ABSTRAK
Masalah disiplin merupakan masalah yang sangat penting saat
ini. Disiplin merupakan suatu sikap yang menunjukkan kesediaan untuk menepati
atau mematuhi ketentuan, tata tertib, nilai serta kaidah-kaidah yang berlaku.
Disiplin mengandung asas taat, yaitu kemampuan untuk bersikap dan bertindak
secara konsisten berdasar pada suatu nilai tertentu. Dalam proses belajar
mengajar, kedisiplinan dapat menjadi alat yang bersifat preventif untuk
mencegah dan menjaga hal-hal yang dapat mengganggu dan menghambat proses
belajar.
KATA KUNCI : Kedisiplinan
I.PENDAHULUAN
Kedisiplinan adalah
suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian
perilaku yang menunjukan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan,
keteraturan dan ketertiban. Kedisiplinan dalam proses pendidikan sangat
diperlukan karena bukan hanya untuk menjaga kondisi suasana belajar dan
mengajar berjalan dengan lancar, tetapi juga untuk menciptakan pribadi yang
kuat bagi setiap mahasiswa.
II.PEMBAHASAN
macam – Macam
Kedisiplinan
·
Disiplin
dalam Menggunakan Waktu
Maksudnya bisa menggunakan dan membagi waktu dengan baik. Karena waktu amat berharga dan salah satu kunci kesuksesan adalah dengan bisa menggunakan waktu dengan baik
Maksudnya bisa menggunakan dan membagi waktu dengan baik. Karena waktu amat berharga dan salah satu kunci kesuksesan adalah dengan bisa menggunakan waktu dengan baik
·
Disiplin
dalam Beribadah
Maksudnya ialah senantiasa beribadah dengan peraturan-peratuaran yang terdapat didalamnya. Kedisiplinan dalam beribadah amat dibutuhkan, Allah SWT senantiasa menganjurkan manusia untuk Disiplin, sebagai contoh firman Allah SWT.
Maksudnya ialah senantiasa beribadah dengan peraturan-peratuaran yang terdapat didalamnya. Kedisiplinan dalam beribadah amat dibutuhkan, Allah SWT senantiasa menganjurkan manusia untuk Disiplin, sebagai contoh firman Allah SWT.
·
Disiplin
Diri Pribadi
Apabila dianalisi maka disiplin menganung beberapa unsur yaitu adanya sesuatu yang harus ditaati atau ditinggalkan dan adanya proses sikap seseorang terhadap hal tersebut. Disiplin diri merupakan kunci bagi kedisiplinan pada lingkungan yang lebih luas lagi. Contoh disiplin diri pribadi yaitu tidak pernah meninggalkan Ibadah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa
Apabila dianalisi maka disiplin menganung beberapa unsur yaitu adanya sesuatu yang harus ditaati atau ditinggalkan dan adanya proses sikap seseorang terhadap hal tersebut. Disiplin diri merupakan kunci bagi kedisiplinan pada lingkungan yang lebih luas lagi. Contoh disiplin diri pribadi yaitu tidak pernah meninggalkan Ibadah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa
·
Disiplin
Sosial
Pada hakekatnya disiplin sosial adalah Disiplin dari dalam kaitannya dengan masyarakat atau dalam hubunganya dengan. Contoh prilaku disiplin social adalah melaksanakan siskamling, kerja bakti. Senantiasa menjaga nama baik masyarakat dan sebagaiannya.
Pada hakekatnya disiplin sosial adalah Disiplin dari dalam kaitannya dengan masyarakat atau dalam hubunganya dengan. Contoh prilaku disiplin social adalah melaksanakan siskamling, kerja bakti. Senantiasa menjaga nama baik masyarakat dan sebagaiannya.
·
Disiplin
Nasional
Berdasarkan hasil perumusan lembaga pertahanan nasional, yang diuraikan dalam disiplin nasional untuk mendukung pembangunan nasional. Disiplin nasional diartikan sebagai status mental bangsa yang tercemin dalam perbuatan berupa keputusan dan ketaatan. Baik secara sadar maupun melalui pembinaan terhadap norma-norma kehidupan yang berlaku.
