Kamis, 13 Desember 2018

Kerjasama

Oleh:
Farah Dita Salsabila
@J04-Farah

Manusia adalah makhluk sosial, itu artinya manusia tidak bisa hidup sendiri namun harus hidup berdampingan dengan manusia yang lain. Hal itu dikarenakan manusia setiap saat memerlukan bantuan dari orang lain dalam menjalani kehidupannya. Dengan kerjasama, kehidupan seseorang akan terasa lebih mudah untuk dijalani. Kerjasama adalah suatu usaha bersama antara orang perorangan atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Seorang ahli bernama Charles H. Cooley berpendapat, kerjasama akan timbul jika orang menyadari bahwa mereka memiliki kepentingan yang sama dan sekaligus memiliki pengetahuan yang cukup serta kesadaran atas diri sendiri untuk memenuhi kepentingan kepentingan tersebut.

Bentuk Kerjasama

- Tawar menawar atau Bargaining, yaitu membentuk kerjasama tentang sebuah kesepakatan pertukaran produk. 
- Koalisi atau Coalition, yaitu suatu  gabungan dari dua lembaga organisasi atau juga lebih yang mempunyai tujuan yang sama, mereka bekerjasama supaya mencapai tujuan tersebut. 
- Joint Venture ,yaitu kerjasama suapaya mengerjakan proyek tertentu agar dapat cepat terselesaikan dan juga tujuan cepat tercapai. 
- Cooptation, yaitu suatu proses kerjasama penerimaan dari berbagai unsur yang baru pada kepemimpinan sebuah organisasi, hal ini dapat dijadikan sebuah cara supaya menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa terjadi. 
- Atas dasar kerukunan, yaitu kerjasama yang didasari karena sebuah kerukunan sesama manusia, biasanya tidak diharapkan imbalan atau juga upah.
 
Manfaat Kerjasama 

1. Kerja sama dapat mempererat ikatan persaudaraan
Dengan bekerjasama, dapat membuat setiap individu saling berinteraksi dan saling membantu dalam menyelesaikan persoalan yang ada untuk mencapai sesuatu yang dituju. Dengan begitu, maka dapat terjalin komunikasi yang baik dimana hal seperti itu bisa menambah rasa persaudaraan.

2. Kerja sama dapat menumbuhkan semangat persatuan
Dengan bekerjasama, maka bisa menumbuhkan rasa semangat persatuan setiap individu yang tergabung dalam tim kerja. 

3. Kerja sama membuat pekerjaan lebih cepat terselesaikan
Dengan menjalin kerjasama, maka sesulit apapun masalah yang ada akan bisa cepat terselesaikan. Sebab tidak hanya mengandalkan satu orang saja dalam menyelesaikan masalah, dengan begitu maka pekerjaan akan cepat terselesaikan dan cepat mendapatkan hasil.

4. Dengan kerja sama pekerjaan terasa lebih ringan
Dengan bekerjasama, pekerjaan yang terasa sulit akan menjadi lebih ringan dan mudah untuk diselesaikan. Hal itu karena dikerjakan oleh banyak orang yang saling memberi dukungan atara satu dengan yang lain.

Cara Membina Kerjasama

Cara yang dapat dilakukan untuk membina kerjasama agar bisa berjalan dengan baik dan lancar sesuai apa yang diharapkan adalah pertama tentukan tujuannya, dengan adanya tujuan yang jelas maka kerjasama dapat berjalan dengan baik, lancar dan teratur sesuai apa yang diharapkan. Kedua, siapkan profil mengenal diri. Ketiga, buat kesan positif ketika memulai kerjasama. Keempat, hormati dan hargailah setiap pendapat dan kebiasaan rekan kerja supaya kerjasama yang dilakukan bisa berjalan secara harmonis dan baik.

Daftar Pustaka

Unknown. 2013. Pengertian Kerjasama. Dalam https://www.temukanpengertian.com/2013/09/pengertian-kerja-sama.html 
Bitar. 2018. Pengertian, Manfaat, dan Bentuk Kerjasama Beserta Contohnya Lengkap. Dalam https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-manfaat-dan-bentuk-kerjasama-beserta-contohnya-lengkap/
Jonathan. Pengertian Kerjasama Adalah: Manfaat dan Bentuk-Bentuk Kerjasama. Dalam https://www.maxmanroe.com/pengertian-kerjasama.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar