team work mungkin
merupakan salah satu istilah yang sering kita dengan terutama di kantor atau
sekolah. Untuk menyelesaikan sebuah tugas yang tidak mungkin dapat diselesaikan
seorang diri, membentuk team adalah salah satu yang solusi yang umum. Ukuran
team yang melebihi 20 orang adalah umum sekarang. Meskipun team yang berukuran
besar, beragam, dan terdiri dari
para ahli menjadi penting untuk menjawab
tantangan proyek sekarang, resiko kegagalan team juga dapat menjadi tinggi. Anggota
team yang kompleks cenderung kurang memiliki keinginan untuk berkolaborasi,
enggan untuk bersama-sama, membantu orang lain sukses, maupun melihat sebuah
tujuan bersama.
Kerjasama itu sendiri adalah suatu
usaha antara orang perorangan atau kelompok manusia diantara kedua
belah pihak untuk tujuan bersama sehingga mendapatkan hasil yang lebih cepat
dan lebih baik.
Kerjasama dimaksudkan sebagai suatu
usaha bersama antara orang perorangan atau kelompok manusia untuk mencapai satu
atau tujuan bersama.
Di dalam kerjasama terdapat nilai-nilai yang sosial
yaitu:
·
Menghargai Pendapat Orang Lain
Di
dalam kerjasama sangat penting untuk mendengar masukan dari rekan kerja
kita, dengan masukan-masukan itu kita dapat memperbaiki atau menambah apa yang
kiranya perlu diperbaiki, sehinnga kita akan lebih capat dalam mengerjakan
pekerjaan. Karena penting bagi kita untuk mendangarkan pendapat orang lain
karena itulah gunanya kerjasama, yaitu saling bertukar pikiran antar patner
atau rekan.
·
Tanggung Jawab
Di
dalam melakukan sesuatu antar rekan memiliki tanggungjawab kepada pekerjaan dan
rekannya yang lain untuk memberi konstribusi dalam menyelesaikan pekerjaannya,
untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan menyelesaikan pekerjaannya dengan
tepat waktu. Seseorang tidak akan membiarkan rekannya bekerja sandiri, mereka
akan merasa bertanggungjawab untuk mengerjakan pekerjaan itu karena mereka
adalah tim, tidak ada tim yang melakukan pekerjaan tanpa ada kerjasama antar
rekan yang satu dengan rekan yang lainnya, itulah bentuk tanggungjawab mereka
di dalam tim
·
Kebersamaan
Orang
yang bekerjasama akan merasa dirinya memiliki rasa kebersamaan, tidak akan
memutuskan sesuatu dengan sepihak karena mereka sadar bahwa mereka adalah tim,
sesuatu yang dilakukan dan dihasilkan itu adalah keputusan bersama, tidak ada
rasa mendominasi karena dalam tim semuanya sama, sehingga tidak akan terjadi
saling menyalahkan apabila pekerjaannya itu tidak dapat diterima atau tidak
memenuhi hasil yang diinginkan.
·
Kepedulian
Kerjasama
akan menumbuhkan sikap peduli untuk membantu rekannya yang mengalami kesusahan
dalam mengerjakan pekerjaannya, peduli antar sesame yang sedang mengalami
kesusahan.
Kerjasama yang baik akan menghasilkan hasil yang
baik, seseorang didunia ini tidak bisa hidup sendiri, karena pada hakikatnya
manusia itu saling membutuhkan. Kerjasama yang baik adalah kerjasama yang
mengutamakan komunikasi yang baik antar tim, komunikasi yang baik ini menjadi
faktor utama karena di dalam kerjasama dibutuhkan shering pendapat atau
pertukaran pendapat antar tim. Ingat didalam hidup ini ada waktu kita tersesat
dan membutuhkan seseorang untuk membantu kita, karena itu kita sebagai
manusia hendaklah bersikap saling menghargai antar sesama sehingga jika
kita membutuhkan sesuatu seseorang akan senang hati akan membantu kita.
Daftar Pustaka
1. Nurhayati.2016.Pentingnya
bekerjasama bagi kehidupan. https://www.kompasiana.com/emy/570e09fdf19673ce123d52a2/pentingnya-kerjasama-dalamkehidupan
3. Aprillyan,vandy.2013.
kerja sama. http://vandyaprillyan.blogspot.com/2013/10/kerja-sama-team-work.html
Anonim. 2018. Pengertian
Kerja Sama. https://www.temukanpengertian.com/2013/09/pengertian-kerja-sama.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar