KERJA SAMA (TEAM WORK)
Kerjasama adalah suatu usaha antara orang
perorangan atau kelompok manusia diantara kedua belah pihak untuk tujuan
bersama sehingga mendapatkan hasil yang lebih cepat dan lebih baik.
Kerjasama dimaksudkan sebagai suatu usaha
bersama antara orang perorangan atau kelompok manusia untuk mencapai satu atau
tujuan bersama.
Kerjasama (cooperation) adalah suatu usaha
atau bekerja untuk mencapai suatu hasil.
Kerjasama (Cooperation) adalah adanya
keterlibatan secara pribadi diantara kedua belah pihak dami tercapainya
penyelesaian masalah yang dihadapi secara optimalBekerjasama
·
Berpartisipasi, anggota kelompok yang baik – melakukan
tugas/bagiannya.
·
Mendukung keputusan kelompok.
·
Sebagai anggota kelompok, mengupayakan agar anggota
lain mendapat informasi yang relevan dan bermanfaat, misalnya informasi tentang
proses kelompok, tindakan individual, atau hal-hal yang penting.
Kerjasama merupakan salah satu cara untuk
cepat mencapai sebuah tujuan yang diinginkan oleh manusia hampir dalam semua
aspek kehidupan.
( Sumber : http://kerjasamabisnis.com/apa-itu-kerja-sama.php )
Kerja sama atau belajar bersama adalah proses
beregu (berkelompok) di mana anggota-anggotanya mendukung dan saling mengandalkan untuk mencapai suatu hasil
mufakat. Ruang kelas suatu tempat yang sangat baik untuk membangun kemampuan
kelompok (tim), yang Anda butuhkan kemudian di dalam kehidupan.
Kerja sama/belajar bersama adalah saling mempengaruhi sebagai anggota tim, Anda:
Kerja sama/belajar bersama adalah saling mempengaruhi sebagai anggota tim, Anda:
·
Membangun dan membagi suatu tujuan yang lumrah
·
Sumbangkan pemahamanmu tentang permasalahan: pertanyaaan,
wawasan, dan pemecahan
·
Tanggap terhadap, dan belajar memahami, pertanyaan lain, wawasan
dan penyelesaian.
·
Setiap anggota memperkuat yang lain untuk berbicara dan
berpartisipasi, dan menentukan kontribusi (sumbangan) mereka.
·
Bertanggung jawab terhadap yang lain, dan mereka bertanggung
jawab pada Anda
·
Bergantung pada yang lain, dan mereka bergantung pada Anda
Apa yang dilakukan tim belajar yang baik? What makes for a
good learningteam?
·
Kegiatan tim berawal dengan latihan, dan proses pengertian
kelompok.
Seorang instruktur mulai dengan memfasilitasi diskusi dan memberikan nasehat alternatif
tetapi jangan membebankan pemecahan pada tim, khususnya bagi mereka yang sulit bekerja sama.
Seorang instruktur mulai dengan memfasilitasi diskusi dan memberikan nasehat alternatif
tetapi jangan membebankan pemecahan pada tim, khususnya bagi mereka yang sulit bekerja sama.
·
Tiga sampai empat orang
Tim yang besar menyulitkan untuk melibatkan setiap orang
Tim yang besar menyulitkan untuk melibatkan setiap orang
·
Guru- menempatkan kelompok
Menentukan kelompok berfungsi lebih baik daripada menempatkan diri sendiri
Menentukan kelompok berfungsi lebih baik daripada menempatkan diri sendiri
·
Berbagai tingkat ketrampilan (kemampuan), latar belakang,
pengalaman:
o
Setiap individu memperkuat kelompok
o
Setiap anggota kelompok bertanggung jawab tidak hanya untuk
menyumbangkan kekuatannya, tetapi juga membantu pemahaman sumber dari kekuatan
mereka.
o
Siapa saja yang tidak beruntung atau tidak senang
dengan keseluruhan mayoritas harus diberanikan dan didorong
untuk berpartisipasi secara proaktif.
o
Belajar adalah pengaruh yang positif dengan
peningkatan pilihan berbagai perspektif dan pengalaman untuk memecahkan
persoalan, dan memperluas jarak rincian pertimbangan
·
Tanggung jawab setiap anggota untuk mencapai suatu tujuan
ditentukan dan dimengerti melalui kelompok
o
Jarak kerahasiaan antar anggota kelompok adalah caraterbaik
untuk menilai siapa dia dan siapa yang tidak berkontribusi (berpartisipasi)
o
Kelompok mempunyai hak untuk memecat mereka yang tidak bekerja
sama dan tidak berpartisipasi kalau semua bantuan gagal.
(Orang yang dipecat kemudian dicarikan kelompok yang lain yang mau menerima dia)
(Orang yang dipecat kemudian dicarikan kelompok yang lain yang mau menerima dia)
o
Seseorang dapat berhenti apabila mereka bekerja banyak dengan
sedikit bantuan dari yang lain.
(Orang ini sering mudah menemukan kelompok yang lain yang akan meneriman bantuannya)
(Orang ini sering mudah menemukan kelompok yang lain yang akan meneriman bantuannya)
·
Pembagian prinsip-prinsip pengoperasian dan tanggung jawab,
ditetapkan dan disetujui oleh setiap anggota. Semua ini termasuk:
o
Tanggung jawab untuk hadir, menyiapkan, dan tepat waktu di dalam
rapat
o
Ada diskusi-diskusi dan ketidaksepakatan terhadap pokok
persoalan, menghindari kritik perorangan
o
Bertanggung jawab untuk membagi tugas dan menyelesaikannya tepat
waktu
Anda perlu melakukan tugas-tugas dengan sedikit pengalaman yang Anda miliki, dengan sebelumnya merasa persiapan tidak sempurna, atau bahkan berpikir yang lain akan berbuat yang terbaik. Terimalah tantangan, tetapi legalah di dalam keadaan bahwa Anda perlu bantuan, latihan, seorang pembimbing, atau harus berhenti dan melakukan tugas yang berbeda.
Anda perlu melakukan tugas-tugas dengan sedikit pengalaman yang Anda miliki, dengan sebelumnya merasa persiapan tidak sempurna, atau bahkan berpikir yang lain akan berbuat yang terbaik. Terimalah tantangan, tetapi legalah di dalam keadaan bahwa Anda perlu bantuan, latihan, seorang pembimbing, atau harus berhenti dan melakukan tugas yang berbeda.
·
Buatlah tujuan-tujuan, definisikan seberapa sering dan dengan
arti apa Anda akan berkomunikasi, menilai kemajuan, membuat keputusan, dan
menyelesaikan persoalan
·
Definisikan sumber-sumber, khususnya seseorang yang dapat
mengarahkan, mengawas, membimbing, dan bahkan mempertimbangkan.
·
Tinjauan jadwal kemajuan dan komunikasi untuk mendiskusikan apa
yang termasuk pekerjaan dan yang bukan.
Daftar Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar