Minggu, 30 Desember 2018

Kerjasama Tim

Oleh : Aprilia Wahyuni (@K29-Aprilia // @ProyekJK12)


Kerjasama adalah sebuah pekerjaan yang dilakukan oleh dua orang atau juga lebih supaya dapat mencapai tujuan ataupun target yang sebelumnya sudah direncanakan dan juga disepakati secara bersama. Atau juga kerjasama dapat diartikan sebagai sebuah tindakan-tindakan di dalam pekerjaan yang dilakukan oleh dua orang ataupun lebih supaya dapat mencapai tujuan serta demi keuntungan bersama.
Biasanya di dalam suatu perusahaan atau juga lembaga-lembaga kerjasama tim sudah menjadi suatu kebutuhan supaya bisa mewujudkan keberhasilan di dalam mencapai tujuan. Kerjasama sebuah tim yang akan menjadi suatu dorongan sebagai
energi ataupun motivasi bagi setiap individu yang juga tergabung di dalam sebuah tim kerja. Bila kerjasama tim dapat berjalan secara baik, maka suatu kelancaran di dalam berkomunikasi ataupun rasa bertanggung jawab kepada setiap individu yang ada di dalam sebuah tim kerja akan dapat terbentuk.
Manfaat Kerjasama
Selain dari penjelasan yang sudah diberikan ada juga sebuah manfaat yang didapatkan dengan kerjasama, yaitu sebagai berikut :
  • Mampu mempererat ikatan kerjasama
  • Dapat menumbuhkan sebuah semangat persatuan
  • Dalam pekerjaan dapat lebih cepat selesai
  • Dalam pekerjaan menjadi lebih ringan

Cara Membangun Kerjasama
Kenapa teamwork sangat dibutuhkan di lingkungan kerja? Karena meski Anda memiliki tanggung jawab sendiri, Anda merupakan bagian dari organisasi. Perusahaan hanya bisa berkembang jika orang-orang di dalamnya memiliki keinginan untuk membesarkan perusahaan dan menyisihkan kepentingan pribadi.
Berikut ini adalah beberapa tips mengenai cara membangun teamwork di tempat kerja.
1.      Tujuan yang jelas
Pertama yang harus dilakukan adalah menciptakan tujuan tim yang jelas. Tentukan tujuan dan harapan dalam tim secara spesifik. Untuk itu Anda harus melakukan rapat rutin dan mengatur pola komunikasi yang terbuka. 
2.     Bangun kepercayaan
Cara membangun kepercayaan dalam tim adalah dengan membuat mereka berani bicara untuk mengutarakan opini. Jangan langsung mematahkan pendapat seseorang, karena itu akan membuat mereka menahan diri untuk bicara. Ciptakan juga komunikasi timbal balik, sehingga anggota tim bisa saling memberi kritik tanpa terkesan menjatuhkan. 
3.     Buat kegiatan untuk mendekatkan anggota tim
Tak ada salahnya sesekali melakukan kegiatan yang bisa mendekatkan anggota tim. Melakukan makan siang atau makan malam bersama-sama tim secara rutin, merupakan contoh sederhana sebuah kegiatan yang bisa mendekatkan tim. Dengan bertemu di luar lingkungan kerja, sesama anggota tim bisa saling mengenal secara personal. 
4.     Ciptakan sistem penghargaan
Agar anggota tim merasa hasil kerja mereka dihargai adalah dengan membuat sistem reward (penghargaan). Siapa saja anggota tim yang berhasil menonjol, maka berilah penghargaan, bisa berupa insentif atau lainnya. Ciptakan kompetisi yang sehat di dalam tim, namun tetap fokus pada tujuan bersama. 
5.     Kompetensi dalam anggota tim     
Teamwork bisa berhasil jika masing-masing anggota melakukan pekerjaan yang sesuai kompetensi mereka. Selalu komunikasikan mengenai tugas, kendala saat mengerjakan tugas, dan apakah mereka mampu mengerjakan. Jika ada anggota tim yang belum memiliki keahlian tertentu, apakah mungkin mendapatkannya melalui training atau pelatihan. 
6.     Lakukan pemeriksaan secara rutin
Secara rutin, lakukan pengukuran dan pemeriksaan hasil kerja setiap anggota tim. Pemeriksaan rutin ini untuk bisa mengetahui perkembangan pekerjaan, kesulitan yang dialami, atau bisa saja ada perubahan yang perlu dilakukan di tengah jalan untuk bisa mencapai tujuan.

DAFTAR PUSTAKA

Bitar. 2018. Pengertian, Manfaat, Dan Bentuk Kerjasama Beserta Contohnya Lengkap. https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-manfaat-dan-bentuk-kerjasama-beserta-contohnya-lengkap/

Wulandari, Andhina. 2015. 6 Cara Membangun Teamwork di Tempat Kerja. https://lifestyle.bisnis.com/read/20150525/219/436900/6-cara-membangun-teamwork-di-tempat-kerja





Tidak ada komentar:

Posting Komentar