan seseorang untuk membantu kita, karena itu kita
sebagai manusia hendaklah bersikap saling menghargai antar sesama sehingga jika
kita membutuhkan sesuatu seseorang akan senang hati akan membantu kita.
Cara-Cara Untuk Membina Kerjasama
Sebuah kerjasama dapat dilakukan jika cara yang digunakan sudah tepat, untuk itu pembahasan yang selanjutnya ialah membahas tentang cara membuat kerjasama yang akan di bahas berikut ini.
1.
Menentukan Sebuah Tujuan
2.
Menyiapkan profil
3.
Membuat sebuah pesan yang positif
4.
Menghargai setiap pendapat dan juga
kebiasaan rekan kerja
5.
Selalu fokus kepada kualitas
6.
Menawarkan bantuan
7.
Menunjukan antusiasme
Bentuk-Bentuk Kerjasama
Selain bagaimana cara untuk dapat membentuk kerjasama, tetapi ada juga bentuk-bentuk dari kerjasama. Apa saja bentuk tersebut? mari langsung saja kita melanjutkan pembahasan berikut ini.
1.
Tawar menawar atau Bargaining, ialah
membentuk kerjasama tentang kesepakatan pertukaran produk atau juga jasa antara
dua orang atau juga lebih.
2.
Koalisi atau Coalition, ialah gabungan
dari dua lembaga organisasi atau juga lebih yang memiliki tujuan yang sama,
mereka bekerjasama agar mencapai tujuan tersebut.
3.
Joint Venture, ialah kerjasama agar
mengerjakan proyek-proyek tertentu supaya bisa cepat terselesaikan dan juga
tujuan cepat tercapai.
4.
Cooptation, ialah proses kerjasama
penerimaan dari berbagai unsur yang baru pada kepemimpinan sebuah organisasi,
hal ini bisa dijadikan sebuah cara agar menghindari terjadinya sebuah
kecurangan atau juga hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat terjadi.
5.
Atas dasar kerukunan, ialah kerjasama
yang didasari karena sebuah kerukunan sesama manusia, biasanya sebuah kerjasama
yang didasari kerukunan tidak diharapkan imbalan atau juga upah.
Manfaat Dari Kerjasama
Selain dari penjelasan yang sudah diberikan ada sebuah manfaat yang didapatkan dengan kerjasama, apa manfaat tersebut? mari kita melanjutkan pembahasannya berikut ini.
1.
Dapat mempererat ikatan kerjasama
2.
Menumbuhkan sebuah semangat persatuan
3.
Pekerjaan bisa lebih cepat selesai
4.
Pekerjaan menjadi lebih ringan
Daftar Pustaka
Anonym. 2016.
Pengertian Kerjasama. Dalam link http://www.seputarpengetahuan.com/2016/10/pengertian-kerjasama-dan-manfaat-kerjasama-terlengkap.html
Nurhayati.
2016. Pentingnya Kerjasama Dalam Kehidupan. Dalam link http://www.kompasiana.com/emy/pentingnya-kerjasama-dalam-kehidupan_570e09fdf19673ce123d52a2
Tidak ada komentar:
Posting Komentar