ABSTRAK
Kehidupan manusia di dunia tidak dapat
dilepaskan dari aktivitas bekerja sama karena pada dasarnya manusia saling
membutuhkan satu sama lain. Aktivitas ini dapat dilihat pada setiap aspek
kehidupan sehari - hari. Bisa dipastikan sebagian besar dari kegiatan kehidupan
kita membutuhkan kerjasama. Dalam sebuah organisasi ataupun perusahaan antara
komunikasi dan kerjasama tidak dapat berjalan sendiri - sendiri melainkan
dua hal ini dapat menjadikan sebuah organisasi maupun sebuah perusahaan yang baik
dan benar jika komunikasi dan kerjasama dapat berjalan secara bersamaan. fungsi
dari kerjasama didalam organisasi maupun perusahaan merupakan hal yang sangat penting.
Dengan kerjasama tugas-tugas yang di emban oleh masing – masing dapat menjadi
ringan dan cepat selesai dengan target yang telah ditetapkan sebelumnya.
Kerjasama juga dapat merangsang semangat. Oleh karena itu kerjasama merupakan satu hal yang tidak dapat dipungkiri
mempunyai andil besar.
Kata Kunci :
Kerja sama
Kerjasama adalah sebuah pekerjaan
yang dilakukan oleh dua orang atau juga lebih supaya dapat mencapai tujuan
ataupun target yang sebelumnya sudah direncanakan dan juga disepakati secara
bersama. Hakikatnya setiap individu memiliki
karakter dasar yang sama. Beberapa karakter dasar yang dimiliki oleh setiap
individu, disampaikan oleh Agustian (2012) adalah : (1) jujur, (2) tanggung
jawab, (3) disiplin, (4) visioner, (5) adil, (6) peduli, dan (7) kerja sama.
Terdapat lima bentuk kerja sama,
sebagai berikut :
1.
Kerukunan
: Bentuk kerja sama ini berbentuk gotong royong dan tolong menolong antar
individu.
2.
Bargaining
: Bentuk kerja sama ini merupakan perjanjian pertukaran barang atau jasa antara
dua organisasi atau lebih.
3.
Kooptasi
: Bentuk kerja sama ini merupakan proses penerimaan hal-hal baru dalam
kepemimpinan dan pelaksanaan politik dalam suatu organisasi agar menjadi lebih
seimbang.
4.
Koalisis
: Bentuk kerja sama ini merupakan perpaduan antara dua organisasi atau lebih
yan mempunyai tujuan yang sama.
5.
Joint
Venture : Bentuk kerja sama ini terjadi dalam proyek - proyek besar untuk
menyukseskan suatu tujuan yang membutuhkan kerja sama dari berbagai pihak
dengan latar belakang yang berbeda.
Manfaat yang didapatkan dengan kerjasama, yaitu sebagai
berikut :
1. Mampu mempererat ikatan kerjasama
2. Dapat menumbuhkan sebuah semangat
persatuan
3. Dalam pekerjaan dapat lebih
cepat selesai
4. Dalam pekerjaan menjadi lebih ringan
Berikut ini cara membangun kerja sama tim yang kompak
dalam perusahaan Anda.
1. Tanamkan
Visi Misi
Jika dari awalnya
saja sudah berbeda visi. Tentu anda dapat memastikan bahwa tim tersebut tidak
akan bertahan lama.
2. Menghargai
Perbedaan Pendapat
Terkadang, ada
kalanya rasa kecewa timbul jika ide yang kita sampaikan tidak diterima sebagai
keputusan bersama dalam tim. Memiliki hati yang besar, ditunjukkan melalui
menerima perbedaan pendapat dan hasil keputusan yang tidak sesuai dengan ide
yang diusulkan. Jika Anda mampu menerima keputusan bersama dalam sebuah rapat
walaupun ide Anda tidak diterima, maka Anda adalah salah satu dari kumpulan orang-orang
yang memiliki kedewasaan dalam berpikir, bertindak dan berperilaku.
3. Saling
Percaya dan Menghargai
Saling Percaya dan menghargai orang
lain dapat mebantu pula dalam meningkatkan kerja sama yang baik.
4. Komunikasi
yang efektif dan intensif
Lakukan komunikasi
yang intensif dengan setiap anggota tim dengan mengadakan meeting atau
setidaknya pertemuan untuk melakukan koordinasi
5. Adakan
Kegiatan Bersama
Hubungan antar
anggota perlu dipupuk dengan kegiatan-kegiatan kebersamaan. Ide itu akan sangat
menolong Anda dalam membangun kerja sama tim yang semakin solid.
6. Tingkatkan kompetensi
Meningkatkan kerja
sama tim bisa terjadi jika setiap anggota tim diperlengkapi dalam kompetensinya
masing-masing.
Hambatan yang
membuat Kerja sama menjadi tidak kompak
1.
Adanya
keegoisan
Setiap orang memang
memiliki ego masing-masing. Namun juga ada orang yang memiliki sikap yang egois
dan mementingkan diri sendiri, terutama setiap keputusannya harus menjadi
prioritas bersama, tentu hal ini akan sangat mengganggu kerja sama tim
2.
Adanya ketidakadilan
Mengindahkan
yang satu dan tidak menghiraukan yang lain, tentu akan menimbulkan
ketidakadilan diantara anggota tim. Hal ini akan sangat menghambat kerja sama
tim
3.
Adanya
persaigan yang tidak sehat
4.
Saling
menyalahkan satu dengan yang lain
DAFTAR PUSTAKA
Yulianti, Silvy Dwi., Djatmika, Ery
Tri., Santoso Anang. 2016. Pendidikan Karakter Kerja Sama Dalam
Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Pada Kurikulum 2013. Jurnal Teori dan Praksis
Pembelajaran IPS. Vol 1. No. 1. April 2016. Pp 33 – 38. Dalam http://journal.um.ac.id/index.php/jtppips/article/view/5863/2415# (Diunduh
31 Desember 2018)
Rukiyati,
Y., Ch. Nany Sutarini., P. Priyoyuwono. 2014. Penanaman Nilai Karakter Tanggung
Jawab Dan Kerja Sama Terintegrasi Dalam Perkuliahan Ilmu Pendidikan. Jurnal
Pendidikan Karakter. No. 2. Juni 2014. Pp 213 – 224. Dalam https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/2797/2317
(Diunduh 31 Desember 2018)
Syafiani, Afidah Nur
Saadah. 2015. Membangun
Kerjasama / Keperdulian Masyarakat Berbasis Karakter.
Dalam http://gudangilmuakukamudandia.blogspot.com/2015/11/membangun-kerjasama-keperdulian.html
(Diakses 31 Desember 2018)
Wikipedia. 2018. Kerja
sama. Dalam https://id.wikipedia.org/wiki/Kerja_sama
(Diakses 31 Desember 2018)
Bitar. 2018. Pengertian,
Manfaat, Dan Bentuk Kerjasama Beserta Contohnya Lengkap. Dalam https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-manfaat-dan-bentuk-kerjasama-beserta-contohnya-lengkap/
(Diakses 31 Desember 2018)
Anonim. 2017. 7 Rahasia
Cara Membangun Kerja Sama Tim yang Kompak di Perusahaan. Dalam https://www.finansialku.com/cara-membangun-kerja-sama-tim/
(Diakses 31 Desember 2018)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar