Laman

Jumat, 04 Januari 2019

Cooperation (Kerja Sama)

Disusun Oleh : Ghina Rahayu (K20-Ghina)

ABSTRAK
Kehidupan manusia di dunia tidak dapat dilepaskan dari aktivitas bekerja sama karena pada dasarnya manusia saling membutuhkan satu sama lain. Aktivitas ini dapat dilihat pada setiap aspek kehidupan sehari - hari. Bisa dipastikan sebagian besar dari kegiatan kehidupan kita membutuhkan kerjasama. Dalam sebuah organisasi ataupun perusahaan antara komunikasi dan kerjasama tidak dapat  berjalan sendiri - sendiri melainkan dua hal ini dapat menjadikan sebuah organisasi maupun sebuah perusahaan yang baik dan  benar jika komunikasi dan kerjasama dapat berjalan secara bersamaan. fungsi dari kerjasama didalam organisasi maupun perusahaan merupakan hal yang sangat penting. Dengan kerjasama tugas-tugas yang di emban oleh masing – masing dapat menjadi ringan dan cepat selesai dengan target yang telah ditetapkan sebelumnya. Kerjasama juga dapat merangsang semangat. Oleh karena itu kerjasama merupakan satu hal yang tidak dapat dipungkiri mempunyai andil besar.
Kata Kunci : Kerja sama

Kerjasama adalah sebuah pekerjaan yang dilakukan oleh dua orang atau juga lebih supaya dapat mencapai tujuan ataupun target yang sebelumnya sudah direncanakan dan juga disepakati secara bersama. Hakikatnya setiap individu memiliki karakter dasar yang sama. Beberapa karakter dasar yang dimiliki oleh setiap individu, disampaikan oleh Agustian (2012) adalah : (1) jujur, (2) tanggung jawab, (3) disiplin, (4) visioner, (5) adil, (6) peduli, dan (7) kerja sama.
Terdapat lima bentuk kerja sama, sebagai berikut :
1.      Kerukunan : Bentuk kerja sama ini berbentuk gotong royong dan tolong menolong antar individu.
2.      Bargaining : Bentuk kerja sama ini merupakan perjanjian pertukaran barang atau jasa antara dua organisasi atau lebih.
3.      Kooptasi : Bentuk kerja sama ini merupakan proses penerimaan hal-hal baru dalam kepemimpinan dan pelaksanaan politik dalam suatu organisasi agar menjadi lebih seimbang.
4.      Koalisis : Bentuk kerja sama ini merupakan perpaduan antara dua organisasi atau lebih yan mempunyai tujuan yang sama.
5.      Joint Venture : Bentuk kerja sama ini terjadi dalam proyek - proyek besar untuk menyukseskan suatu tujuan yang membutuhkan kerja sama dari berbagai pihak dengan latar belakang yang berbeda.
Manfaat yang didapatkan dengan kerjasama, yaitu sebagai berikut :
1.      Mampu mempererat ikatan kerjasama
2.      Dapat menumbuhkan sebuah semangat persatuan
3.      Dalam pekerjaan dapat lebih cepat selesai
4.      Dalam pekerjaan menjadi lebih ringan
Berikut ini cara membangun kerja sama tim yang kompak dalam perusahaan Anda.
1.      Tanamkan Visi Misi
Jika dari awalnya saja sudah berbeda visi. Tentu anda dapat memastikan bahwa tim tersebut tidak akan bertahan lama.
2.      Menghargai Perbedaan Pendapat
Terkadang, ada kalanya rasa kecewa timbul jika ide yang kita sampaikan tidak diterima sebagai keputusan bersama dalam tim. Memiliki hati yang besar, ditunjukkan melalui menerima perbedaan pendapat dan hasil keputusan yang tidak sesuai dengan ide yang diusulkan. Jika Anda mampu menerima keputusan bersama dalam sebuah rapat walaupun ide Anda tidak diterima, maka Anda adalah salah satu dari kumpulan orang-orang yang memiliki kedewasaan dalam berpikir, bertindak dan berperilaku.
3.      Saling Percaya dan Menghargai
Saling Percaya dan menghargai orang lain dapat mebantu pula dalam meningkatkan kerja sama yang baik.
4.      Komunikasi yang efektif dan intensif
Lakukan komunikasi yang intensif dengan setiap anggota tim dengan mengadakan meeting atau setidaknya pertemuan untuk melakukan koordinasi
5.      Adakan Kegiatan Bersama
Hubungan antar anggota perlu dipupuk dengan kegiatan-kegiatan kebersamaan. Ide itu akan sangat menolong Anda dalam membangun kerja sama tim yang semakin solid.
6.      Tingkatkan kompetensi
Meningkatkan kerja sama tim bisa terjadi jika setiap anggota tim diperlengkapi dalam kompetensinya masing-masing.

Hambatan yang membuat Kerja sama menjadi tidak kompak
1.      Adanya keegoisan
Setiap orang memang memiliki ego masing-masing. Namun juga ada orang yang memiliki sikap yang egois dan mementingkan diri sendiri, terutama setiap keputusannya harus menjadi prioritas bersama, tentu hal ini akan sangat mengganggu kerja sama tim 
2.      Adanya ketidakadilan
Mengindahkan yang satu dan tidak menghiraukan yang lain, tentu akan menimbulkan ketidakadilan diantara anggota tim. Hal ini akan sangat menghambat kerja sama tim
3.      Adanya persaigan yang tidak sehat
4.      Saling menyalahkan satu dengan yang lain
DAFTAR PUSTAKA
Yulianti, Silvy Dwi., Djatmika, Ery Tri., Santoso Anang. 2016. Pendidikan Karakter Kerja Sama Dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Pada Kurikulum 2013. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS. Vol 1. No. 1. April 2016. Pp 33 – 38. Dalam http://journal.um.ac.id/index.php/jtppips/article/view/5863/2415# (Diunduh 31 Desember 2018)
Rukiyati, Y., Ch. Nany Sutarini., P. Priyoyuwono. 2014. Penanaman Nilai Karakter Tanggung Jawab Dan Kerja Sama Terintegrasi Dalam Perkuliahan Ilmu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Karakter. No. 2. Juni 2014. Pp 213 – 224. Dalam https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/2797/2317 (Diunduh 31 Desember 2018)
Wikipedia. 2018. Kerja sama. Dalam https://id.wikipedia.org/wiki/Kerja_sama (Diakses 31 Desember 2018)
Bitar. 2018. Pengertian, Manfaat, Dan Bentuk Kerjasama Beserta Contohnya Lengkap. Dalam https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-manfaat-dan-bentuk-kerjasama-beserta-contohnya-lengkap/ (Diakses 31 Desember 2018)
Anonim. 2017. 7 Rahasia Cara Membangun Kerja Sama Tim yang Kompak di Perusahaan. Dalam https://www.finansialku.com/cara-membangun-kerja-sama-tim/ (Diakses 31 Desember 2018)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar