@ProyekA14, @E14-Devi
Disusun Oleh : Devi Yanti Naibaho
Jadilah proaktif merupakan prinsip visi pribadi. Saat ini kata proaktif
umum digunakan de-ngan pengertian inisiatif. Kata PROAKTIF yang dimaksudkan
dalam 7 kebiasaan manusia yang sangat efektif lebih dari inisiatif. Proaktif
yang dimaksud disini adalah sebagai manusia kita bertanggung jawab atas hidup
kita sendiri, sikap kita merupakan keputusan yang kita pilih berdasarkan
nilai-nilai yang kita anut tidak dipengaruhi oleh kondisi, perasaan atau
lingkungan kita.
Sikap proaktif sangat berguna bagi manusia terutama dalam menghadapi
rintangan maupun dalam berinteraksi dengan manusia lain. Sikap proaktif
menunjukkan tingkat kecerdasan emosi (EQ) yang tinggi. Seseorang bisa bertahan
saat menghadapi musibah, bisa menumbuhkan motivasi saat kondisi tidak
menyenangkan, juga bisa memberikan respon positif yang disesuaikan dengan
situasi, semua itu merupakan sikap proaktif yang menunjukkan pengelolaan emosi
secara baik.
Menjadi proaktif berarti berpikir dan bertindak lebih dulu untuk
mengantisipasi kejadian yang akan datang. Selain menjadi cara yang bagus untuk
menghindari menumpuknya pekerjaan, menjadi proaktif juga penting untuk mencegah
kejadian buruk yang tidak diinginkan. Buatlah rencana dengan baik untuk
persiapan ke depan, menjaga agar pekerjaan atau sekolah Anda tidak kacau,
membuat hidup Anda di rumah lebih mudah dan nyaman, dan juga untuk membantu
orang lain yang otomatis akan membuat Anda semakin dikenal atau populer karena
banyak orang yang mendekati seorang yang proaktif yang seringkali berperan
sebagai pemrakarsa dari sebuah tindakan dan pemikir kreatif dalam kelompok atau
masyarakat.
Ciri-ciri
Manusia Proaktif :
1.
Merespon sesuai dengan nilai-nilai yang dianut
2.
Menerima tanggung jawab atas perilakunya
3.
Berfokus dalam lingkaran pengaruh mereka
Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjadi lebih
proaktif :
·
Tugas
seperti apa yang sering dan jarang Anda temui baik di kantor, rumah, atau
sekolah?
·
Tugas
seperti apa yang sering datang dalam jumlah banyak sekaligus?
·
Tugas
seperti apa yang harus langsung dikerjakan ketika muncul?
2. Cari tahu bagaimana cara
Anda mengerjakan tugas tersebut secara efisien.Sebelum Anda dibuat sibuk dengan tugas-tugas tersebut
dengan cara:
·
Buat sebuah
rencana, prosedur, daftar pekerjaan, atau rutinitas untuk menyelesaikan tugas
yang ada.
·
Kumpulkan
informasi yang Anda perlukan untuk mengerjakan tugas tersebut, atau jika perlu
cari informasi dari orang yang memberikan Anda tugas. Serap semua informasi
dengan seksama, dan jika perlu catat.
·
Hapus
langkah yang menurut Anda tidak perlu atau bisa dipersingkat pada proses
pengerjaan sebuah tugas.
3. Cegah masalah sebelum
muncul. Ini
berarti mencegah faktor kegagalan sebelum faktor tersebut muncul. Biasakan diri
untuk melakukan pencegahan dan menyiapkan rencana cadangan.
Berikut
caranya:
·
Identifikasi
masalahnya (apa yang sebenarnya terjadi dan mengapa?)
·
Tentukan apa
yang harus terjadi atau dilakukan agar masalah itu teratasi, dan bagaimana cara
Anda melakukannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar