Rabu, 21 Desember 2016

Mari Bersemangat !!!

Definisi
Semangat adalah hal yang dilakukan yang ada pada setiap individu tanpa ada menyerah.

Motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya. Tiga elemen utama dalam definisi ini diantaranya adalah intensitas, arah, dan ketekunan.
Banyak orang hidup dalam perasaan tertekan, khawatir, dan lesu. Keadaan ini hanya akan menghasilkan pikiran negatif dalam benak Anda, Anda hanya akan menjadi orang yang pesimis, tidak berdaya, lemah, dan stress. Jangan menambah tumpukan racun dalam diri sendiri.


Semangat disini merupakan adanya antusiasme dari dasar hati Anda untuk menjalani sesuatu. Semangat ini tidak mengharuskan Anda untuk melakukan aktifitas yang membuang energi percuma, akan tetapi lebih ditekankan kepada dorongan yang ada di dalam diri Anda.

Mengapa kita harus bersemangat?
Tahukah Anda dengan semangat akan membuat pikiran Anda lebih kreatif. Memang semangat tidak bisa membuat Anda lebih fokus pada masalah anda tapi saya yakin bahwa semangat bisa memicu Anda untuk fokus pada solusi. Setidaknya Anda akan terpicu untuk membuat berbagai pilihan solusi.

Anda tidak dapat menyangkal bahwa dengan semangat akan membangkitkan pikiran positif, optimisme, menambah kepercayaan diri, serta membentuk pribadi Anda untuk maju dan tegar dalam hidup.

Semua itu dimulai dari pikiran.
Kekuatan terbesar ada pada pikiran Anda. Memang benar jika Anda ingin bersemangat, maka Anda harus menanamkan itu dengan penuh keyakinan. Jika Anda ingin membuka cakrawala Anda, memperluas wawasan Anda, maka Anda harus mampu berpikir diluar dari kemampuan Anda.
"To think out of the box", jangan terlalu lama terkurung dalam benang pikiran Anda yang memang kusut adanya.
"Open your eyes widely open", dan selamat berpetualang dengan buah-buah baru dalam hidup Anda. Dan ingat untuk terus memegang kendali akan semangat diri Anda sendiri.

Cara Membuat Hidup Selalu Bersemangat

1. Ketahui apa yang benar-benar anda senangi

Melakukan sesuatu yang tidak kita senangi membuat kita enggan-engganan dalam bekerja. Sebaliknya melakukan hal kesenangan kita membuat kita bahkan lupa waktu, saking bersemangatnya. Betul kan? Kuncinya adalah lakukan apa yang anda senangi atau senangi apa yang anda lakukan.

2. Buat Visi dan Target Yang Jelas

Apakah anda punya target yang harus anda capai akhir tahun ini? Target, visi, goals, impian atau apapun istilahnya benar-benar alat untuk membakar semangat anda. Setiap kali anda kehilangan semangat, ingat impian terbesar anda.

3. Berkumpul dengan orang-orang yang dapat memotivasi anda

Seperti halnya dengan handphone, kita juga perlu untuk di cas. Hal ini sangat penting. Karena kita tidak bisa hanya mengandalkan semangat sendiri. Kita perlu mendapat semangat tambahan dari orang – orang di sekeliling kita.

4. Kenali diri anda

Anda harus bisa mengenali diri anda sendiri, Dan anda perlu tau hal – hal apa yang ada pada diri anda. Apa potensi diri anda, sisi – sisi positif apa yang ada pada diri anda dan sisi – sisi negatif apa yang ada pada diri anda. Sebab jika kita tau sisi kurang dan lebih yang ada pada diri kita, kita bisa tahu apa yang perlu kita butuhkan dan apa yang perlu di perbaiki.

5. Pelajari lebih banyak, pelajari lebih dalam

Mengapa kita tidak suka kepada sesuatu? Itu karena kita tidak tahu cukup banyak tentang sesuatu itu. Nah, jika anda ingin meningkatkan semangat hidup, pelajarilah lebih banyak hal-hal baru dan pelajari lebih dalam tentang sesuatu hal yang selama ini kurang menarik minat anda.

6. Dapatkan kata positif dari orang lain

Satu komentar positif dari orang lain akan sangat berharga untuk mengubah pandangan anda terhadap diri sendiri. Menurut, riset rata-rata seseorang mendapat kementar negatif 600% lebih banyak dari pada komentar positif. Kumpulkanlah sebanyak mungkin komentar positif untuk meningkatkan semangat hidup anda.

7. Tulislah targetan – targetan yang ingin anda capai

Buatlah minimal 100 targetan yang ingin anda capai pada kertas lalu tempelkan di tempat yang sering anda lihat, seperti dinding kamar anda. Nah buatlah sebuah komitmen bahwa anda harus bisa mencoret satu per satu targetan pada kertas yang anda tempel, jika anda telah mencapai targetan tersebut. Nanti anda akan bisa merasakan bahwa ternyata anda bisa mewujudkan hal – hal yang anda ingin kan. Dan pada akhirnya anda akan tersenyum bangga bahwa ternyata anda telah banyak mencoret targetan pada kertas yang anda tempel, yang menandakan bahwa anda telah mencapainya.


Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar