Kerja sama adalah sebuah sistem pekerjaan yang kerjakan oleh
dua orang atau lebih untuk mendapatkan tujuan yang direncanakan bersama. Kerja
sama dalam tim kerja menjadi sebuah kebutuhan dalam mewujudkan keberhasilan
kinerja dan prestasi kerja. Kerja sama dalam tim kerja akan menjadi suatu daya
dorong yang memiliki energi dan sinergisitas bagi individu-individu yang
tergabung dalam kerja tim. Komunikasi akan berjalan baik dengan dilandasi
kesadaran tanggung jawab tiap anggota.
PENTINGNYA KERJASAMA
DALAM KEHIDUPAN
Manusia sebagai makhluk sosial pasti akan membutuhkan
bantuan dari orang lain, manusia tidak bisa hidup sendirian karena
asalnya memang manusia itu saling bergantungan satu sama lain. Kerena itu dalam
kehidupan sangat penting untuk membangun kerjasama yang baik. Kerjasama
merupakan kegiatan yang dilakukan antar sesama manusia untuk mencapai tujuan
bersama, dengan kerjasama seseorang akan lebih mudah untuk menyelesaikan
sesuatu karena kita memiliki patner atau rekan untuk bertukar pikiran bagaimana
sesuatu yang kita kerjakan itu dapat berjalan dan terselesaikan dengan cepat
dan dengan hasil yang maksimal. Di dalam kerjasama terdapat nilai-nilai yang
sosial yaitu:
1. Menghargai pendapat orang lain Di
dalam kerjasama sangat penting untuk mendengar masukan dari rekan kerja
kita, dengan masukan-masukan itu kita dapat memperbaiki atau menambah apa yang
kiranya perlu diperbaiki, sehinnga kita akan lebih capat dalam mengerjakan
pekerjaan. Karena penting bagi kita untuk mendangarkan pendapat orang lain
karena itulah gunanya kerjasama, yaitu saling bertukar pikiran antar patner
atau rekan.
2.
Tanggungjawab Di dalam melakukan sesuatu antar rekan memiliki
tanggungjawab kepada pekerjaan dan rekannya yang lain untuk memberi konstribusi
dalam menyelesaikan pekerjaannya, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan
menyelesaikan pekerjaannya dengan tepat waktu. Seseorang tidak akan membiarkan
rekannya bekerja sandiri, mereka akan merasa bertanggungjawab untuk mengerjakan
pekerjaan itu karena mereka adalah tim, tidak ada tim yang melakukan pekerjaan
tanpa ada kerjasama antar rekan yang satu dengan rekan yang lainnya, itulah
bentuk tanggungjawab mereka di dalam tim.
3. Kebersamaan Orang yang bekerjasama
akan merasa dirinya memiliki rasa kebersamaan, tidak akan memutuskan sesuatu
dengan sepihak karena mereka sadar bahwa mereka adalah tim, sesuatu yang
dilakukan dan dihasilkan itu adalah keputusan bersama, tidak ada rasa
mendominasi karena dalam tim semuanya sama, sehingga tidak akan terjadi saling
menyalahkan apabila pekerjaannya itu tidak dapat diterima atau tidak memenuhi
hasil yang diinginkan.
4.
Kepedulian Kerjasama akan menumbuhkan sikap peduli untuk membantu
rekannya yang mengalami kesusahan dalam mengerjakan pekerjaannya, peduli antar
sesame yang sedang mengalami kesusahan. Kerjasama yang baik akan menghasilkan
hasil yang baik, seseorang didunia ini tidak bisa hidup sendiri, karena pada
hakikatnya manusia itu saling membutuhkan. Kerjasama yang baik adalah kerjasama
yang mengutamakan komunikasi yang baik antar tim, komunikasi yang baik ini
menjadi faktor utama karena di dalam kerjasama dibutuhkan shering pendapat atau
pertukaran pendapat antar tim. Ingat didalam hidup ini ada waktu kita tersesat
dan membutuhkan seseorang untuk membantu kita, karena itu kita sebagai
manusia hendaklah bersikap saling menghargai antar sesama sehingga jika
kita membutuhkan sesuatu seseorang akan senang hati akan membantu kita.
Cara-Cara Untuk Membina Kerjasama
Sebuah kerjasama dapat dilakukan jika cara yang digunakan
sudah tepat, untuk itu pembahasan yang selanjutnya ialah membahas tentang cara
membuat kerjasama yang akan di bahas berikut ini.
- Menentukan Sebuah Tujuan
- Menyiapkan profil
- Membuat sebuah pesan yang positif
- Menghargai setiap pendapat dan juga kebiasaan rekan kerja
- Selalu fokus kepada kualitas
- Menawarkan bantuan
- Menunjukan antusiasme
Bentuk-Bentuk Kerjasama
Selain bagaimana cara untuk dapat membentuk kerjasama,
tetapi ada juga bentuk-bentuk dari kerjasama. Apa saja bentuk tersebut? mari
langsung saja kita melanjutkan pembahasan berikut ini.
- Tawar menawar atau Bargaining, ialah membentuk kerjasama tentang kesepakatan pertukaran produk atau juga jasa antara dua orang atau juga lebih.
- Koalisi atau Coalition, ialah gabungan dari dua lembaga organisasi atau juga lebih yang memiliki tujuan yang sama, mereka bekerjasama agar mencapai tujuan tersebut.
- Joint Venture, ialah kerjasama agar mengerjakan proyek-proyek tertentu supaya bisa cepat terselesaikan dan juga tujuan cepat tercapai.
- Cooptation, ialah proses kerjasama penerimaan dari berbagai unsur yang baru pada kepemimpinan sebuah organisasi, hal ini bisa dijadikan sebuah cara agar menghindari terjadinya sebuah kecurangan atau juga hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat terjadi.
- Atas dasar kerukunan, ialah kerjasama yang didasari karena sebuah kerukunan sesama manusia, biasanya sebuah kerjasama yang didasari kerukunan tidak diharapkan imbalan atau juga upah.
Manfaat Dari Kerjasama
Selain dari penjelasan yang sudah diberikan ada sebuah
manfaat yang didapatkan dengan kerjasama, apa manfaat tersebut? mari kita
melanjutkan pembahasannya berikut ini.
·
Dapat mempererat ikatan kerjasama
·
Menumbuhkan sebuah semangat persatuan
·
Pekerjaan bisa lebih cepat selesai
·
Pekerjaan menjadi lebih ringan
Anonim. 2016. Pengertian Kerjasama dan Manfaat kerjasama. www.seputarpengetahuan.com. http://www.seputarpengetahuan.com/2016/10/pengertian-kerjasama-dan-manfaat-kerjasama-terlengkap.html
Nurhayati. 2016. Pentingnya kerjasama dalan kehidupan. www.kompasiana.com http://www.kompasiana.com/emy/pentingnya-kerjasama-dalam-kehidupan_570e09fdf19673ce123d52a2
Nurhayati. 2016. Pentingnya kerjasama dalan kehidupan. www.kompasiana.com http://www.kompasiana.com/emy/pentingnya-kerjasama-dalam-kehidupan_570e09fdf19673ce123d52a2
Prayoga. Nandini Adi.2015. http://naradewi.blogspot.co.id/2015/10/babi-pendahuluan-kerja-samayang-baik.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar