Rabu, 04 Januari 2017

Hidup Penuh Semangat

Arti semangat adalah bagaimana kita bisa membuktikan dan mempertahankan semangat itu sendiri. Tentunya  bukan sebuah rencana diawal saja. Tapi dalam seluruh proses yang sudah kita inginkan dan kita jalankan sebaik mungkin dengan rangkaian rasa semangat tersebut.
Ciri-ciri Semangat Bekerja Orang yang memiliki semangat kerja
 memiliki ciri-ciri antara lain sebagai berikut.
a.       Suka Bekerja Keras
Orang yang suka bekerja keras akan tampak pada sikapnya yang pantang menyerah dalam menyelesaikan sesuatu. Misalnya, seorang pedagang yang menawarkan barang dagangannya pada konsumen, dia menghampiri setiap rumah yang dilaluinya untuk menawarkan barang dagangannya. Ada konsumen yang bersikap ramah ada pula konsumen yang tidak menghargai kedatangannya. Pedagang itu tidak kenal lelah, dari pagi sampai sore mengelilingi pemukiman penduduk agar barang dagangannya laku terjual. Semuanya dia lakukan untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.
b.      Tekun
Tekun artinya, melakukan pekerjaan dengan sungguh-sungguh, hati-hati, dan teliti. Tidak mudah terpengaruh orang lain dan tidak cepat putus asa jika mendapatkan kesulitan. Orang yang tekun bekerja, pekerjaan dapat cepat dilaksanakan dan hasilnya memuaskan. Berikut adalah tanda-tanda orang yang tekun. 1) Sabar. 2) tidak mudah bosan. 3) berani mencoba. 4) mau berlatih terus.
c.       Jujur
Jujur adalah berbuat apa adanya, tidak mengada-ada dan tidak menambah atau mengurangi dalam perkataan dan perbuatan. Pekerja yang jujur akan lebih disukai daripada pekerja yang tidak jujur. Kejujuran akan membuat orang lain, klien atau atasan memberikan kepercayaan pada kita. Jika kita mendapatkan kepercayaan maka kita akan diberikan kesempatan untuk berprestasi. Orang yang berbohong pasti akan ketahuan, orang yang berbohong biasanya memiliki nada bicara, perilaku dan raut muka yang berbeda. Hal tersebut dikarenakan ada yang ditutup-tutupi dan ketakutan kerena mereka berbohong. Sifat jujur juga sangat dibutuhkan dalam bekerja
d.      Sikap Ingin Maju
Orang yang memiliki sikap ingin maju, tidak cepat puas terhadap hasil yang sudah dicapai. Selalu berusaha mengembangkan hasil yang diperoleh agar lebih baik atau sempurna. Orang tersebut juga tidak malu bertanya pada orang lain yang lebih pandai.
e.      Disiplin
Orang yang displin adalah orang yang menaati semua peraturan yang berlaku, baik peraturan tertulis yang formal, maupun sopan santun dan adat istiadat. Orang yang disiplin akan terlihat pada pemanfaatan waktu yang baik dan tidak dibuang-buang dengan percuma, selain itu jika mereka memiliki janji akan tepat waktu dan tidak mengingkari.
Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar