Senin, 09 Januari 2017

Peduli Kepada Sesama

Peduli adalah sebuah nilai dasar dan sikap memperhatikan dan bertindak proaktif terhadap kondisi atau keadaan di sekitar kita. Peduli adalah sebuah sikap keberpihakan kita untuk melibatkan diri dalam persoalan, keadaan atau kondisi yang terjadi di sekitar kita.


 Cara menumbuhkan sikap peduli:
1. Mengembangkan Cara Pandang yang Lebih Berempati

    a. Bangunlah kepekaan terhadap perasaan orang lain.
        Jika suatu saat Anda bertemu dengan orang lain, apakah Anda sedang di dalam kelas atau berkumpul dengan teman-teman, perhatikanlah bagaimana perasaan mereka pada saat menghadapi suatu situasi tertentu.

  • Orang-orang yang mementingkan diri sendiri atau hanya peduli pada diri mereka sendiri cenderung tidak akan peduli jika ada orang lain di sekitar mereka yang sedang merasa kecewa, bahkan jika mereka yang menjadi penyebabnya. Pastikan ini bukan karena Anda.
  • Bahkan jika bukan Anda yang menyebabkan perasaan terluka, perhatikan bagaimana cara orang lain menanggapi sebuah komentar tertentu atau sebuah berita. Jika Anda sedang mengikuti sebuah pertemuan dan merasakan bahwa banyak orang kelihatannya kecewa pada saat pimpinan Anda menjelaskan tentang tujuan dari sebuah proyek baru, Anda perlu mengatakan hal kepada pimpinan Anda.
    b. Pertimbangkan apa dampak dari tindakan Anda terhadap orang lain.
        Mungkin Anda sendiri sudah sangat sibuk memikirkan segala kebutuhan Anda untuk mempertimbangkan dampak dari apa yang Anda lakukan atau katakan kepada orang lain. Jadi jika suatu saat Anda ingin melakukan sesuatu, mungkin meminta teman Anda yang membersihkan dapur karena Anda sedang sibuk, atau tidak menjawab telpon dari teman Anda yang baru saja patah hati, bertanyalah kepada diri Anda sendiri bagaimana tanggapan orang ini terhadap apa yang sudah Anda lakukan. Jika jawabannya "tidak baik," maka Anda harus mempertimbangkan untuk mengubah tindakan Anda agar lebih bisa diterima oleh orang lain.

    c. Tentukan sikap.
        Peduli pada orang lain berarti sungguh-sungguh mau mendengarkan apa yang membuat mereka khawatir pada saat mereka menghadapi masalah dalam sebuah hubungan atau situasi tertentu. Tetapi mereka tetap berusaha menjaga agar semuanya tetap baik dan tidak mau bertengkar jika mereka bisa menghindarinya.  


    d. Hargailah orang lain dalam kehidupan Anda.

  • Agar Anda bisa sungguh-sungguh menghargai orang-orang dalam kehidupan Anda, Anda harus sangat berterima kasih kepada mereka. Ucapkanlah terima kasih kepada mereka karena sudah membantu Anda pada saat Anda mengalami kesulitan, karena mereka sudah berbuat baik kepada Anda, atau hanya karena mereka sudah membuat Anda kagum. Buatlah mereka mengerti bahwa kehadiran mereka sangat berarti dalam kehidupan Anda.
  • Jangan meremehkan kekuatan dari sebuah kartu ucapan "terima kasih." Kartu ini tidak biasa digunakan seperti kartu yang lain, sehingga orang yang menerimanya akan merasa diperlakukan dengan sangat istimewa. 

2. Mengembangkan sifat peduli
 a. Bersikap sopan
 b. Berbagi kasih sayang
 c. Dengarkan orang lain
 d. Memperhatikan orang lain
 e. Perlakukan orang lain seperti anda ingin diperlakukan
 f. Berusaha untuk berbaik hati kepada orang lain

3. Peduli kepada orang lain.
 a. Bantulah orang-orang yang membutuhkan bantuan
 b. Tanyakan kepada orang lain tentang kehidupan mereka
 c. Mintalah maaf jika memang melakukan kesalahan
 d. Lakukan kebaikan untuk orang lain
 e. berbagi sesama
 f. Lakukan kontak dengan orang lain



 g. Jadilah tenaga sukarela

sumber:
http://www.antaranews.com/print/223499/peduli-adalah%E2%80%A6 
http://id.wikihow.com/Mengembangkan-Kepedulian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar