Pengertian kerjasama adalah sebuah
usaha yang dilakukan oleh beberapa orang atau kelompok untuk mencapai tujuan
bersama. Kerjasama merupakan interaksi yang sangat penting bagi kehidupan
manusia karena manusia adalah mahluk sosial yang saling membutuhkan.
Menurut Pamudji, pengertian kerjasama adalah pekerjaan yang
dilakukan dua orang atau lebih dengan melibatkan interaksi antarindividu
bekerja bersama sama sampai terwujud tujuan yang dinamis. Lebih lanjut ia
berpendapat bahwa unsur utama kerjasama ada tiga yakni adanya individu
individu, adanya interaksi dan adanya tujuan yang sama.
Manfaat Dari Kerjasama
Selain dari penjelasan
yang sudah diberikan ada sebuah manfaat yang didapatkan dengan kerjasama, apa
manfaat tersebut? mari kita melanjutkan pembahasannya berikut ini.
- Dapat mempererat ikatan
kerjasama
- Menumbuhkan sebuah semangat
persatuan
- Pekerjaan bisa lebih cepat
selesai
- Pekerjaan menjadi lebih ringan
Kelebihan
dan kekurangan kerja sama.
1. Kelebihan:
a.
Meningkatkan informasi dan pengetahuan. Dengan bekerja secara bersama. Maka
sumberdaya masing-masing individu akan tertampung dalam tim ini, sehingga bisa
memperkuat tim baik dalam informasi maupun pengetahuan.
b.
Meningkatkan ragam pandangan. Anggota tim dengan latar belakang yang berbeda
akan memberikan pandangan yang beragam terhadap suatu pengambilan keputusan.
Hal ini akan memperkuat legalitas dan kualitas pengambilan keputussan.
c.
Meningkatkan penerimaan atas suatu solusi. Solusi yang diputuskan bersama akan
diterima secara lebih baik dari pada jika diputuskan oleh seorang individu,
misalnya direktur utama perusahaan.
d.
Meningkatkan tingkat kinerja. Dengan berbagai keterampilan anggota tim yang
dimilikinya maka kinerja tim diharapkan bisa lebih baik dari pada kinerja
individual.
2. Kekurangan:
a.
Tim kerja memungkinkan terjadinya groupthink. Groupthink merupakan fenomena
untuk mengikuti consensus dari mayoritas anggota tim mengalahkan pendapat
minoritas yang mungkin saja lebih benar.
b.
Memungkinkan terjadinya free rider. Mereka yang tidak memberikan kontribusi
secara nyata, namun karena bergabung dengan tim maka dia mendapat imbalan atau
balas jasa yang sama baiknya.
c.
Memungkinkan pengambilan keputusan berlarut-larut. Hal ini memungkinkan jika
tidak dicapai consensus antara anggota tim. Dengan begitu, tanpa adanya
kerjasama yang baik, tim kerja bisa saja tidak menghasilkan apa-apa dan
memungkinkan terjadinya sinergi yang negative.
d.
Adanya agenda-agenda tersembunyi. Dalam tim bisa saja ada anggaota tim
mempunyai tujuan-tujuan khusus yang belum tentu sejalan dengan anggota tim
secara keseluruhan. Adanya agenda tersembunyi dari anggota tim ini tentu saja
akan mengganggu kinerja secara keseluruhan.
Daftar
pustaka:
Jonathan,2018,pengertian kerjasama
Anonim,2019,Manfaat dari kerjasama
Anonim,2019,kelebihan dan kekurangan kerjasama
Tidak ada komentar:
Posting Komentar