Berdasarkan hasil perumusan lembaga pertahanan nasional, yang diuraikan dalam disiplin nasional untuk mendukung pembangunan nasional. Disiplin nasional diartikan sebagai status mental bangsa yang tercemin dalam perbuatan berupa keputusan dan ketaatan. Baik secara sadar maupun melalui pembinaan terhadap norma-norma kehidupan yang berlaku.
Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Terbentuknya Kedisiplinan
Menurut Tu’u (2004) faktor faktor yang mempengaruhi kedisiplinan
sebagai berikut:
Kesadaran diri
Kesadaran diri sebagai pemahaman diri bahwa disiplin dianggap penting
bagi kebaikan dankeberhasilan diri nya, selain itu kesadaran diri menjadi motif
kuat terwujud nya disiplin
Ketaatan
Ketaatan sebagai langkah penerapan dan praktik atas peraturan peraturan
yang mengatur perilaku .
Hukuman
Hukuman sebagai cara menyadarkan, mengoreksi, dan meluruskan yang salah
sehingga seseorang kembali pada perilaku yang sesuai dengan harapan.
Lingkungan
Sesseorang akan terbentuk berdasarkan lingkungan nya, apabila ia berada
pada lingkungan yang disiplin maka ia juga akan menjadi disiplin.
Latihan berdisiplin
Perilaku disiplin dalam diri dapat dicapai dan dibentuk melalui proses
latihan dan kebiasaan yang artinya disiplin akan terbentuk melalui kebiasaan
yang dilakukan dalam kehidupan sehari hari.
Fungsi kedisiplinan
Fungsi kedisiplinan menurut Tu’u (2004) adalah:
a. Menata
kehidupan bersama Kedisiplinan sekolah berguna untuk menyadarkan siswa bahwa
dirinya perlu menghargai orang lain dengan cara menaati dan mematuhi peraturan
yang berlaku, sehingga tidak akan merugikan pihak lain dan hubungan dengan
sesama menjadi baik dan lancar.
b.
Membangun kepribadian Pertumbuhan
kepribadian seseorang biasanya dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Disiplin
yang diterapkan di masing-masing lingkungan tersebut memberi dampak bagi
pertumbuhan kepribadian yang baik.
c. Melatih
kepribadian Sikap, perilaku dan pola kehidupan yang baik dan berdisiplin
terbentuk melalui latihan. Demikian juga dengan kepribadian yang tertib,
teratur dan patuh perlu dibiasakan dan dilatih.
d. Menciptakan lingkungan yang kondusif
Kedisiplinan berfungsi mendukung terlaksananya proses dan kegiatan pendidikan
agar berjalan lancar dan memberi pengaruh bagi terciptanya sekolah sebagai
lingkungan pendidikan yang kondusif bagi kegiatan pembelajaran.
III.
KESIMPULAN
Disiplin adalah proses untuk melatih dan mendidik perilaku
seseorang sesuai dengan tata tertib atau aturan yang berlaku baik yang muncul
dari kesadaran dirinya maupun karena adanya sanksi atau hukuman yang berlaku
dengan penuh rasa tanggung jawab dan sepenuh hati, sehingga apabila dirinya
melakukan suatu pelanggaran akan timbul suatu perasaan bersalah, malu, takut
dan tidak mau untuk melakukan perbuatannya lagi.
DAFTAR PUSTAKA
R Elly. 2016. Hubungan kedisiplian. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/article/download/7540/6207
Lufi mulyani indriastuti. 2015. http://repository.upi.edu/21299/8/S_JKR_1103623_Chapter5.pdf
Kadek sri widirahayu. 2017. https://repository.usd.ac.id/12043/2/131114061_full.pdf
Witaisma. 2013. Pengertian
kedisiplinan. https://witaisma.wordpress.com/2013/05/19/a-pengertian-kedisiplinan-kedisiplinan-adalah-suatu-kondisi-yang/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar