Kamis, 28 September 2023

Feedback dalam komunikasi yang efektif

Feedback dalam komunikasi yang efektif

 Jenis feedback (umpan balik) dalam komunikasi
Dalam proses komunikasi, feedback merupakan efek atau hasil yang ditimbulkan dari penerimaan atau penolakan pesan.

Feedback bisa berbentuk positif dan negatif, netral, inferensial, langsung dan tidak langsung. 

Feedback positif 

Feedback positif dan negatif Umpan balik positif adalah feedback yang diberikan ketika komunikan paham dan menyetujui pesan yang disampaikan komunikator. Misalnya, komunikan menganggukkan kepala sambil berkata “iya saya setuju”, ketika dia paham dan setuju terhadap pesan yang diterimanya. 

Feedback negatif

Feedback negatif adalah feedback yang diberikan ketika komunikan tidak setuju terhadap isi pesan. Misalnya, komunikan mendengarkan ucapan komunikator sambil memasang wajah cemberut, memotong pembicaraan, bahkan berusaha mengalihkannya ke topik lain.

Feedback netral

Feedback netral Jenis feedback (umpan balik) ini bersifat netral. Karena tidak bisa diputuskan apakah umpan baliknya bersifat positif (menyetujui) atau negatif (tidak setuju). Contohnya, komunikan hanya terdiam saat mendengar informasi atau pesan.

Feedback inferensial 

Feedback inferensial adalah feedback dalam komunikasi massa, yang disimpulkan sendiri oleh komunikatornya. Terjadi karena komunikator telah melihat gejala yang diamatinya, walaupun secara tidak langsung tetapi cukup relevan dengan pesan yang disampaikannya.

Feedback langsung

Jenis feedback (umpan balik) langsung terjadi di saat yang bersamaan ketika pesan dikirimkan. Misalnya, mahasiswa bertanya kepada dosen tentang materi yang tidak dipahaminya, dan dosen memberi umpan balik langsung berupa penjelasan ulang materi.

Feedback tidak langsung

umpan balik tidak langsung membutuhkan waktu lama setelah pesan dikirimkan. Misalnya, feedback masyarakat terhadap konten pemberitaan atau konten media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar